Tips Mengerjakan Skripsi Agar cepat selesai

Tips Mengerjakan Skripsi – Skripsi atau tugas akhir adalah satu karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh mahsiswa tingkat akhir sebagai persyaratan untuk Lulus dan atau mendapatkan gelar Sarjana (Strata 1).

Tips Mengerjakan Skripsi – Skripsi, pada umumnya bisa diprogram oleh mahasiswa mulai semester 7. Tergantung pada kurikulum program studinya juga, namun umumnya ketika semester 7 mahasiswa dari sisi jumlah SKS sudah memenuhi (jika disyaratkan) syarat untuk mengambil Mata kuliah Skripsi.

Saat ini, skripsi bukan lagi satu satunya output tugas Akhir mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Seiring dengan dinamika pendidikan Nasional, misalnya adanya kebijakan Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM), kurikulum KKNI sekarang kurikulum OBE dan sebagainya. Sebagian Universitas memiliki kebijakan, meningkatkan output tugas akhir tidak hanya berupa Skripsi.

Beberapa bentuk lain, misalnya Publikasi pada Jurnal terakhreditasi Sinta 6 – 1. Membuat desain TTG atau teknologi tepat guna yang dimanfaatkan oleh masyarakat, atau industri. Menjuarai kejuaran nasional yang diselenggarakan Oleh Kementrian, atau internasional. Menulis buku BerISBN dan diterbitkan Oleh penerbit anggota IKAPI dan bentuk lain sesuai konsentrasi atau program studi masing masing.

Namun hingga sekarang, Skripsi masih menjadi Primadona Pilihan untuk memenuhi syarat kelulusan dan mendapatkan Gelar sarjana.

Masa mengerjakan skripsi merupakan masa masa yang sakral bagi mahasiswa. Berbagai kendala pasti akan di hadapi, mulai kendala akademik, keluarga, pacar, atau bahkan masalah dengan dosen pembimbingnya. mungkin beberapa Tips Mengerjakan Skripsi berikut ini bisa menjadi pertimbangan kamu dalam mengerjakan skripsi.

Terlepas dari kendala diatas, terkadang mahasiswa juga bermalas malasan dalam mengerjakan skripsi. Kenapa demikian? Jawabnya relatif, sebagian bermasalah dengan topik yang dia pilih sendiri, pada akhirnya kesulitan menyelesaikan skripsinya. Sebagian memang malas, menunda nunda pengerjaan hingga datang deadline. Apapun alasannya ketika kalian sudah memprogram skripsi, mau tidak mau harus segera dikerjakan, jika tidak ingin terancam DO di semester 14.

Selain harus memahami dan memiliki skill terkait cara menulis proposal skripsi, kamu juga butuh beberapa tips non teknis yang menunjang dan mempercepat penyelesaian skripsi kamu. Berikut tips mengerjakan skripsi yang harus kamu coba

Berikut ini tips mengerjakan skripsi agar cepat selesai

tips mengerjakan skripsi

Tips Mengerjakan Skripsi berikut ini tidak berupa rumus teknis bagaimana cara dan sistematika penulisan skripsi. Karena hal itu berbeda aturan dan sistematikanya untuk setiap kampus. Namun dalam artikel ini, tips tipsnya bersifat motivasional dan bagaimana memanfaatkan potensi dalam diri untuk mempercepat penulisan Skripsi. Berikut itu point point pentingnya

Manfaatkan Passion atau hobi untuk topik skripsi

Tips Mengerjakan Skripsi yang pertama adalah memanfaatkan passion atau hobi kamu sebagai pertimbangan topik tulisan kamu. berikut ini uraiannya

  1. Asumsinya ketika sudah sampai pada tahapan Skripsi atau tugas akhir, mahasiswa sudah menempuh banyak mata kuliah. Artinya secara logis stock of knowledge untuk modal mengerjakan skripsi harusnya sudah cukup. Namun bagaimana jika masih terbatas? Jangan kwatir, saat ini perkembangan teknologi sangat membantu kita untuk mendapatkan informasi, data dan hasil kajian maupun teori untuk menunjang skripsi. Nanti kita bahas dalam artikel tersendiri.
  2. Pilihlah judul atau topik tugas akhir yang sesuai dengan Passion kamu… pilih yang kamu minati, atau bisa juga dari hobi kamu. Dengan demikian, kamu menulis dengan sepenuh hati. Misalnya kamu adalah mahasiswa Sosiologi, dan kebetulan, sambil kuliah kamu juga berbisnis Online. Maka bisa menulis dengan topik seputar bisnis online / digital intrepreneur dalam perspektif sosiologi. Keuntungan nya: pertama kamu sudah memahami banyak istilah dalam topik yang kamu tulis, tidak perlu mencari dari Awal. Kamu hanya perlu memastikan dan mencari sumber atau rujukan formalnya saja. Kedua kamu akan lebih semangat dan sepenuh hati untuk menulis. Karena memang seesuai dengan aktifitas yang kamu lakukan diluar jam kuliah. Ini penting lho, tak jarang mahasiswa yang merasa topik tugas akhirnya tidak sesuai ketika sudah di “tengah jalan” . nah untuk menghindari hal yang demikian, mulai sekarang kamu identifikasi apa saja minta kamu yang mungkin untuk dijadikan topik penelitian tugas akhir kamu. itulah Tips Mengerjakan Skripsi yang pertama.

