Tutorial menggunakan publish or Perish (PoP) Untuk mendapatkan data sitasi akademik

Publish or peris adalah program yang digunakan untuk mencari dan menganalisis kutipan akademik. Berikut ini tutorial menggunakan publish or perish dengan mudah.

Menulis artikel ilmiah membutuhkan banyak hal agar sesuai standard. Pemilihan topik, judul arikel, sumber referensi dan tidak kalah pentingnya adalah kebaruan topik tulisan. Saat ini terdapat puluhan tools atau perangkat lunak yang bisa membantu kita dalam mengelola sumber referensi. Misalnya mencari sumber pustaka, mengelola daftar pustaka, sitasi dan analisis data baik kualitatif maupun kuantitatif.

Salah satu aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk mempermudah proses menulis artikel ilmiah ataupun proposal penelitian adalah Publish or Perish. Lalu apa sih publish or perish itu? Untuk apa manfaat dan fungsinya? Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini sedikit penjelasannya

Apa itu Publish or perish?

tutorial menggunakan publish or perish

Publish or Perish (PoP) adalah aplikasi yang digunakan untuk mengambil sumber referensi, sitasi akademik dari berbagai sumber dan menganalisisnya. Analisis sitasi dalam publish or perish disajikan dalam bentuk metrik sitasi yang didalamnya terdapat Jumlah publikasi dari satu topik atau tema tulisan, jumlah total sitasi tiap artikel dan h-index. Sumber data diambil dari database google scholar, Crossref, scopus, PubMed dan webs of science.  Berikut ini screenshoot tampilannya:

Aplikasi publish or Perish ini tersedia dalam versi windows dan Mac. Diatas adalah tampilan versi windows.

Untuk apa sih publish or Perish itu?

Mungkin ini pertanyaan dari yang baru tahu apa itu publish or perish. Bagi anda yang sudah expert bisa skip point ini. Setelah mendapatkan gambaran data sitasi akademik sebagaimana diatas, lalu untuk apa data tersebut?

Publish or Perish berfungsi untuk mengumpulkan data publikasi, sitasi akademik yang nantinya akan kita gunakan untuk kepentingan penulisan artikel ilmiah atau proposal penelitian. Berikut ini beberapa hal yang bisa kita manfaatkan dari publish or perish untuk menunjang penulisan kita.

fungsi publish or perish

  • Menganalisis impact dan manfaat penelitian kita (present Our case for research impact to its best advantage). Dengan data sitasi, h-index jumlah publikasi artikel dari suatu topik penelitian, kita bisa menjadikannya dasar dalam menyusun impact, manfaat dari penelitian yang akan kita lakukan. Setidaknya, jika kita harus mempresentasikan kepada pembimbing atau penguji, kita telah memiliki dasar analisis tentang impact dari penelitian kita
  • Membantu menentukan Jurnal ilmiah untuk menerbitkan artikel kita. data yang ditampilkan dalam publish or perish mencakup sumber artikel (salah satunya adalah jurnal ilmiah), juga terdapat matrik h-index. Dari sekian sumber yang kita dapatkan dari hasil analisis publish or perish kita bisa memilih jurnal yang memiliki h-index, sitasi ataupun impact yang tinggi untuk menerbitkan artikel kita.
  • Menulis literatur review, menulis artikel ilmiah non penelitian lapangan membutuhkan sumber referensi yang cukup banyak. Dengan publish or perish kita dapat dengan mudah mendapatkannya. Dengan fitur filter tahun publikasi dan keyword topik publikasi, kita dapat mengenerate refernsi hingga maksimal 1000 artikel yang relevan dengan keyword yang kita masukkan. Dari sekian banyak artikel, kita tinggal memilih mana yang paling relevan, grade publishernya kemudian kita download full text nya.
  • Membantu menyediakan data analisis bibliomatric. Misalnya kita ingin menganalisis kebaruan sebuah topik penelitian. Maka kita bisa memanfaatkan publish or Perish untuk mengumpulkan data publikasi. Data dari publish or perish ini bisa di simpan dalam format Ris, bibtext, endNote dan banyak lagi. Untuk analisis bibliomatric kita bisa menggunakan aplikasi tambahan VOSviewer. Dimana data dari publish or Perish sebagai input dalam VOSviewer. Hasil analisis akan tampil dalam bentuk visual yang menunjukkan topik topik terkait kata kunci yang kita inginkan. Topik mana yang sudah banyak ditulis dan topik mana yang masih sedikit publikasinya. Dengan data ini kita bisa memilih topik yang relatif baru sebagai salah satu dasar menulis State of The Art (SoTa) dari penelitian kita. berikut contoh tampilan analisis bibliomatric (publish or perish + VOSviewer) :
tutorial menggunakan publish or perish

