Tips dan Cara Meningkatkan DA PA Website

  • June 21, 2022
  • 16 Views
Cara Meningkatkan DA PA Website - cara meningkatkan DA PA website

Sejak Pagerank berhenti update, saat itulah DA (Domain Authority) / PA (Page Authority) website seringkali dinilai menjadi acuan dalam penentuan posisi SERP sebuah website. oleh karena penting untuk belajar bagaimana cara meningkatkan DA PA Website. artikel ini akan menguraikan bagaimana meningkatkan DA PA website dalam rangka sama sama belajar. yuk ikuti uraiannya berikut ini.

Saat ini Tidaklah mudah meningkatkan DA dan PA Sebuah website. Hal ini mengingat persaingan SERP Google yang sangat kompetitif dan sulit diprediksi. bayangkan ada milyaran website yang berebut posisi teratas di mata mesin pencari… hehehe.

Setelah kamu membuat Blog atau web pribadi kamu, saatnya meningkatkan DA PAnya. berikut ini tips meningkatkan DA PA website

Tips dan Cara Meningkatkan DA PA Website

Mengingat persaingan SERP Google yang sangat kompetitif dan sulit untuk diprediksi, cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperbarui SEO website secara keseluruhan, yakni secara off-page dan on-page.

Simak cara meningkatkan DA PA websiteberikut ini!

1. Optimasikan SEO on-page

Cara meningkatkan DA PA website yang pertama adalah dengan melakukan optimasi SEO pada on page. Ini merupakan fondasi bagi sebuah website yang berkualitas. Hal ini juga memungkinkan kamu menaruh domain pada posisi teratas di search engine.

Hal itu karena optimasi SEO on-page memudahkan Google untuk memahami website milikmu serta isi atau konten milikmu yang ada di dalam website, entah itu sudah relevan dan dibutuhkan oleh user atau tidak.

Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yakni:

Memperbarui konten atau artikel seo friendly dan berkualitas dan berguna untuk para user secara berkala. Artinya paling upload konten secara rutin. Setiap 3 hari sekali lebih baik daripada 1 bulan sekali langsung 10 atau 20 artikel.

Mengoptimasi judul, meta tags, title, serta deskripsi. Untuk mempermudah gunakan plugin yang membantu memberikan score pada judul artikel, meta deskripsi dan keyword. Plugin SEO tertentu akan membantu anda memberikan penilaian judul artikel yang anda buat. Misalnya positif atau negatif statement atau power word yang mendukung nilai plus pada judul.

Selain itu, keyword utama akan lebih baik masuk pada judul artikel dan posisi diawal. Gunakan keyword utama dan turunan antara 1 – 2%. Keyword utama harus masuk pada 100 kata pertama dalam konten anda dan meta deskripsi. Meta deskripsi jangan lebih dari 160 karakter.

Menerapkan headings dan subheadings pada setiap artikel atau konten yang kamu buat. Membuat heading dan sub heading akan memudahkan mesin pencari dalam memahami isi konten anda. Jangan lupa, konten utama masuk pada Heading/sub heading ya….

Menggunakan keyword sebaik dan senatural mungkin dan menghindari keyword spam dan stuffing. Posisikan keyword secara proporsional. Misalnya sebarkan pada beberapa paragraf, jangan terkumpul dalam satu paragraf.

Mengoptimasi video, foto, dan berbagai media lainnya pada setiap konten atau artikel (Relevan) dengan konten. Penggunaan media foto, video akan menaikkan score seo anda kisaran 1 – 3%. Jangan lupa berilah judul pada file image atau video anda. Misalnya NAMAFILE.png akan lebih baik daripada IMG01213837.PNG. Dan masukkan ALT tag sesuai keyword utama.

Menyisipakan internal links ke halaman lain di website-mu. Buatlah tautan internal yang relevan dengan konten yang sedang anda tulis. Terutama jika anda mengoptimasi dengan model struktur SILO. Artikel Pilar – artikel Pendukung – artikel konten. Artikel pilar pada umumnya terdiri dari minimal 2000 kata, artikel pendukung 1000 kata dan artikel konten 600 kata. Kumpulan artikel ini saling berkaitan dan merupakan breakdown dari artikel utama / pilar.

Membuat permalink yang sederhana. Permalink yang terlalu panjang akan mengurangi score SEO anda. Pada umumnya maksimal terdiri dari 75 karakter.

Cara Meningkatkan DA PA Website - contoh hasil cek seo score

2. Optimasi SEO off-page

Cara meningkatkan DA PA website lain yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi SEO secara off-page adalah dengan melakukan link building untuk mendapatkan backlinks yang berkualitas. Atau secara sederhananya, agar orang lain juga mengutip atau menyisipkan link website-mu di konten atau artikel mereka. untuk lebih jelasnya bisa kamu baca tentang cara mendapatkan backlink berkualitas dari artikel dalam web ini.

3. Optimasikan technical SEO

Technical SEO adalah pondasi dari keberhasilan SEO on-page maupun off-page. Secara umum, hal ini mengacu pada struktur dasar suatu website. Jika struktur website kamu sudah rapi, maka mesin pencari akan otomatis melakukan crawling website-mu dengan mudah.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yakni:

  1. Mendaftarkan website ke Google Search Console
  2. Membuat Sitemap XML ke Google Search Console
  3. Mengatasi duplikat konten pada website-mu
  4. Memasang Secure Sockets Layer (SSL)
  5. Mengaktifkan Google AMP

4. Membuat website yang mobile-friendly

Cara meningkatkan DA PA website selanjutnyaadalah dengan membuat website-mu mobile friendly.Terdapat beberapa alasan mengapa kamu kini harus menciptakan website yang mobile friendly, yakni:

  1. Jumlah user yang mengakses internet menggunakan handphone jauh lebih besar dibandingkan dengan dari desktop
  2. Google sendiri memprioritaskan indexing pada website versi mobile, sehingga akan sulit terdeteksi pada website yang tidak menerapkan sistem mobile friendly
  3. Hal ini bisa mempengaruh ranking di search engine
  4. Hal ini bisa berpengaruh pada DA website karena Google mensyaratkan bahwa website yang mobile friendly sangat penting pada ranking website.

5. Meningkatkan kecepatan halaman website-mu

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan kecepatan pada halaman website. Ini akan mempengaruhi ranking website-mu di search engine yang sudah diterapkan Google dari tahun 2010.

Cara Meningkatkan DA PA Website - optimasi pagespeed

Google telah menyediakan sebuah tool bernama PageSpeed Insight Tool untuk mengecek kecepatan website milikmu sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi.

Kamu bisa menggunakannya dan mengevaluasi website-mu sendiri untuk mendapatkan insight apa saja yang perlu kamu perbarui dan tingkatkan untuk membuat website-mu memiliki tingkat kecepatan yang baik.

Cara Meningkatkan DA PA Website - hasil pagespeed test

6. Membangun backinks yang berkualitas

Faktanya, backlinks tidak hanya berpengaruh pada DA website-mu, namun juga PA. Pastikan baclinks yang datang padamu bukan dari website atau artikel yang asal-asalan dan tidak berkualitas.

Selain itu, hal yang bisa kamu adalah dengan membuat konten yang menarik bagi para user-mu agar kamu juga bisa mendapatkan backlinks yang berkualitas dari website terpercaya yang memiliki DA PA tinggi.

Itulah beberapa cara meningkatkan DA PA website yang bisa kamu lakukan dan terapkan. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply