Tips Strategi Pemasaran TikTok Untuk Menaikan Penjualan Produk/Jasa Anda

Muncul sebagai sosial media yang berfungsi untuk menyebarkan video, kini TikTok berkembang pesat dengan menjadi platform yang juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dengan menggunakan strategi pemasaran TikTok.

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mulai memasarkan produk di TikTok? Apa saja fitur yang harus dipahami dan bagaimana penggunaannya? Berikut adalah cara meningkatkan penjualan menggunakan aplikasi TikTok.

Kenali Dulu Sistem Kerja Platform TikTok

Sebelum benar-benar melakukan strategi marketing TikTok, pastikan dulu Anda memahami sistem kerjanya. Seperti durasi video hingga faktor-faktor yang dapat membuat konten yang Anda hasilkan menjadi viral atau FYP.

Lebih lanjut, Anda bisa menganalisis konten seperti apa yang views-nya tinggi hingga menganalisis jam yang efektif untuk meng-upload konten. Anda bisa memanfaatkan fitur insight setelah mengubat setting akun menjadi pro.

baca juga: Strategi digital marketing

Strategi Pemasaran TikTok

Memanfaatkan Fitur Hashtag

Strategi pemasaran TikTok selanjutnya adalah penggunaan hashtag. Seperti halnya Instagram dan Twitter, penggunaan hashtag bisa mendorong lebih banyak penonton ke konten yang Anda unggah.

Satu hal yang harus diingat dalam penggunaan hashtag adalah hindari untuk menggunakan hashtag yang sedang trending. Meski terlihat bagus, namun konten Anda akan cepat terkubur dan tidak bisa mendapat views yang cukup.

Manfaatkan TikTok Ads

Bagi Anda yang sedang belajar TikTok marketing, Anda tidak boleh melewatkan fitur yang satu ini. Pasalnya, fitur satu ini memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens. Ada empat produk yang ditawarkan TikTok, yaitu :

  • Brand Take Over : Merupakan fitur yang memungkinkan gambar atau video produk Anda muncul di layar pertama saat membuka aplikasi TikTok.
  • Promotes Hashtag Challenge : Ini fitur yang paling mudah digunakan karena Anda hanya perlu mengajak user untuk menggunakan hashtag atau filter yang telah diberi informasi tentang produk Anda.
  • Infeeds Ads : Di antara ketiga produk, opsi satu ini yang paling menguntungkan karena iklan produk Anda akan muncul di feed user saat sedang meng-scroll feed mereka.
  • Tops View Ads : Yaitu iklan yang muncul pada puncak feed serta dapat dilihat oleh user atau pengguna. Jenis iklan ini tentu saja sangat menuntungkan guna meningkatkan brand awareness.
BACA JUGA  Tidak Banyak yang Tahu, Ini 6 Fitur rahasia Twitter

Tips Dalam Menggunakan Fitur TikTok Ads

tips Strategi Pemasaran TikTok

Meski sebenarnya Anda bisa saja menggunakan TikTok seperti biasa. Namun, jika ingin strategi pemasaran TikTok hasilnya maksimal dan memuaskan, Anda diharuskan mengikuti tahapan-tahapan berikut ini.

Sesuaikan Video Dengan Format Platform

Hal ini bertujuan agar konten produk yang Anda buat formatnya sesuai dengan settingan TikTok. Karena platform ini memiliki settingan resolusi 9:16, maka membuat video dengan format vertikal hasilnya tentu akan lebih maksimal.

Pancing Audiens Dengan Sesuatu yang Bersifat Persuasif

Strategi TikTok Ads selanjutnya adalah memberikan awalan yang bersifat persuasif di awal video. Ini bertujuan agar konten Anda tidak begitu saja dilewati oleh pengguna TikTok saat muncul di feed mereka.

Buat Video Berdurasi Singkat

Pada dasarnya, pengguna TikTok telah terbiasa dengan video berdurasi singkat. Membuat konten promo dengan durasi panjang hanya akan menguras kesabaran mereka dan kemungkinan konten itu di skip akan lebih besar.

Memanfaatkan Fitur UGC

User Generated Content ini dapat sangat membantu Anda dalam mempresentasikan produk yang akan Anda promosikan. Berpikir out of the box akan sangat membantu dalam mengembangkan strategi pemasaran TikTok.

Perhatikan perilaku target audiens Anda, lihat konten seperti apa yang mereka suka, apa minat mereka hingga apa kebutuhan mereka. Cara ini dilakukan agar Anda bisa membuat konten iklan yang nantinya bisa dinikmati target audiens Anda.

Contoh Cara Mengaplikasikan TikTok Ads

Jika Anda akan memasarkan produk skincare untuk remaja, hal yang paling mudah dilakukan adalah strategi pemasaran TikTok marketing menggunakan infeeds ads. Setelah itu Anda hanya perlu membuat konten dengan resolusi 9:16.

Anda bisa membuat hook tentang bahaya kulit wajah yang tidak terawat, dilanjutkan dengan skenario seolah ada seorang gadis remaja yang mengeluhkan kondisi wajahnya di depan handphone yang seolah itu adalah kaca.

BACA JUGA  7 Macam Media Sosial Bisnis dan Trik Penggunaannya

Momen Promosi

Anda bisa menjadikan produk yang Anda pasarkan sebagai solusi di akhir video, sebagai solusi keluhan si gadis remaja. Agar user tidak bosan dan melihat konten Anda sampai habis, pastikan durasi video tidak lebih dari 30 detik.

Setelah konten selesai, selanjutnya Anda hanya perlu mendaftarkan konten yang Anda upload untuk dijadikan TikTok ads. Untuk mengaktifkan strategi pemasaran TikTok ini Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.

baca juga: Influencer marketing

Penutup

Strategi marketing TikTok menjadi salah satu pilihan terbaik untuk meningkatkan penjualan di era digital seperti ini. Namun, untuk bisa sukses dalam strategi ini, Anda perlu belajar dan konsisten menghasilkan konten yang berkualitas.

Leave a Reply