Strategi Pemasaran 4P, kunci sukses bisnis 2022

Strategi Pemasaran 4P – strategi utama yang wajib dikuasai dan diterapkan dalam bisnis adalah strategi pemasaran 4P. Strategi pemasaran 4p terdiri dari 4 komponen yaitu: product, price, place dan promotion.

Punya ide untuk memulai bisnis? Jangan asal nyemplung! Kuasai dulu beberapa fundamental skiil yang wajib bagi seorang pebisnis. Salah satu ilmu yang penting untuk dikuasai adalah  strategi pemasaran. Sebagus apapun produk jika tidak dibarengi strategi pemasaran yang tepat maka bisnis tidak akan berjalan mulus.

strategi pemasaran 4P
dewilailypurnamasari.wordpress.com

Karena strategi dalam berbisnis akan menentukan kesuksesan bisnis yang dijalani. Apalagi di era digitalisasi ini, persaingan semakin ketat karena semakin banyak pula jenis strategi yang harus diperhatikan.

Tujuan utama strategi pemasaran adalah menyukseskan bisnis agar lebih mendapat untung dan memberikan kepuasan pada pelanggan yang telah membeli produk kita. Dari berbagai macam jenis stategi pemasaran, ada strategi utama yang wajib dikuasai dan diterapkan dalam bisnis yaitu strategi pemasaran 4P.

Marketing Is the Dynamic Life-Blood of Every Organization – ungkapan pemasaran adalah ruh perusahaan kiranya menunjukkan betapa pentingnya pemasaran dalam proses bisnis. sebaik dan sebagus apapun produk kita, jika pasarnya tidak ada, maka tidak akan berarti apa apa. bagaimana menemukan dan menguasai pasar? tentu saja ini sangat banyak sekali variabel yang dijadikan tolak ukur untuk menjawabnya. dan salah satunya adalah strategi pemasaran yang tepat .

sebelum memutuskan sebuah strategi kontekstual, tentunya kita harus memahami dengan menguasai hal mendasar dalam pemasaran. salah satu strategi pemasaran yang “evergreen” tidak lekang oleh dinamika bisnis adalah strategi pemasaran 4P. variasi model dan strategi pemasaran yang berkembang saat ini adalah modifikasi dan penyesuain dari bentuk dasar strategi pemasaran 4P.

Seorang pebisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah strategi pemasaran 4P. Strategi pemasaran tidak hanya dimiliki oleh perusahaan besar saja namun perusahaan kecil juga harus memilikinya.

Pemasaran tujuannya membuat produk atau jasa yang dimiliki bisa dikenal oleh orang lain sebagai calon konsumen. Memasarkan produk sama halnya dengan menawarkan produk agar dapat dipakai konsumen.

Tentu penawaran tersebut nantinya bisa menghasilkan keuntungan yang sesuai untuk perusahaan. Inilah mengapa butuh adanya strategi agar kegiatan pemasaran bisa berhasil sesuai keinginan.

Artikel ini akan membahas lengkap tentang apaitu stategi pemasaran 4p, komponen strategi, pentingnya strategi pemasaran serta tips saat menerapkan dalam bisnis.

Apa itu strategi pemasaran 4P?

Strategi pemasaran menurut Philip Kotler adalah cara di mana fungsi pemasaran mengatur kegiatannya untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam penjualan pada tangkat bauran pemasaran. Strategi pemasaran terdiri dari kumpulan dari langkah bisnis pada level pengenalan produk yang sudah dikombinasikan dengan baik sehingga dapat membuat konsumen melakukan pembelian.

Bukan sekedar konsumen tertarik atau memasukkan dalam keranjang belanja, namun strategi pemasaran memastikan konsumen mengenali produk yang ditawarkan, melakukan pembayaran atau check out hingga mengulangi aktivitas pembelian produk.

strategi pemasaran 4p

Strategi pemasaran 4p terdiri dari 4 komponen yaitu: product, price, place dan promotion. Strategi pemasaran ini tak hanya dapat digunakan untuk bisnis besar skala perusahaan namun juga dapat diterapkan di bisnis UMKM sekalipun.

BACA JUGA  Ketahui Konsep Marketing untuk Strategi Pemasaran Produk yang Tepat!

