Tips Kesehatan Mental dan Kesejahteraan

  • May 23, 2022
  • 40 Views
tips kesehatan mental

Tips Kesehatan Mental – Kesehatan mental Anda adalah bagian penting dari kesejahteraan . Aspek ini menentukan bagaimana Anda dapat menjalani kehidupan anda secara psikologis, emosional, dan sosial.

Mempertimbangkan seberapa besar peran kesehatan mental dalam setiap aspek kehidupan Anda, penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental menggunakan langkah-langkah yang tepat.

Karena keadaan yang berbeda dapat memengaruhi kesehatan mental Anda, oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami faktor resiko dan indikator yang mengindikasikan adanya tekanan mental. Akan tetapi hal terpenting adalah memahami manfaat memiliki kesehatan mental dalam mewujudkan kesejahteraan.

Faktor Risiko Kesehatan Mental yang Buruk

Kesehatan mental digambarkan sebagai keadaan sejahtera ketika seseorang mampu mengatasi tekanan hidup yang normal. Keadaan ini memungkinkan anda untuk menghasilkan perkejaan yang produktif, dan berkontribusi yang berarti bagi lingkungan anda, baik keluarga, tetangga, maupun masyarakat secara luas.

Namun demikian, dalam kondisi tertentu seseorang dapat mengalami penurunan kemampuan dalam menghadapi tekanan kehidupan. Faktor faktor inilah yang kemudian mengganggu aktifitas dan produktifitas anda dalam kehidupan sehari hari. Logikanya, ketika produktifitas anda terganggu otomatis penghasilan anda juga terganggu, kesejahteraan anda akan menurun. Oleh karena itu, penting memahami faktor faktor tertentu yang mungkin dapat mempengaruhi kemampuan anda dalam mengelola tekanan kehidupan yang dapat berdampak buruk pada masa yang akan datang.

Tips Kesehatan Mental
yogya.ayoindonesia.com/

Berikut ini Faktor-faktor dapat memengaruhi kesehatan mental dan dapat meningkatkan risiko gangguan psikologis.

Pelecehan Masa Kecil

Ketika seorang anak menjadi sasaran serangan fisik, kekerasan seksual, pelecehan emosional, atau Penelantaran, hal ini dapat menyebabkan tekanan mental dan emosional yang signifikan.

Kesalahan penanganan dapat meningkatkan risiko mengembangkan gangguan mental seperti depresi, kecemasan, gangguan stres pasca-trauma, atau gangguan kepribadian.

Anak-anak yang telah dilecehkan pada akhirnya dapat berurusan dengan alkohol dan masalah penyalahgunaan Narkoba. Dalam kondisi depresi dan tekanan yang akut, dapat menyebabkan gangguan ksehatan fisik juga. Oleh karena itu, penting sekali edukasi bagi anak anak, remaja untuk menghindari tindakan bulliying karena dampaknya sangat berbahaya, baik fisik maupun psikis

Lingkungan

Lingkungan dapat diartikan tempat dimana seseorang tinggal, menjalani kehidupannya (lingkungan sosial). Lingkungan juga dapat diartikan situasi alam disekitar individu dalam menjalani kehidupannya.

Dalam konteks lingkungan sosial, seseorang memiliki lingkungan keluarga, sekolah, teman sepermainan, tetangga dan lainnya yang merupakan tempat berinteraksi individu. Lingkungan merupakan tempat belajar individu dalam pembentukan kepribadian, sikap dan perbuatannya.

Idealnya, lingkungan yang kondusif akan membentuk individu yang baik baik secara fisik maupun psikis.

Selain sosial, lingkungan alam juga berpengaruh pada individu, Misalnya, kondisi cuaca, kebersihan, polusi dapat berpengaruh pada kesehatan fisik.

Dapat disimpulkan bahwa lingkungan, baik sosial maupun alam, memiliki pengaruh pada kesehatan mental seseorang.

