Tutorial 2 Aplikasi Pendidikan Matematika dan Referensi

Di antaranya banyaknya aplikasi pendidikan, terdapat beberapa yang begitu diminati, antara lain: Academia.edu serta Microsoft Math Solver (aplikasi pendidikan matematika). Kedua aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang menarik dan mudah digunakan.

Ada banyak aplikasi pendidikan yang dapat membantu siswa untuk bisa lebih kreatif dalam belajar dan menyelesaikan berbagai penugasan yang dibebankan kepada mereka. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, berbagai aplikasi ini bisa diakses secara gratis melalui berbagai portal layanan distribusi digital seperti Google Play Store untuk Android, Apps Store untuk platform iOS, atau portal unduhan lainnya di internet.

Cara Menggunakan Aplikasi Microsoft Math Solver di Android dan Academia.edu di Android

Aplikasi pendidikan matematika (Microsoft Math Solver) di Android

aplikasi pendidikan matematika
  1. Yang pertama adalah mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store. Anda bisa mencarinya pada kolom pencarian dengan mengetik keyword Microsoft Math Solver’. Sentuh tombol ‘instal’, dan tunggu proses unduh serta pemasangan selesai.
  2. Setelah anda selesai mengunduh, bukalah aplikasi tersebut. Ini bisa dilakukan dengan menyentuh tombol ‘Buka’ pada pilihan laman Google Play Store ataupun melalui ikon aplikasi yang muncul pada menu/layar depan perangkat anda.
  3. Apabila aplikasi sudah terbuka, tampilan awal laman yang tersaji akan memberikan anda pilihan bahasa. Secara default, aplikasi akan menawarkan untuk memilih antara Bahasa Inggris ataupun Indonesia. Pilih sesuai preferensi yang anda inginkan lalu, sentuh tombol ‘Mulai’.
  4. Laman selanjutnya akan menunjukkan tutorial dari beberapa fitur yang bisa anda dapatkan melalui aplikasi ini. Sentuh ‘Lanjutkan’ hingga laman tutorial berakhir.
  5. Selanjutnya maka anda akan sampai pada tampilan home dari Microsoft Math Solver. Anda pertama kali akan diminta untuk langsung mengambil gambar dari problem matematika yang ingin anda dapatkan uraian jawabannya. Ini bisa dilakukan baik dengan memfoto soal-soalnya ataupun melalui tangkapan layar. Aplikasi akan menawarkan beberapa contoh gambar jika anda belum memiliki soal yang perlu diselesaikan saat itu juga. Namun jika memang sudah, anda bisa melakukan input dengan menyentuh tombol ‘Ambil gambar Anda sendiri’.
  6. Tak hanya itu, anda juga bisa melakukan input soal dan problematika matematis melalui cara yang lain, baik menuliskannya secara langsung pada layar selayaknya di atas secarik kertas melalui pilihan menu ‘Gambar’, ataupun mengetikkannya menggunakan keyboard perangkat anda pada opsi ‘Ketik’.
BACA JUGA  Politik, Perdebatan definif dan konsensus pemahaman

Academia.edu

  1. Pertama anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan cara mengunduhnya secara gratis di Google Play Store. Anda bisa mencarinya pada kolom pencarian dengan mengetik academia.edu. Pilih entri teratas dan sentuh tombol ‘Instal
  2. Setelah terpasang pada perangkat anda, bukalah aplikasi tersebut – bisa dengan menyentuh tombol ‘Buka’ pada Google Playstore, atau mencari ikon aplikasinya pada menu perangkat anda.
  3. Tampilan pertama yang muncul adalah pilihan untuk melakukan login. Jika anda sudah memiliki akun, anda bisa memilih untuk memasukkan email dari akun yang sudah terdaftar pada kolom ‘Enter email to continue’. Namun jika belum, anda bisa memilihh untuk melakukan login menggunakan berbagai akun pihak ketiga lain seperti Google maupun Facebook.
  4. Setelah berhasil masuk, anda akan berada pada tampilan ‘Home’. Di sini anda bisa menemukan berbagai dokumen yang bisa anda akses.
  5. Anda juga bisa memilih menu lainnya seperti ‘Library’, ‘Search’, ‘Analytics’, dan ‘Mentions’ yang tersedia pada bagian bawah interface aplikasi tersebut.

Itulah pembahasan mengenai aplikasi pendidikan yang bisa membantu pelajar serta mahasiswa dalam menggali ilmu. Tentu keberadaan keduanya ini dapat memberikan signifikansi yang sangat berarti demi perkembangan keilmuan dewasa ini. Harapannya siswa akan menjadi lebih semangat dalam belajar karena berbagai kesulitan sudah dapat berkurang dengan adanya bantuan teknologi yang sangat maju. Selamat mencoba!

Leave a Reply