Teori Strategi Bertahan Hidup James Scott

  • February 7, 2022
  • 228 Views
strategi bertahan hidup

Teori Strategi Bertahan Hidup dan contoh kasus

Teori Strategi bertahan hidup atau mekanisme survival merupakan teori dari james scott yang mengulas tentang bagaimana petani bertahan hidup dalam kondisi sulit. Bagaimana petani bertahan hidup dalam situasi yang terbatas, hasil panen tidak mencukupi terutama buruh tani yang memiliki ikatan patron klien dengan tuan tanah atau orang kaya didesanya.

Daftar Isi

Kenapa butuh strategi bertahan hidup?

Dalam uraian ini, mengambil setting contoh aktornya adalah Janda Buri (Buruh pencari ikan) di daerah gresik jawa timur. Untuk menjelaskan bagaimana mereka bertahan hidup dalam situasi sulit, uraian ini meminjam teori strategi bertahan hidup dari james C scott.

Dalam pemenuhan kebutuhan hidup yang sifatnya primer sangat memerlukan peran aktif dari tindakan nyata seseorang demi dapat bertahan hidup serta dapat memenuhi berbagai bentuk kebutuhan yang lainya yang sekunder dan tersier. Upaya tersebut merupakan konsikuensi logis dalam kehidupan, memerlukan peran dan fungsi dalam bertindak untuk memenuhi kebutuhan.

Snel dan Staring yang menyatakan strategi bertahan hidup sebagai rangkaian tindakan yang dipilih secara sadar oleh individu dan rumah tangga yang miskin secara sosial ekonomi. (Setia, 2005)

Teori Strategi bertahan hidup

Strategi bertahan hidup dipilih oleh individu dan rumah tangga pada aspek sosial ekonominya dengan menjalankan strategi seperti seorang bisa berusaha untuk menambah penghasilan lewat pemanfaatan sumber-sumber lain ataupun mengurangi pengeluaran lewat pengurangan kuantitas dan kualitas barang atau jasa, sedangkan cara dalam menyusun strategi sangat erat kaitan dengan potensi wilayah ataupun daerah yang menjadi domisili masyarakat serta struktur masyarakat.

Janda memiliki tempat tersendiri dalam kehidupan di masyarakat dan masih aktif menjalankan kegiatan sehari-hari demi pemenuhan kebutuhan hidupnya dan keluarganya dengan cara melakukan pekerjaan menjadi buruh pencari ikan di tambak.

Terdapat beragam cara dalam pemenuhan kebutuhan dalam rangka bertahan hidupnya atau disebut dengan istilah (coping strategie) merupakan cara untuk mengatasi kesulitan hidup. Setiap masyrakat yang hidup secara alamiah tidak akan pernah terlepas dengan kebutuhan sehingga mereka berkompetensi dalam rangka pemenuhanya kebutuhan demi dapat bertahan, karna masa sulit dapat dirasakan siapa saja yang hidup, utamanya masyarakat di pedesaan yang mayoritas penduduknya para petani.

BACA JUGA  2 Trik Sulap Matematika - cara mudah belajar matematika

Cara masyarakat dalam mengantisipasi keterpurukan ekonomi sangat ditentukan oleh posisi individu atau kelompok dalam struktur masyarakat, kepercayaan, dan jaringan sosial yang tersedia dan juga keahlian dalam memobilisasi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan, keterampilan, aset, ketersediaan pekerjaan, dan dorongan dalam dirinya yang kuat. (Setia, 2005)

Setiap masyarakat memiliki strategi yang berbeda dalam bertahan termasuk janda yang bekerja sebagai buri. Dalam menyusun strategi, individu yang secara khusus penyandang status janda tidak menjalankan satu jenis strategi melainkan mereka menggunakan strategi dengan melakukan pekerjaan sebagai buruh pencari ikan ditambak demi untuk mempertahankan hidupnya, sehingga muncul istilah multi (survival).

Artinya mereka menjalankan strateginya demi menambah penghasilan untuk menutupi kebutuhanya. Dalam hal ini Snel dan Starring mengartikan hal ini sebagai kecenderungan pelaku-pelaku atau rumah tangga untuk memiliki pemaasukan dari berbagai sumber daya yang berbeda lantaran dengan strategi tunggal tungal tidak dapat memenuhi ataupun menutupi segala kebutuhan hidupnya. (Setia, 2005).

Scott (1980), menjelaskan upaya yang dilakukan kelompok miskin guna mempertahankan hidupnya adalah: pertama, mereka dapat mengikat sabuk lebih kencang dengan mengurangi frekuensi makan dan beralih ke makanan yang mutuhnya lebih rendah.

Kedua, menggunakan alternatif subsistem yaitu swadaya yang mencakup kegiatan-kegiatan seperti berjualan kecil-kecilan, bekerja sebagai tukang, buruh lepas atau berimigrasi. Ketiga, menggunakan jaringan sosial yang berfungsi sebagai peredang kejut selama masa krisis ekonomi (Khotijah, 2014).