Komponen Strategi Pemasaran 4P

Strategi pemasaran 4P terdiri dari product, price, place dan promotion.

1.      Product

Pada saat awal memutuskan memulai bisnis, ide produk yang akan dijual menjadi hal yang sangat penting. produk bukan hanya fokus pada yang berwujud saja, namun yang tak berwujud pun penting seperti organisasi, ide, layanan dsb.

Berikut adalah beberapa tips  pertanyaan yang dapat membantu saat menentukan strategi pemasaran 4P untuk produk:

–          Produk atau jasa apa yang dibutuhkan masyarakat?

–          Apa yang diinginkan oleh masyarakat dari produk/jasa yang ditawarkan?

–          Fitur apa yang dimiliki dalam produk?

–          Bagaimana cara pengguna akan menggunakannya

–          Bagaimana bentuk, ukuran dan warnanya?

–          Bagaimana logo dan mereknya?

–          Apa bedanya dengan pesaing lain?

2.      Price

Setelah product, komponen pemasaran yang perlu diperhatikan adalah price (harga). Harga merupakan nilai yang diberikan oleh konsumen untuk memiliki produk bisnis, komponen ini sangat mempengaruhi penjualan produk. Calon pembeli pasti akan membandingkan produk dengan kompetitor yang lain, sehngga menentukan harga menjadi sangat penting.

Bagaimana cara menentukan harga produk yang baik? berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

–          Nilai produk atau jasa

–          Keuntungan 

–          Perbandingan harga dengan kompetitor

–          Promo atau pemberian diskon

3.      Place

Faktor penentu produk bisnis selanjutnya adalah pemilihan tempat atau lokasi. Tempat atau lokasi yang tepat akan membawa bisnis lebih lanjar lagi. Pilihlah lokasi yang strategis, maksudnya lokasi yang ramai dikunjungi orang atau tempat dimana orang berlalu lalang. Tujuannya agar menarik calon pembeli untuk mengunjungi usaha dan diharapkan sampai membeli produknya.

 Selain lokasi yang strategi, lokasi yang tepat dan pas juga diperlukan. Misalnya saja produk yang dijual adalah busana muslin, maka pilihlah daerah dekat dengan masyarakat mayoritas muslim atau tempat ibadah orang muslin, sehingga akan lebih banyak peluang menarik calon pembeli.

Berikut adalah tips pertanyaan-pertanyaan yang akan membantu dalam menentukan tempat atau lokasi yang tepat dan strategis..

–          Dimana pembeli akan mencari produk atau layanan tersebut?

–          Bagaimana mengakses saluran distribusi yang benar?

–          Tempat mana yang paling sering dicari untuk memperoleh produk atau layanan tersebut? supermarket, mall atau online?

4.      Promotion

Promosi dalam strategi pemasaran merupakan ujung tombak dalam mengenalkan produk atau jasa. Promosi yang menarik akan meningkatkan penjualan yang signifikan. Promosi dapat dilakukan secara offline dan online.

Promosi offline dapat dilakukan dengan membuat company profile, banner, brosur dan perlengkapan lainnya. Sedangkan promosi online dapar dilakukan dengan kampanye di media sosial, atau melakukan promosi berbayar melalui influencer atau program platform media sosial.

Di era digitalisasi seperti sekarang, media online menjadi sarana promosi yang sangat powerful karena bisa menjangkau siapa saja dan dimana saja. untuk membantu menentukan kegiatan promosi bisnis. berikut adalah tips pertanyaan pengantar yang bisa memberikan gambaran yang jelas untuk menentukan promosi usaha yang dijalani.

  • –          Kapan dan di mana bisa menyampaikan promosi ke target pasar?
  • –          Apakah beriklan online, di media, radio, TV atau billboard menjangkau audiens?
  • –          Bagaimana pesaing melakukan promosi? Apakah mempengaruhi pilihan aktivasi promosi kita?
  • –          Kapan waktu terbaik untuk berpromosi?
  • –          Promo apa yang bisa kita berikan untuk menarik calon pembeli?

Pentingnya Menerapkan Strategi Pemasaran 4P dalam Bisnis

Setiap bisnis harus memiliki produk yang berkualitas, harga kompetitif, promosi efektif dan juga tempat distribusi sebanyaknya. Semua hal tersebut memiliki peran penting untuk menjalankan bisnis agar mampu bertahan di pasar.

