Wajib Ketahui 7 Website Jurnal Internasional Terbaik

  • April 8, 2022
  • 50 Views
website jurnal internasional terbaik

Jurnal internasional merupakan salah satu sumber referensi bagi peneliti atau akademisi, simak rekomendasi website jurnal internasional terbaik berikut ini

Di era yang serba digital ini membuat masyarakat semakin mudah untuk mengakses berbagai informasi salah satunya adalah jurnal internasional. Kebanyakan mahasiswa maupun peneliti menjadikan jurnal internasional sebagai bahan acuan untuk penelitian, namun tidak semua jurnal dapat dijadikan referensi sehingga banyak dari mereka yang merasa kesulitan untuk menemukan bahan referensi. Bagi anda yang membutuhkan jurnal sebagai referensi, simak rekomendasi website jurnal internasional berikut ini!

Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia pendidikan tentu tidak asing lagi dengan istilah jurnal internasional. Jurnal internasional merupakan sebuah publikasi yang berbentuk artikel, jumlah kata dalam karya ini lebih terbatas dibandingkan dengan penulisan ilmiah akademik seperti skripsi ataupun tesis. Sekarang ini banyak dari para dosen yang mewajibkan mahasiswanya untuk mencari referensi dari jurnal internasional, terutama dari jurnal internasional bereputasi.

Meskipun banyak sekali jurnal berbahasa inggris yang mencantumkan namanya dengan International Journal, namun anda harus tetap hati hati dengan jurnal internasional berpotensi predator. Lebih detail mengenai jurnal predator bisa anda baca disini.

Untuk memudahkan anda, dalam memilah dan memilih jurnal bereputasi, berikut ini kami uraikan rekomendasi website yang terpercaya dan telah banyak dijadikan rujukan. Anda hanya tinggal menyiapkan koneksi internet dan kata kunci pencarian, Download dan selesai. Jika artikel yang anda inginkan ternyata berbayar, anda bisa mencoba trik donwload jurnal internasional secara gratis.

Berikut ini beberapa rekomendasi website jurnal internasional  terbaik dan diakui oleh kementerian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi RI.

Daftar Isi

7 website jurnal internasional Terbaik dan Bereputasi

1.     Directory Of Open Access Journals (DOAJ)

website jurnal internasional terbaik

Situs jurnal internasional yang paling popular satu ini berisi jurnal dan artikel ilmiah yang mana situs ini dapat anda akses secara terbuka. Situs ini telah dirilis pada tahun 2003. Situs ini telah berhasil menyimpan lebih dari 7 juta artikel, 17,567 Jurnal dengan 80 bahasa dari 130 Negara. Anda dapat mengaksesnya melalui https://doaj.org/

2.     Google Scholar

Bagi anda yang sering mencari jurnal internasional tentu sudah tidak asing dengan situs ini. Google cendekia merupakan platform yang menyediakan berbagai macam materi-materi baik berupa artikel-artikel ilmiah, tesis maupun buku. Platform ini dinilai memiliki penampilan yang user friendly sehingga memudahkan siapa saja yang mengaksesnya.

Platform ini milik Google tak ubahnya Search engine pada umumnya. Namun hasil pencarian khusus artikel ilmiah dari berbagai sumber. Anda bisa mencari referensi melalui Google Scholar ini dengan cukup mengetikkan kata kunci. Memilih hasil pencarian yang sesuai dengan substansi topik yang sedang anda tulis.

Di google scholar ini anda bisa memfilter hasil pencarian berdasarkan Rentang tahun terbit, relevansi, urutan berdasarkan tanggal, jenis artikel. Dan yang penting lagi adalah gratis. Anda juga bisa mengintegrasikan dengan Tools pencari referensi semacam Publish Or Perish (PoP) dimana anda bisa mendapatkan data referensi puluhan hingga maksimal 1000 data artikel (tidak termasuk file artikelnya), dan bisa anda simpan dalam format RIS yang kemudian anda input ke Reference manager semacam Mendeley. Jika waktu sudah luang tinggal mendownload artikel yang anda sesuai dengan kebutuhan publikasi anda.