Poposisi Teori

Teori mekanisme survival yang dipopulerkan oleh James C Scott teori tersebut memandang bahwa dua tiga cara yang dilakukan masyarakat miskin untuk bertahan hidup yaitu:

  1. Mengurangi pengeluaran untuk pangan dengan menjalan pola makan hanya sekali dalam sehari dan beralih kemakanan yang mutuhnya lebih rendah.
  2. Menggunakan alternatif subsistensi yaitu swadaya yang mencakup kegiatan seperti berjualan kecil-kecilan, bekerja sebagai tukang, sebgai buruh lepas, atau melakukan migrasi untuk mencari pekerjaan. Cara ini dapat melibatkan seluruh sumber daya yang ada di dalam rumah tangga miskin, terutama istri sebagai pencari nafkah tambahan bagi suami.
  3. Meminta bantuan dari jaringan sosial seperti sanak saudara, kawan-kawan sedesa, atau memanfaatkan hubungan dengan pelindungnya (patron). (Khodijah, 2014)
BACA JUGA  Dunia lierasi : dialektika peradaban manusia masa lalu menuju modern

Definisi mekanisme survival yang lebih memiliki kedekatan dengan konteks penelitian yakni survival didefinisikan sebagai sebuah upaya yang dilakukan untuk tetap bertahan hidup dalam kondisi yang minimal atau buruk sekalipun. Hal tersebut berarti pula sebagai jupaya untuk menghadapi kondisi-kondisi terburuk dimasa yang akan datang.

Gambaran dari James C Scott yang menyatakan bahwa rentanya masyarakat miskin, ia menggambarkan bahwa setiap kebijakan makro yang terkena pada keluarga miskin seperti ombak yang ,menerjang orang yang tenggelam sebatas hidung. Sekali ombak datang maka tenggelam pula orang tersebut.

Oleh karenanya kelompok miskin menggunakan prinsip “dahulukan selamat”. Selagi meski terbatas, masyarakat desa memiliki masih memiliki pilihan yang lebih luas daripada masyarakat kota. Ada ketersediaan bahan pangan yang masih melimpah tidaklan terlalu menyulitkan masyarakat perdesaan dalam bertahan hidup (Nugraha, 2015).

Upaya dapat bertahan hidup dalam situasi yang kekurangan dalam memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan anak-anaknya banyak dirasakan oleh sebagian besar masyarakat yang berstatus janda yang telah memnuhi kebutuhan hidupnya dengan cara melakukan pekerjaan sebagai buruh pencari ikan di tambak dengan adanya tindakan janda menjadi buri, pekerjaan tersebut bertujuan untuk bisa memenuhi kebutuhan keluarganya. Terutama dalam pembiayaan anak-anaknya dalam sekolah dan kebutuhan primer yang lainya.

baca juga: New: Peran Ganda Perempuan Desa Dalam Perekonomian Keluarga

Menurut Witoro dalam makalahnya yang berjudul “Menemukan Kembali dan Memperkuat Sistem Pangan Lokal” ada lima sumber kehidupan yang dimiliki oleh setiap individu atau unit sosial yang lebih tinggi dalam upaya mempertahankan kehidupan yaitu:

  • Human capital, yakni modal yang dimiliki berupa keterampilan, pengetahuan, tenaga kerja serta kesehatan.
  • Sosial capital, yakni kekayaan sosial yang dimiliki masyarakat berupa jaringan.
  • Natural Capital, yakni persediaan sumber daya alam berupah tanah, hutan, air, keaneragaman hayati dan lainya.
  • Physical capital, yakni infrastruktur dasar jalan, saluran irigasi, sarana komunikasi, dan lain sebagainya.
  • Financial capital, yakni sumber-sumber keuangan yang digunakan oleh masyarakat untuk mencapai tujuan kehidupanya. Berupa uang tunai, persediaan dan peredaran uang reguler.
BACA JUGA  Pengertian Silogisme - jenis dan contohnya

Maka dapat disimpulkan bahwa mekanisme survival lebih memiliki kedekatan dengan konteks penelitian yakni survival yang didefinisikan sebagai sebuah upaya yang dilakukan untuk tetap bertahan hidup dalam kondisi yang buruk. Hal tersebut sebagai upaya untuk menghadapi kondisi terburuk dimasa yang akan mendatang.

Penelitian Scott menjelaskan bagaimana individu mampu bertahan hidup (survive) pada kondisi yang sulit, khususnya pada kelompok petani. Melihat lebih jauh kondisi sulit semacam itu dialami oleh wanita buruh pencari ikan yang harus bertahan hidup dengan cara yang berbeda untuk dilakukan oleh orang lainya yang memiliki persyaratan dalam bekerja di tempat lain.

Dari adanya teori strategi bertahan hidup survival yang telah dikemukakan oleh James C Scott membahas tentang seseorang yang mempertahankan hidupnya dengan menjadi seorang petani. Pada penelitian ini menggunakan teori ini dikarenakan lebih cocok dalam menganalisis dengan sebab pengkajian tertuju kepada subjek yang telah mempertahankan hidupnya dengan menjadi buruh pencari ikan ditambak.

Budidaya ikan ditambak juga termasuk dalam pertanian perikanan. Perlu diketahui pertanian tidak hanya pada lingkup tanah saja akan tetapi pertanian juga ada pada lingkup air seperti contoh budidaya ikan ditambak juga termasuk sebagai petani perikanan.

Leave a Reply

x