Gaya hidup

Gaya hidup Anda juga dapat memengaruhi kesehatan mental Anda. Merokok, pola makan yang buruk, konsumsi alkohol, penggunaan narkoba, dan perilaku seksual berisiko dapat menyebabkan kerusakan psikologis. Perilaku ini telah dikaitkan dengan depresi

Tanda-tanda Masalah Kesehatan Mental

Penting bagi kita untuk memahami gejala dan tanda tanda adanya gangguan kesehatan mental. Hal ini karena mungkin saja ketika kesehatan mental terganggu, itu tidak selalu terlihat oleh individu atau orang-orang di sekitar.

Namun, ada tanda-tanda peringatan tertentu yang harus diwaspadai, yang mungkin menandakan perubahan negatif bagi kesejahteraan. Diantaranya:

  • Perubahan kebiasaan makan, apakah makan berlebihan atau kurang. Setiap orang memiliki faktor yang berpengaruh pada pola makannya. Misalnya depresi atau beban pikiran berlebih menyebabkan selera atau nafsu makan menurun. Ketika ini dibiarkan berlarut larut, akan menyebabkan pada permasalahan kesehatan.
  • Penurunan semangat dan enerjik yang nyata. Individu dengan beban pikiran dan gangguan kesehatan dapat mengalami penurunan semangat kerja, bahkan penurunan energi fisik yang akan berdampak pada penurunan kesehatan
  • Menjadi lebih tertutup dan menghindar dari orang lain. Hal ini mungkin saja terjadi ketika seseorang mulai mengalami tekanan dan gangguan kesehatan mental,
  • Merasa putus asa, perasaan tidak memiliki teman, tidak tempat berbagi menyebabkan seseorang dapat merasa putus asa. Merasa tidak orang lain yang dapat membantunya dalam menghadapi permasalahan
  • Terlibat dalam alkohol, tembakau, atau zat lain lebih dari biasanya. Tidak dipungkiri lagi, hal ini menjadi salah satu “pelarian” ketika seseorang mengalami tekanan, stress atau depresi
  • Mengalami kebingungan yang tidak dapat dijelaskan, kemarahan, rasa bersalah, atau kekhawatiran
  • Perubahan suasana hati (mood) yang tidak jelas. Hal ini juga merupakan indikasi awal seseorang yang mengalami tekanan terutama ketika tidak memiliki penyaluran untuk berbagi
  • Memilih berkonflik dengan keluarga dan teman
  • Mendengar suara tanpa sumber yang dapat diidentifikasi, berhalusinasi atau mendengar bisikan. Hal ini terkadang dianggap sesuatu yang mistis.
  • Kesulitan menyelesaikan pekerjaan. Tidak seperti biasanya, seseorang yang memiliki permasalah kesehatan mental akan mengalami kesulitan menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini disebabkan pecahnya konsentrasi dan beban pikiran yang menghambat produktifitas dan aktifitasnya

Menurut James D (1978) gangguan kejiwaan atau mental dapat dipetakan:  Pertama, adalah kelainan mental yang dicirikan oleh gangguan fungsional. Misalnya Warisan keturunan (genetik) yang tidak menyenangkan (unfavovorable heredity) yang kemudian disertai dengan faktor faktor lingkungan dan pengalaman hidup yang tidak menyenangkan.

Gangguan kesehatan mental yang termasuk dalam kategori ini adalah: schizopharenia, paranoia, manic-depressive dan involution melancolia.

Kedua, gangguan kesehatan mental yang dikelompokkan dengan pertanda atau bukti organik (toxis-organic psychoses). Gangguan kesehatan mental yang termasuk dalam kelompok ini adalah senile dementia, psychoses with cerebral arteriosclerosis, general presis, alcoholic psychoses

Manfaat Kesehatan Mental

Setiap orang, baik tua muapun muda, kesehatan mental sangat penting dalam kaitannya dengan produktifitas untuk mewujudkan kesejahteraan.

Ketika kesehatan psikologis (mental) terpengaruh, hal itu dapat menyebabkan perilaku negatif yang mungkin tidak hanya memengaruhi kesehatan pribadi tetapi juga dapat membahayakan hubungan dengan orang lain. Ketika hubungan dengan orang lain terganggu, maka bisa saja berpengaruh pada urusan penghasilan dan pendapatan. Hal ini dapat berpengaruh pada kesejahteraan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan mental yang baik.