3.     Scopus

scopus, website jurnal internasional terbaik

Salah satu rekomendasi jurnal internasional di indonesia yang bisa anda akses adalah scopus. Layanan jurnal yang berada dibawah naungan Elsevier ini telah berdiri sejak 1880. Layanan ini merupakan indeksasi dan penyedia database jurnal terbesar saat ini dan menjadi rujukan standard jurnal bereputasi. Pada portal Scopus anda bisa melakukan pencarian artikel, atau sekedar croscek jurnal target publikasi anda. Apakah benar benar terindeks scopus atau hanya claim. Anda hanya perlu menuliskan ISSN nya atau nama jurnal dan publisernya, maka anda dapat mengetahui terindeks scopus atau tidak.

BACA JUGA  7 cara Membuat Konten Media Pembelajaran yang Menarik

4. Taylor & Francis

website jurnal internasional terbaik taylor & francis

Platform yang satu ini menyediakan berbagai jurnal, selain itu platform ini juga merupakan rumah bagi penelitian yang telah tervalidasi dan terpercaya dari berbagai para akademisi terbaik di dunia. Situs yang satu ini mempunyai tujuan untuk mengubah hidup menjadi lebih baik dengan cara mengkurasi berbagai penelitian-penelitian dari para peneliti terbaik di dunia.

Taylor & Francis Group ini sebenarnya adalah perusahaan multinasional Britania Raya yang bergerak dibidang penebitan buku dan jurnal akademik. Terdapat puluhan perusahaan cetak dibawah naungan Taylor & Francis Group ini. Koleksi mereka adalah ebook in science, Teknologi, engineering, pengobatan, humaniora dan ilmu sosial.

Perusahaan ini merupakan divisi Informa plc, perusahaan penerbit dan konferensi Britania Raya. Sudah tidak diragukan situs ini menyajikan berbagai buku dan jurnal internasional berkualitas. Di situs ini anda cukup searching sebagaimana di mesin telusur untuk mencari referensi dari jurnal internasional.

5.     Springer

springer, rekomendasi 7 website jurnal internasional bereputasi

Bagi anda peneliti yang memiliki fokus pada bidang keperawatan, psikologi, pekerjaan sosial, konseling, kesehatan masyarakat dan lain-lain anda dapat mencari jurnal yang anda butuhkan di situs yang satu ini karena selain menerbitkan jurnal akademik penerbitan ini juga menerbitkan banyak buku. Tidak kurang dari 300.000 judul buku telah diterbitkan dan 1900 Terbitan Jurnal ilmiah.

Springer juga memiliki beberapa pangkalan data ilmiah, diantaranya SpringerLink, Springer Protocols, dan SpringerImages. Springer memilki 27 koleksi kategori keilmuan buku elektronik.

  • Wiley Online Library

Salah satu rekomendasi website jurnal internasional terbaik adalah wiley online library. Situs ini telah menawarkan portofolio lebih dari 8 juta artikel dari 1.600 jurnal, portofolio ini berasal dari berbagai para professional ilmiah. Wiley memiliki cakupan pada bidang kesehatan, ilmu fisika, ilmu sosial dan humaniora dan sebagainya.

BACA JUGA  Globalisasi, Siapa Untung Siapa Buntung

7.     Sciencedirect

Sciencedirect merupakan sebuah situs web yang menyediakan akses berlangganan ke berbagai pangkalan data penelitian ilmiah dan medis. Situs ini telah memiliki lebih dari 12 juta artikel dari 3.500 jurnal akademik dan 34.000 buku elektronik.

Baca juga: Trik Download jurnal internasional Gratis

Itulah beberapa rekomendasi website yang menyediakan jurnal internasional hal ini tentu berguna bagi anda yang bekerja sebagai akademisi ataupun peneliti. Namun website yang menyediakan jurnal internasional tidak hanya yang ada diatas masih banyak lagi website yang menyediakan.

Leave a Reply

x