Tutorial cara membuat Grafik dengan Ms. Excel

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Baik untuk pekerjaan, pendidikan maupun bisnis. Berikut ini tutorial cara mudah membuat grafik atau kurva dengan menggunakan MS. Excel

Ms. Excel merupakan salah satu tools yang sering kita gunakan dalam menyelsaikan tugas sehari hari. Baik untuk kepentingan bisnis, pekerjaan, maupun pendidikan. Saat ini era teknologi canggih telah tercipta berbagai alat bantu yang memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

Dari beberapa tools atau aplikasi yang peling sering digunakan adalah Ms. Excel. Ada banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan bantuan Ms. Excel, diantaranya adalah membuat grafik atau kurva. Dengan aplikasi ini membuat kurva atau grafik akan sangat mudah dan tentunya akan mempercepat penyelesaian pekerjaan anda.

Karena pentingnya aplikasi ini, beberapa dunia kerja menjadikan keterampilan mengoperasikan Ms. Excel sebagai syarat untuk melamar pekerjaan. Selain itu, kebutuhan keterampilan Ms. Excel ini juga menjadi peluang tersendiri bagi profesional untuk menyediakan jasa pelatihan atau kursus khusus Ms. Excel. beberapa waktu lalu telah admin terbitkan artikel tentang bagaimana cara menghitung rata rata di excel. semoga tutorial kali ini bermanfaat

Kebutuhan membuat grafik atau kurva bisa dilakukan dengan mudah dan akurat dengan Ms. Excel. Membuat grafik atau kurva berarti dengan Ms. Excel berarti merubah data menjadi grafik atau kurva yang secara visual merepresentasikan data yang dikonversi tersebut. Ada banyak pilihan model grafik yang bisa anda pilih dalam Ms. Excel, seperti grafik batang, grafik lingkaran, dll. Jika anda belum tahu bagaimana caranya, yuk simak tutorial berikut ini.

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

1. Langkah Pertama tentunya adalah membuka program Microsoft excel. Caranya sangat mudah cukup klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.

2. Sebagai contoh dan pembelajaran, Siapkan sebuah data sederhana saja, data ini nanti yang akan sajikan menjadi grafik. Bisa tentang apa saja, misalnya sold item berdasarkan bulan.  Contohnya adalah seperti di bawah ini.

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

3. Setelah anda membuat data sederhana seperti di atas, kemudian blok seluruh data dalam tabel tersebut. Seperti gambar berikut

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

4. Setelah data dalam tabel tersebut di blok, kemudian klik menu insert, kemudian pilih Chart.

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

5. Setelah kamu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendela Chart Wizard seperti gambar di bawah ini. Isinya pilihan model grafik yang bisa kamu pilih untuk diaplikasikan

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

6. Setelah muncul jendela seperti di atas, maka kamu tinggal pilih model grafik yang kamu inginkan. pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, anda bisa pilih grafik kolom, yang contohnya seperti gambar di atas, atau grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran sesuaikan dengan kebutuhan atau selera anda.

Dalam contoh pembuatan grafik ini kita pilih saja Chart Tipe Column dan Chart Sub-type yang bermodel dua dimensi.

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

7. Setelah anda klik next nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

Gambar jendela diatas adalah chart wizard pada tahap kedua, pada Series ini pada pilihan columns maka grafik akan tampak renggang, tapi jika dalam pilihan Rows maka grafik akan tampak menempel seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

Dalam contoh ini kita pake saja pada pilihan columns, kemudian klik Next

8. Setelah Anda klik next maka akan tampil jendela seperti di bawah ini

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

Kolom Chart Title adalah untuk mengisi Judul Grafik kamu, Category X axis adalah untuk mengisi keterangan pada garis horizontal (dalam hal ini adalah bulan), sedangkan kategori Value (Y) axis untuk mengisi keterangan pada garis vertical (dalam hal ini adalah isian angka nya)

Sebagai contoh kita isi saja judulnya adalah “GRAFIK PERKEMBANGAN PENGUNJUNG” sedangkan category X kita isi “BULAN” dan value Y adalah “JUMLAH”

Sehingga hasilnya seperti ini :

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

9. setelah diisi semuanya kemudian klik tombol next, maka nanti akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

Klik tombol finish, grafik anda sudah jadi


Cara Membuat grafik dengan Ms. Excel

Cukup mudah bukan? Silahkan anda praktikkan, semoga bermanfaat. salam literasi

Leave a Reply