Kemampuan yang Lebih Kuat untuk Mengatasi tekanan Kehidupan

Ketika seseorang memiliki kesehatan mental yang stabil, maka tekanan kehidupan dapat lebih mudah untuk diatasi. pada dasarnya persoalan kehidupan tidak mungkin untuk ditiadakan, ataupun dihindari. Setiap orang dapat dipastikan akan memiliki permasalahan dan tekanan dalam kehidupannya.

Hal mendasar yang sangat penting adalah bagaimana mengelola dan menghadapi persoalan tersebut. Individu atau seseorang dengan kesehatan mental yang bagus akan lebih mudah dalam menghadapi persoalan atau tekanan dalam kehidupannya.

Berfikir dengan jernih, mampu menganalisis persoalan, berfikir solutif dan ketenangan dalam menghadapi realita adalah bagian dari kunci dalam menghadapi tekanan kehidupan. Hal itu bisa dilakukan dengan baik, jika kesehatan mental berada pada kondisi yang baik pula. namun demikiran, terlalu banyak pikiran juga berbahaya untuk kesehatan mental.

Citra Diri yang Positif

Kesehatan mental sangat berkorelasi dengan perasaan pribadi tentang diri sendiri. Kesehatan mental secara keseluruhan berperan dalam harga diri. Kepercayaan diri seringkali bisa menjadi indikator yang baik dari kondisi mental yang sehat.

Seseorang yang kesehatan mentalnya berkembang dengan baik, lebih mungkin untuk fokus pada kebaikan dalam dirinya sendiri. Mereka akan mengasah kemampuan yang dapat meningkatkan kepercayaan dirii, dan umumnya akan memiliki keinginan yang kuat untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dalam hidupnya.

Hubungan atau relasi yang baik

Jika kesehatan mental Anda dalam kondisi baik, Anda mungkin lebih mampu memberikan waktu, kasih sayang, dan dukungan yang berkualitas kepada teman dan keluarga Anda. Saat Anda tidak dalam tekanan emosional, akan lebih mudah untuk hadir dan mendukung orang yang Anda sayangi. Ketika anda mampu menebar kebaikan, dan membantu banyak orang, hal ini dapat membangun relasi yang baik dengan lingkungan sekitar anda.

Relasi atau hubungan yang baik, dapat anda manfaatkan untuk urusan apapun, termasuk dalam bisnis dan ekonomi yang dapat meningkatkan penghasilan anda dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan anda.

Produktivitas yang Lebih Baik

Berurusan dengan depresi atau gangguan kesehatan mental lainnya dapat memengaruhi tingkat produktivitas Anda. Jika Anda merasa kuat secara mental, kemungkinan besar Anda akan dapat bekerja lebih efisien dan memberikan kualitas kerja yang lebih tinggi. Beberapa hasil penelitian dan kajian menunjukkan bahwa kesehatan mental dan fisik berkorelasi positif dengan produktifitas seseorang.

Kualitas Hidup yang Lebih  baik

Kualitas hidup yang baik (Quality of life) seringkali dikaitkan dengan kondisi kesejahteraan seseorang dalam kehidupan sehari hari . Tentu saja, untuk mewujudkan itu semua seseorang harus memiliki kesehatan mental yang baik.

Ketika kesejahteraan mental berkembang dengan baik, maka anda akan mudah mendapatkan indikator hidup yang berkualitas. Secara sederhana, kualitas hidup seseorang ditentukan oleh capaian atau seberapa besar yang ia capai dalam kehidupannya.  

Tips Kesehatan Mental dan Kesejahteraan

Tips Kesehatan Mental
sinarjateng.pikiran-rakyat.com

Cara Menjaga Kesehatan mental

Dari uraian diatas, dapat kita simpulkan bahwa kesehatan mental sangat penting dalam kehidupan. Bahkan kesehatan mentap dapat dikatakan sebagai faktor determinan dalam mewujudkan kesejahteraan. Oleh karena itu, sangat penting juga untuk menjaga kesehatan mental.