itulah beberapa manfaat publish or perish untuk memudahkan kita dalam menulis artikel ilmiah maupun proposal penelitian.

Lalu bagaimana caranya menggunakan aplikasi publish or Perish ini? Berikut ini Tutorial menggunakan Publish or Perish.

Tutorial menggunakan publish or Perish (PoP)

Setelah mengetahu apa itu publish or perish dan apa manfaat dan fungsinya. Sekarang kita akan sajikan tutorial menggunakan publish or perish untuk membantu mendapatkan data sitasi akademik.

Berikut langkah langkahnya

Download aplikasi publish or Perish

Langkah pertama jelas anda harus memiliki aplikasi ini di device anda anda. Aplikasi publish or perish tersedia dalam versi windows dan mac. Aplikasi ini bisa anda download langsung di website resminya disini. setelah anda download silahkan install aplikasinya

1.      Siapkan kata kunci pencarian sumber publikasi

tutorial menggunakan publish or perish – Langkah kedua silahkan anda inventarisir beberapa kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan kepenulisan anda. Untuk memudahkan anda bisa membaginya ke dalam sub bab artikel yang anda tulis. Berikut ini hanya contoh saja. Anda bisa berkreasi dalam menyusun cara yang sesuai dengan selera anda. Pastikan anda sudah memiliki topik penelitian atau penulisan artikel ilmiah.

Contoh persiapan keyword atau kata kunci.

  • Tentukan kata kunci utama, kata kunci ini diambil dari judul artikel atau penelitian yang akan anda tulis. Misalnya Village development – pembangunan desa. Bisa bahasa inggris ataupun bahasa indonesia. Sesuaikan dengan target data anda. Jika ingin data dari jurnal internasional maka harus pakai bahasa inggris.
  • Keyword list berikutnya untuk pencarian sumber latar belakang – misalnya Permasalah pembangunan desa, penggunaan dana desa sesuaikan dengan fokus research question anda. Pada point ini anda bisa menyiapkan beberapa kata kunci sekaligus
  • Keyword list untuk penelitian terdahulu. Sesuaikan dengan fokus penelitian atau Research question anda.
  • Keyword untuk penulisan teori atau konsep. Dalam menulis artikel ilmiah atau proposal penelitian tentunya tidak bisa lepas dari tools of analysis atau teori yang akan kita gunakan dalam menjelaskan data hasil penelitian. Teori wajib untuk mendukung Statement penulis atau peneliti terkait dengan analisis data. Untuk itu gunakan kata kunci yang mengarah pada teori yang akan anda gunakan dalam penulisan anda. Misalnya strategi pembangunan desa, paradigma baru pembangunan desa dan sebagainya. Publish or perish selain menyajikan data dari sumber jurnal, juga dari buku, prosiding dan karya ilmiah lainnya.
  • Keyword list untuk metode penelitian atau penulisan, atau pendekatan penelitian. Untuk mendapatkan inspirasi kebaruan metode anda bisa menyiapkan beberapa kata kunci. Misalnya anda menargetkan sumber sitasi yang menggunakan metode analisis dengan bantuan Nvivo, atau pendekatan penelitian yang relatif baru. Misalnya pendekatan etnografi, anda bisa menggunakan kata kunci etnografi digital. sesuaikan dengan target metode atau pendekatan yang akan anda gunakan.

Setelah menyiapkan kata kunci yang cukup representatif, saatnya anda membuka aplikasi publish or perish.