Bangun komunitas sesama pejuang skripsi

Tips Mengerjakan Skripsi yang kedua adalah membangun komunitas sesama pejuang skripsi. tujuannya adalah untuk menumbuhkan semangat, dan kesadaran akan tanggung jawab skripsi. aktif berdiskusi dan sharing informasi agar pikiran kamu tetap tertaut dengan tugas skripsi kamu.

  1. Sharing dengan teman sesama pejuang Skripsi. Tak jarang hambatan dalam pengerjaan skripsi adalah lingkungan pertemanan. Kamu akan terbawa suasana obrolan yang analitic dan ini akan memicu nalar kritis kamu. Suasa diskusi dan sharing informasi juga dapat menumbuhkan semangat baru, ide baru, pengetahuan baru. Tentu saja hal ini sangat menunjang penulisan skripsi kamu. Berbeda dengan suasana interaksi yang cenderung nir nilai akademik, suasana ini akan membawa kamu pada jurang kemalasan untuk menulis.

Management waktu

Tips Mengerjakan Skripsi ketiga adalah manajemen waktu. berikut uraiannya

  1. Bagi waktu kamu dengan proporsional. Dalam sehari ada 24 jam, buatlah management waktu selama kamu mengerjakan skripsi. Ploting beberapa jam dari 24 jam tersebut khusus untuk aktifitas terkait dengan pengerjaan skripsi kamu. Dan kamu harus konsisten dalam menggunakan alokasi waktu tersebut. Kamu bisa membagi beberapa aktifitas, dan mengalokasikan waktu beberapa jam untuk tiap aktifitas tersebut, termasuk pengerjaan skripsi kamu.
  2. Gunakan waktu kosong atau santai sebaik mungkin.  Waktu kosong atau santai mungkin adalah momen istirahat, merefresh pikiran dari kesibukan pekerjaan. Meskipun demikian, Sempatkan untuk berfikir sejenak terkait topik skripsi kamu, Kapanpun dan dimanapun. Tidak hanya ketika didepan laptop, bisa saja ketika di café, ketika merokok atau apapun. Intinya, meskipun sepintas, kamu harus memikirkan skripsi kamu.

Bangun hubungan baik dengan dosen pembimbing

Tips Mengerjakan Skripsi kali ini lebih membutuhkan softskill, terutama dalam komunikasi personal dan hubungan individual. Dekati dan akrablah dengan dosen pembimbing kamu. Ajaklah diskusi ringan, sebagian dosen laki laki juga suka ngopi dan ngobrol santai. Coba pahami bagaimana karakter dosen pembimbing kamu. Terkadang pendekatan personal pengaruhnya lebih powerfull . tentu saja dengan tetap memakai etika dan tatakrama. Hindari berdiskusi diluar jam kerja, atau hari libur. Kecuali kamu diajak ngopi diluar jam kerja atau di hari libur, gas poll ajah. Hehe. Dosen juga manusia biasa yang memiliki perasaan dan emosi. Dengan pendekatan yang baik, secara emosi dosen kamu akan mempermudah menuju jalan ACC…

Komunikasi dengan admin Prodi

  1. Rajin komunikasi dengan Admin prodi kamu. Nah ketika kamu sudah hampir selesai rajinlah berkomunikasi dengan admin prodi. Tanyakan kapan waktu pendaftaran sidang skripsi. Jangan sampai kamu telat daftar dan harus sidang di semester berikutnya. Banyak sekali kasus, seperti itu, skripsi sudah ACC, berkas administrasi sudah lengkap, tapi telat daftar, atau telat isi link pendaftaran online. Sayang kan, sudah daftar ke admin, tapi tidak tahu kalau juga diharuskan daftar secara online. Akhirnya harus menunggu semester depan.
  2. Persiapkan berkas administratif sejak awal. Skripsi sudah ACC dosen pembimbing, mau daftar ternyata tidak bisa, karena belum punya sertifikat toefl (bagi yang disyaratkan). Jangan sampai terjadi. Persyaratan daftar sidang skripsi cukup komplek. Beberapa kampus atau program studi mensyaratkan Sertifikat toefl dengan score minimal sekian. Nah jika prodi kamu mensyaratkan toefl maka kamu harus mempersiapkannya sejak awal. Misalnya toefl berlaku selama 1 tahun, maka kamu harus mempersiapkan sejak 1 tahun sebelum sidang. Mulailah ikut test toefl.

Berdoa

Tips Mengerjakan Skripsi kali ini kita tutup dengan Doa ya… perbanyak berdoa dan berbuat baik, agar urusan kamu dilancarkan. Dalam kehidupan ini terkadang kita butuh keajaiban untuk menyelesaikan masalah. Selain berusaha dengan kerja keras mengerjakan skripsi, jangan lupa dengan doa dan restu orang tua ya. Beberapa doa dan amalan bisa kamu terapkan. Misalnya dari kitab Khozinatul Asror, dijelaskan fadhilah membaca Alan Nasyroh…. Agar dipermudah segala urusan. Membaca doa agar diberikan kemudahan dalam mempelajari ilmu juga bisa kamu istiqomahkan. Atau silahkan minta ijazah doa khusus kepada guru spiritual kamu. Dan jangan lupa sekali lagi minta restu kepada orang tua.

Nah itulah beberap Tips Mengerjakan Skripsi bagi kamu yang sedang mengerjakan skripsi. Nanti akan kita bahas bagaimana tips mengerjakan skirpsi terkait dengan teknis penulisan termasuk mencari referensi, kebaruan tema dan penggunaan bantuan tools aplikasi untuk mencari sumber pustaka.

Leave a Reply