The Best 5 Program dan Aplikasi Matematika

  • February 24, 2022
  • 121 Views
program dan aplikasi matematika

5 Program dan Aplikasi Matematika Yang Wajib Dimiliki! 

Ada banyak program dan Aplikasi matematika yang bisa anda gunakan. Berikut ini uraian aplikasi matematika terbaik dan krusial untuk anda! Hal ini untuk menjawab pertanyaan program serta aplikasi matematika apa sajakah yang sekiranya krusial dan signifikan untuk di pakai oleh seorang pekerja atau pelajar?

Dewasa ini, kemajuan teknologi informasi dan komputasi telah banyak merubah cara manusia dalam beraktivitas serta menjalani hidup. Salah satu aspek yang paling terbantu oleh implikasi dan keberadaan kemajuan teknologi ini yaitu dalam bidang administrasi perkantoran dan teknologi pembelajaran. Tren ini juga semakin menguat semenjak dunia dilanda oleh pandemi COVID-19.

Di mulai dari hal-hal yang paling sederhana seperti mengerjakan tugas-tugas makalah sekolah, hingga hal rumit seperti membuat pembukuan akuntansi dan statistika, semua dapat dilakukan dengan bantuan program dan aplikasi komputasi.

Ada banyak jenis program serta aplikasi yang dapat digunakan guna membantu menyelesaikan berbagai macam tugas dan pekerjaan. Namun yang paling banyak digunakan biasanya apabila berhubungan dengan keperluan berhitung dan matematika.

Pekerjaan yang satu ini memang terbilang memerlukan upaya lebih dalam penggarapannya. Sebelum adanya bantuan teknologi komputasi, terkadang untuk menyelesaikan suatu fungsi matematik, seseorang perlu waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Lantas program serta aplikasi matematika apa sajakah yang sekiranya krusial dan signifikan untuk di pakai oleh seorang pekerja atau pelajar? Maka berikut akan di bahas beberapa program dan aplikasi matematika yang sekiranya dapat referensi anda, berikut ini.

Microsoft Excel

Pada daftar program dan aplikasi matematika pertama, terdapat program besutan Microsoft yang tentu sudah sangat mainstream, yaitu Ms. Excel. Program ini salah satu dari trio Program Microsoft Office yang umum digunakan dalam aktivitas pembelajaran dan perkantoran selain Ms. Word dan Ms. PowerPoint.

Ms. Excel sendiri merupakan program yang di desain untuk menyerupai suatu lembar kerja administrasi dan akuntansi. Pada umumnya program ini digunakan untuk mengolah data-data numerik dan statistik (deskriptif) sederhana ke dalam bentuk yang lebih dapat di baca serta terorganisir, seperti grafik, chart, gambar, dan lain-lain.

Pertama kali di rilis pada tahun 1985, Ms. Excel saat ini dapat digunakan secara lintas platform, baik dalam program matematis untuk Windows dan MacOS, maupun aplikasi matematika untuk Android ataupun iOS.

IBM SPSS

Di tempat kedua terdapat program IBM SPSS. Meski program komputasi ini bersifat niche dan tak seumum Ms. Excel, namun bagi para praktisi eksak dan statistika, program ini sangatlah vital. SPSS merupakan program analisa statistik mutakhir besutan salah satu perusahaan teknologi termahsyur dunia, yaitu IBM. SPSS sendiri merupakan kepanjangan dari Statistical Product and Service Solutions.

Program komputasi ini biasa diberdayakan dalam melakukan fungsi-fungsi statistika lanjut (inferential) dan rumit, seperti manajemen data, analisa lanjutan dan multivariat, riset bisnis, investigasi kriminal, data analis, dan lain sebagainya.

Berbagai hasil analisa statistik ini nantinya dapat diproduksi (export) ke dalam berbagai format file mainstream seperti .doc(x), .xls, .xml, .html, .pdf, hingga bahkan bentuk-bentuk format grafis seperti .jpeg, .png, .emf, dan .bmp.