2. jalankan Aplikasi publish or perish

tutorial menggunakan publish or perish berikutnya adalah Jalankan aplikasi publish or perish yang telah anda download dan install tadi. Pastikan keyword atau kata kunci sudah anda siapkan sesuai dengan kebutuhan penulisan anda. Berikut langkah penggunaannya:

  • 1. Pilih Sumber data

Sumber data bisa anda pilih dari google scholar, crossref, scopus dll. Dalam contoh ini kita ambil dari google scholar.

tutorial menggunakan publish or perish -
cara menggunakan publish or peris, dunialiterasi.com
  • 2. Masukkan kata kunci

\

tutorial cara menggunakan publish or perish

Masukkan kata kunci pada kolom sebagaimana gambar diatas. Anda bisa memilih pencarian kata kunci pada judul artikel : jika ingin artikel yang anda dapatkan judulnya memuat kata kunci anda. Atau anda bisa memilih kolom Keyword jika anda ingin mendapatkan artikel yang lebih banyak. Kolom keyword akan menampilkan artikel yang mengandung kata kunci yang anda masukkan. Meskipun di judul artikelnya tidak terdapat keyword anda. Atau anda bisa memasukkan pada keduanya. Tergantung keinginan dan target data artikel yang anda inginkan

  • 2. Setting rentang tahun publikasi artikel yang anda inginkan. Biasanya adalah maksimal terbitan 10 tahun terakhir. Anda bisa setting rentang tahun 2012 – 2022. Data yang ditampilkan adalah publikasi antara tahun 2012 sampai 2022.
  • 3. Setting jumlah artikel yang anda inginkan. Publish or perish menyediakan hingga 1000 artikel
  • 4. Kemudian Klik Search dan tunggu Prosesnya.
cara menggunakan publish or perish
  • Cek hasil data publish or perish:

Berikut contoh hasilnya

tutorial publish or perish
  • Bagian atas 1 merupakan file yang nantinya bisa disimpan dalam format RIS, EndNote dll. File ini nanti bisa anda Import ke Mendeley, atau anda gunakan analisis lebih lanjut di VOSviewer.
  • 2. Cek jumlah sitasi tiap artikel

Anda bisa melihat jumlah sitasi tiap artikel yang ditampilkan. Anda tinggal memilih artikel yang ingin anda lihat jumlah sitasinya.

  • 3. Cek full artikel. jika anda ingin download full artikel perhatikan point 3 dalam gambar. Pilih artikel yang diinginkan pada kolom tengah yang tertera judul artikel. kemudian klik Open Full Text version pada bagian kanan bawah. Maka anda akan diarahkan ke sumber artikel. jika artikel dari jurnal internasional dan ternyata berbayar, anda bisa memakai trik download jurnal internasioal gratis dari artikel dalam web ini.

Simpan file

File yang disimpan dapat anda pilih dalam berbagai format. Jika ingin menyimpan dalam beberap format, anda bisa mengulangi penyimpanan dengan save as lagi. Gunanya nanti bisa anda buka kembali dengan aplikasi publish or peris tanpa mengulangi proses dari awal. Atau bisa diimport ke mendeley (references manager) dan juga bisa digunakan sebagai input data analisis bibliomatrik dengan aplikasi VOSviewer.

tutorial publish or perish

Pada opsi FILE anda akan mendapati menu save AS sebagaimana tamapilan diatas. Pilih SAVE AS RIS atau lainnya sesuaikan kebutuhan anda. Jangan lupa klik dulu list diatas yang ditandai kolom garis hitam dengan penunjuk panah warna merah.

tutorial publish or perish

Berikutnya kasih nama file penyimpanan. Misalnya keyword 1 dan pilih folder penyimpanan. Klik save. Dan filepun telah tersimpan.

Demikian tutorial menggunakan publish or perish. Mudah bukan, silahkan dicoba. Semoga bermanfaat dan membantu dalam penulisan artikel ilmiah anda. Jangan lupa share agar manfaatnya lebih luas. Terimakasih. Salam literasi.

Leave a Reply