Tutorial Cara Membuat Soal di Google Form dengan Mudah

Bingung bagaimana Cara membuat soal di google form? Kalau begitu langsung saja simak penjelasan berikut ini

Saat ini perkembangan digital khususnya internet turut membantu dan memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal. Kalau dulu untuk membuat soal ujian ini harus dicetak dan dikerjakan di kertas, maka sekarang mengerjakan soal ujian bisa dilakukan secara digital dengan Google Form. Namun masih banyak yang belum memahami bagaimana Cara membuat soal di google form.

Dengan adanya google form maka Anda tidak perlu lagi repot – repot untuk mencetak soal ulangan dengan kertas HVS. Selain lebih hemat biaya, mengerjakan soal di google form ini juga lebih simple karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa perlu hadir atau datang ke tempat ujian. Penggunaan soal google form ini juga menjadi populer sejak adanya PPKM karena virus covid 19.

Google form menjadi solusi ketika anda harus melakukan pembelajaran jarak jauh. jika ujian dilakukan secara online atau daring, maka anda bisa memanfaatkan google form untuk membuat soal. menggunakan google form jauh lebih murah daripada membangun sebuah sistem ujian online sendiri.

cara ini bisa anda gunakan seterusnya, meskipun masa pandemi COVID-19 sudah berakhir. karena dengan google form anda akan menghemat banyak waktu. jika soal anda adalah pilihan ganda, maka anda tidak perlu repot koreksi detail jawaban. karena semua jawaban akan ter-record otomatis anda tinggal input nilai saja. jika anda belum mengetahui caranya, anda bisa mengikuti panduan tutorial cara membuat soal di google form berikut ini

 Bagaimana Cara Membuat Soal di Google Form?

Langsung saja di bawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai bagaimana Cara membuat soal di google form dengan benar:

A.     Cara Membuat Soal di Google Form

1. Bagaimana Cara membuat soal di google form – yang pertama adalah pastikan dulu Anda sudah mempunyai akun gmail. silahkan login akun Gmail anda atau akun google anda. jika anda memiliki akun google khusus untuk pembelajaran, silahkan mengganti akun google anda terlebih dahulu. Setelah itu Buka browser dan masukan keyword “google form/formulir.”

Nah selanjutnya untuk membuka formulir adalah dengan menekan 9 titik yang terdapat di sisi kanan atas layar. Setelah itu cari ke bawah sampai Anda menemukan formulir form.

Cara membuat soal di google form

atau langsung akses url langsung google form dan akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.

2. Apabila formular sudah terbuka, tekan tanda (+) yang bertuliskan blank alias kosong.

Cara membuat soal di google form

3. Tuliskan nama soal di sisi kiri atas. Untuk mulai menuliskan cukup tekan menu yang bertuliskan klik “untitled form.” misalnya Soal Biologi Kelas VII

cara membuat soal di google form

4. Disini Anda dapat menuliskan pertanyaan tentang identitas siswa seperti nama, kelas, tanggal tahun dan lainnya.

cara membuat soal di google form

5. Kemudian silahkan tekan tanda plus (+) yang terletak pada sisi kanan atas untuk menambah soal.

6. Disini Anda bisa mulai menuliskan soal ujian dengan memasukan pertanyaan – pertanyaan di kolom yang ditandai dengan “question.”

cara membuat soal dengan google form

7. Anda bisa memilih mode soal yang mau digunakan seperti pilihan ganda, jawaban langsung, dan lain nya pada kolom setelah pertanyaan. Anda cukup tekan ikon panah yang mengarah ke bawah, setelah itu pilih mode pertanyaan yang Anda mau gunakan. gambar diatas adalah contoh mode pertanyaan “Multiple Choice”

BACA JUGA  Tips dan Cara Meningkatkan DA PA Website

8. Apabila sudah, tekan opsi setting dan ubah mode menjadi quiz agar Anda bisa memberikan nilai serta kunci jawabannya.

cara membuat soal di google form

B.      Cara Membuat Kunci Jawaban

Kelebihan penggunaan google form ini tidak cuma penggunaannya yang mudah serta praktis. Karena google form ini juga bisa disetting untuk membuat soal dan juga kunci jawaban dengan otomatis. Karena itu Anda tidak perlu repot-repot menyamakan hasil pekerjaan dengan satu-persatu.

Oleh sebab itulah, selain cara membuat soal di google form, cara – cara membuat kunci jawaban ini juga tidak kalah penting untuk Anda ketahui. Berikut adalah tutorial untuk cara membuat kunci jawaban pada google form:

1) Pertama, untuk menambahkan pertanyaan, Anda dapat menekan opsi “tambahkan pertanyaan”.

2) Kemudian, silahkan masukan pertanyaan serta jawaban.

3) Klik kunci jawaban yang ada di kiri bawah pertanyaan.

4) Pilih jawaban yang benar.

5) tentukan berapa poin nilai pertanyaan itu, pada sisi kanan atas pertanyaan.

6) terakhir, langsung saja Anda masukan jawaban.

Itulah tutorial bagaimana Cara membuat soal di google form dan juga kunci jawabannya. Selamat mencoba.  

Leave a Reply