Sampai saat ini SPSS baru dapat dioperasikan dalam platform komputasi saja seperti Windows, MacOS, dan Unix dikarenakan kapasitasnya yang cukup luas – kemutakhiran tersebut memerlukan kemampuan komputasi yang tidak sederhana.

program dan aplikasi matematika

Photomath

Selanjutnya ada aplikasi yang dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan tugas-tugas serta pekerjaan rumah yang dirasa sulit. Khususnya yang berhubungan dengan penyelesaian soal-soal matematika, kecanggihan teknologi aplikasi telepon pintar (smartphone apps) saat ini telah memberikan banyak “jalan pintas” yang bisa dipilih. Ya, aplikasi Photomath besutan Microblink Photomath ini dapat menjadi salah satunya.

Sebagai salah satu aplikasi matematika pada platform Android dan iOS, Photomath sendiri sudah banyak di unduh oleh para penggunanya. Aplikasi ini sendiri memberdayakan kamera smartphone untuk memindai suatu permasalahan matematis.

Ketika sistem telah mampu merekognisi input grafis yang masuk, secara praktis aplikasi ini akan menampilkan langkah demi langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan problematika matematis tersebut. Dengan jumlah download pada Google Play Store yang menyentuh angka 100 juta lebih, tentu aplikasi ini terbukti tokcer dalam membantu menyelesaikan banyak fungsi matematis.

Brainly

Di nomor 4 terdapat aplikasi matematika yang sekaligus sebagai aplikasi belajar mata pelajaran lainnya, yaitu Brainly. Aplikasi ini merupakan besutan pengembang teknologi dengan nama yang sama, yang bermarkas di Polandia.

Aplikasi ini menyediakan suatu wadah pembelajaran sesama (peer learning) yang dapat digunakan baik oleh para murid, orang tua, hingga guru, dalam mempertanyakan ataupun menjawab soal-soal penilaian berbagai mata pelajaran.

Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa sehingga bersifat unik: mengedepankan karakter gamifikasi, serta lingkungan digital yang mengusung motivasi dan peringkat.

Meski Brainly sendiri lebih dikenal sebagai aplikasi yang biasa digunakan untuk mencari hal-hal berhubungan dengan mata pelajaran secara umum (tidak hanya matematika), namun aplikasi ini juga terbilang worth it untuk dimasukkan sebagai salah satu aplikasi yang dapat menyelesaikan problematika matematis. Memiliki jumlah unduhan pada Google Play Store hingga 100+ juta, aplikasi ini wajib dimiliki para pengguna Android maupun iOS.

Microsoft Math Solver

Pada daftar terakhir program dan aplikasi matematika kali ini, terdapat salah satu aplikasi besutan Microsoft yaitu Math Solver. Sebelum mengusung nama yang sekarang, aplikasi ini lebih dikenal dengan sebutan Ms. Mathematic atau Ms. Math. Melihat kesuksesan dari berbagai aplikasi-aplikasi pengembang “anyaran”, Microsoft seperti tertantang untuk membuat pesaing pada lini serupa.

baca juga:Rekomendasi Aplikasi Matematika: New 2022

Aplikasi ini dirancang untuk dapat memecahkan problem dan fungsi-fungsi matematika sederhana serta soal-soal lainnya yang berhubungan dengan sains. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya seperti konverter, pemindai kamera matematis, berbagai daftar persamaan, dll. Dikarenakan mengusung konsep yang menargetkan pengguna lini mobile, hingga saat ini Ms. Math Solver baru dapat mendukung platform situs web dan perangkat seluler.

Demikian 5 program dan aplikasi matematika yang bisa anda jadikan pertimbangan untuk membantu mempermudah pekerjaan anda. Selamat mencoba, dan semoga sukses selalu!

Leave a Reply