Untuk cara menjaga kesehatan mental, dapat anda baca dalam artikel di blog ini pada point 6 tips menjaga kesehatan mental.

Sebagai tambahan dalam artikel ini. Berikut ini kami tambahkan beberapa tips cara menjaga kesehatan mental dari perspektif yang lain.

  1. Berfikir positif (positive thinking) atau husnudhon menurut agama islam. Sebaliknya, berfikir negatif atau prasangka buruk akan mengganggu kesehatan mental. Ketika seseorang selalu berfikir buruk maka dia akan mudah mengalami depresi, putus asa karena merasa tidak ada yang akan membantunya dalam menghadapi tekanan kehidupan. Dalam berbagai literatur, berfikir positif merupakan energi yang kuat dalam menarik keberhasilan dan kesuksesan dalam hidup ini. Seseorang dengan pikiran positifnya menandakan mentalnya berkembang dengan baik.
  2. Sabar menghadapi kegagalan. tidak semua keinginan dapat tercapai, atau setidaknya tidak dapat dicapai dengan mudah. Ketika anda gagal dalam mencapai sesuatu, maka persiapkan hati dan pikiran kita, bahwa kegagalan dalam satu tujuan bukan akhir dari segalanya. Hadapi dengan sabar dengan terus berusaha. Ingat kegagalan adalah awal dari keberhasilan.
  3. “Melihat kebawah”: ketika anda sedang sedih karena mengalami kegagalan atau tekanan hidup, lihatlah berapa banyak orang yang mengalami sesuatu yang lebih menyedihkan daripada anda. Ketika anda kesulitan, lihatlah betapa banyaknya orang yang mengalami kesulitan dan penderitaan yang lebih besar dari anda. Sikap demikian akan membantu anda untuk lebih ringan dan rileks dalam menghadapi tekanan kegagalan dalam kehidupan.
  4. Mensyukuri keadaan : capaian anda saat ini adalah buah dari usaha anda. Pahami, bahwa usaha tidak membohongi hasil. Mensyukuri keadaan bukan berarti pasrah pada keadaan tanpa ada usaha. Sikap ini harus disertai dengan prinsip “hari ini harus lebih baik dari hari kemaren, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini”.
  5. Menyadari bahwa segala sesuatu butuh proses bukan instant. Semakin lama ditempa sebuah pedang akan semakin berkualitas baik. Demikian juga dengan usaha dalam mencapai tujuan hidup. Internalisasikan prinsip ini dalam diri anda maka akan terhindar dari putus asa. Putus asa adalah salah satu gejala atau indikator masalah kesehatan mental. Dan putus asa adalah penyebab kegagalan yang berkelanjutan dan sangat dilarang dalam agama juga.
  6. Hindari iri dan dengki. Cobalah ikut berbahagia ketika ada saudara, tetangga, teman atau bahkan orang lain yang mendapatkan kesuksesan. Perasaan tidak suka ketika melihat seseorang sukses, atau perasaan senang ketika mendengar seseorang mengalami kegagalan adalah indikator iri dan dengki. Hal ini akan berbahaya bagi kesehatan mental, semakin banyak orang yang sukses disekitar anda, akan membuat anda semakin terpuruk, karena anda akan disibukkan mencari kelemahan orang lain daripada berusaha untuk menggapai keberhasilan anda sendiri.

Kesimpulan

Kesehatan mental sangat penting dalam kaitannya dengan kesejahteraan. Mental yang sehat akan mendorong seseorang semakin semangat dalam aktifitas dan produktifitasnya. Hal ini tentu saja berkorelasi positif dengan tingkat keberhasilan dan penghasilan. Salat satu indikator kesehateraan adalah capaian dalam kehidupan baik finansial, maupun kesehatan itu sendiri.

Sangat penting untuk memahami gejala atau indikasi gangguan kesehatan mental dan tips untuk menjaga kesehatan mental sebagai dijelaskan diatas. Terimakasih – salam Literasi.

Leave a Reply