Cara Membuat Company Profile yang Menarik Untuk Meningkatkan Kepercayaan Customer

Bingung cara membuat company profile yang menarik? Berikut penjelasan cara membuat company profil untuk meningkatkan kepercayaan customer

Company profile adalah ringkasan yang memperkenalkan perusahaan secara profesional. Profesional berarti berisi informasi lengkap sesuai standard bisnis. Pada umumnya informasi yang disajikan mencakup sejarah perusahaan, Visi Misi, Bidang Usaha, Produk / jasa layanan, posisi brand perusahaan di Pasar, prestasi atau capaian perusahaan. Belakangan company profile disajikan dalam teks dan visual – video, sehingga lebih menarik calon customer.

Seiring perkembangan zaman, adanya company profile yang unik dan menarik tentunya akan berperan penting untuk kemajuan sebuah bisnis, usaha maupun perusahaan. Cara membuat company profile ini perlu memperhatikan berbagai aspek sehingga pembaca atau customer tertarik untuk mempercayakan kebutuhannya pada perusahaan tersebut. Company Profile tidaknya bagi perusahaan besar, perusahaan rintisan, usaha kecil-menengah juga membutuhkan company profile untuk menaikkan brand-nya di pasar bisnis.

Untuk membuat dan menyusun sebuah company profile tentunya membutuhka keahlian khusus, mulai dari desain gambar hingga teknik penulisan. Bagi Anda yang membutuhkan company profile namun belum memiliki waktu untuk mengerjakannya, percayakan penyusunan company profile perusahaan Anda pada ahlinya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Untuk memiliki vendor atau jasa desain company profile, pastikan memiliki kredibilitas yang baik sehingga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini bisa dilihat dari website official yang dimilikinya, paket – paket yang memudahkan customer hingga harga yang transparan dan kompetitif.

Baca Juga: Tips Dan Strategi Bisnis Online Bekerja Dari Rumah

Bagaimana Cara Membuat Company Profile yang Menarik?

cara membuat company profile

Secara umum, company profile dibuat dengan tujuan memperkenalkan sejarah perusahaan, visi-misi, produk atau layanan hingga keunggulan dari perusahaan tersebut sehingga orang yang membaca company profile akan tertarik dan menaruh kepercayaan dalam pemenuhan kebutuhannya.

Cara membuat company profile tentu tidak bisa sembarang, perlu memperhatikan teknik – teknik khusus sehingga mendapatkan hasil yang menarik mulai dari layout, desain, gambar hingga kalimat pendukungnya. Hal ini bertujuan agar pembaca lebih mudah memahami serta mendapatkan inti dari produk dan jasa yang dijual serta mengetahui keunggulannya.

Bagaimana cara membuat company profile? inilah Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan company profile ini, antara lain sebagai berikut.

  1. Layout

Layout merupakan tampilan dasar dari sebuah company profile yang berupa tata letak, susunan serta ukuran komponen – komponen pendukung seperti gambar dan tulisan. Adanya layout yang baik tentunya akan membuat tampilan company profile menjadi komunikatif dan juga mendukung penataan elemen gambar dan teks dalam desainnya.

Layout tentu perlu diset dengan benar sehingga tampilan dari gambar maupun tulisan bisa bersinergi sehingga sebuah company profile menjadi lebih menarik dari segi tampilan terutama gambar dan tulisan sehingga menarik minat orang untuk membacanya.

  • Ukuran Cetak

Tujuan utama dari pembuatan company profile adalah meningkatkan kepercayaan customer serta menarik minat pembaca untuk bisa mempercayakan kebutuhannya pada perusahaan tersebut. Dalam hal ini, sebuah company profile harus bersifat easy handling.

Ukuran cetak dari company profile perlu diperhatikan sehingga mudah dibawa dan dipegang untuk dibaca. Beberapa ukuran yang direkomendasikan seperti folio, quarto A4, A5, dan B5. Ukuran – ukuran tersebut tentunya akan memudahkan pembaca untuk melihat isi dari sebuah company profile cetak.

  • Desain Gambar
BACA JUGA  Kepemimpinan– 5+ cara Meningkatkan semangat kerja 

Gambar atau foto merupakan elemen penting dalam sebuah company profile. Tidak hanya sekedar tulisan atau artikel saja, namun gambar akan berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada pembacanya dalam bentuk gambaran yang sebenarnya.

Gambar dalam company profile bisa berupa gambar proyek, produk, peralatan atau mesin yang digunakan, area atau lingkungan kerja, gambar kantor dan lain sebagainya. Gambar tentunya perlu didesain semenarik mungkin sehingga memberikan kesan profesional.

Tak kalah penting untuk diperhatikan dalam poin ini adalah mengenai tata letaknya. Usahakan gambar berada di posisi yang pas dengan urutan yang telah diatur sehingga sebuah company profile tidak akan membosankan untuk dibaca.

  • Tulisan Pendukung

Hal yang tak kalah penting dalam sebuah company profile perusahaan adalah tulisan pendukung. Elemen ini berisikan kalimat atau paragraf yang berisi deskripsi informatif dari produk dan layanan yang dijual, sehingga selain melihat gambaran yang ditampilkan juga ada kalimat pendukung sehingga lebih informatif.

Tulisan yang akan dicantumkan dalam company profile perlu dibuat unik dan menarik sehingga selain informatif, tulisan tersebut juga bersifat soft selling. Yang tidak boleh dilakukan dalam hal tulisan ini adalah plagiasi atau mengambil tulisan orang lain karena akan membuat citra perusahaan menjadi jelek karena adanya plagiat.

  • Kualitas Cetak

Untuk company profile yang berupa media cetak, perlu memperhatikan kualitas cetakan mulai dari jenis kertas hingga printer yang digunakan sehingga menghasilkan kualitas cetak company profile yang baik, warna tidak mudah luntur, gambar yang resolusinya tetap terjaga, maupun tulisan yang bisa terbaca dengan jelas.

Beberapa poin di atas menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan company profile yang menarik. Hal ini bertujuan agar pembaca lebih tertarik dan percaya dengan produk atau jasa yang ditawarkan dengan menyebutkan keunggulan serta menyertakan pengalaman – pengalaman atau proyek yang pernah dikerjakan.

BACA JUGA  7 Investasi yang Cocok untuk Pemula, yuk dicoba?

Dalam sebuah profile perusahaan pastinya menampilkan beberapa komponen penting seperti Daftar isi, kalimat pembuka, informasi jajaran direksi, visi dan misi perusahaan, sejarah perusahaan, produk dan jasa perusahaan, sumber daya manusia, portofolio dan pencapaian dan kontak informasi. Untuk komponen ini tentunya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Bingung Cara Membuat Company Profile? Percayakan pada Ahlinya Jasa Desain Company Profile Profesional

Company profile dibuat untuk memudahkan penyampaian informasi pada customer mengenai semua hal tentang perusahaan tersebut, sehingga mendapatkan kepercayaan penuh. Menulis profil perusahaan ini memang tidak mudah dan dibutuhkan keahlian, khususnya dalam hal desain gambar serta teknik copywriting.

Berdikari Media dikenal luas sebagai vendor jasa desain company profile profesional dan terbaik di kelasnya. Berpengalaman dalam penyusunan dan perancangan company profile dengan konten yang berbobot, desain yang menarik, modern dan mudah untuk dipahami.

Percayakan kebutuhan pembuatan company profile Anda hanya pada Berdikari Media untuk mendapatkan produk profile perusahaan cetak berkualitas sehingga lebih terpercaya, profesional dan elegan.

Leave a Reply