BACA JUGA  4 tipe Influencer Marketing untuk tingkatkan pemasaran

Demi menjadi pebisnis yang layak Anda harus mampu mengkombinasikan semua elemen tersebut untuk mengembangkan bisnis. Strategi tidak hanya dimiliki oleh perusahaan besar saja namun usaha kecil juga harus menerapkannya. 

Penerapan strategi Pemasaran 4P menentukan jalannya bisnis dalam hal penjualan baik mendapatkan pelanggan ataupun keuntungan. Setiap membuat strategi pemasaran sangatlah penting memikirkan kebutuhan konsumen. Jika diterapkan dengan baik dan benar strategi pemasaran ini pasti memiliki banyak manfaat dalam bisnis.

Faktor yang Mempengengaruhi Strategi Pemasaran 4P

Saat menentukan strategi pemasaran 4P baik produk, harga, distribusi dan promosi pasti ada beberapa faktor lain yang akan mempengaruhi. Diantaranya ada faktor eksternal dan juga faktor internal.

Faktor internal maksudnya adalah beberapa hal yang berkaitan dengan urusan internal persahaan atau organisasi. Biasanya berkaitan dengan penyediaan dana, tujuan perusahaan, sifat produk dan sebagainya.

Sedangkan yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah beberapa hal muncul dari luar perusahaan. Seperti halnya perilaku konsumen, persaingan pasar dengan competitor, distribusi produk bahkan regulasi pemerintah.

Baik faktor internal maupun eksternal memiliki pengaruh yang kuat dalam penerapan strategi pemasaran. Pastikan bisnis berjalan dengan baik bersama strategi pemasaran 4P agar bisa berkembang dan menghasilkan sesuai target.

Manfaat Strategi Pemasaran 4P dalam Mengembangkan Bisnis

Manfaat Strategi Pemasaran 4P – Setiap strategi pemasaran memiliki manfaat yang berbeda. berikut ini adalah manfaat strategi pemasaran 4P dalam pengembangan bisnis yang perlu anda ketahui

Seorang pebisnis harus mampu menggunakan strategi pemasaran 4P dan menerapkannya dalam bisnis apa pun yang sedang dikembangkan. Pemasaran adalah kegiatan paling penting dalam menjalan bisnis. dengan kata lain, pemasaran adalah kunci sukses bisnis anda.

Manfaat Strategi Pemasaran 4P

Memasarkan artinya membuat produk yang diproduksi untuk dikenalkan dan ditawarkan pada konsumen. Tujuannya untuk mendapatkan hasil keuntungan dari produk tersebut untuk mencapai target penjualan.

Bisnis yang berhasil akan tergantung dari jumlah transaksi yang terjadi baik itu produksi ataupun penjualan. Oleh sebab itu jika pebisnis ingin usahanya berjalan maka semua harus bersinergi dengan baik.

Sebagaimana dijelaskan diatas, bahwa Pengertian dari strategi pemasaran 4P itu sendiri adalah strategi yang mencakup beberapa variabel penting dalam unsur pemasaran. Elemen penting dalam strategi ini adalah Product, Price, Promotion, dan Place.

Anda harus mampu mengkombinasikan semua elemen tersebut untuk mengembangkan bisnis. Strategi tidak hanya dimiliki oleh perusahaan besar saja namun usaha kecil juga harus menerapkannya. 

Penerapan strategi Pemasaran 4P menentukan jalannya bisnis dalam hal penjualan baik mendapatkan pelanggan ataupun keuntungan. Setiap membuat strategi pemasaran sangatlah penting memikirkan kebutuhan konsumen. Jika diterapkan dengan baik dan benar strategi pemasaran ini pasti memiliki
banyak manfaat dalam bisnis.

manfaat strategi pemasaran 4p

Menciptakan Sinergi yang Baik

Manfaat pertama adalah menciptakan sinergi yang baik antara jalannya bisnis, media promosi dan loyalitas konsumen. Hal ini berkat adanya 4 elemen penting diterapkan dalam bisnis berupa produk, harga, tempat distribusi dan juga promosi.

Dengan kata lain untuk mendapatkan pelanggan seorang pebisnis harus melakukan pendekatan dengan media promosi. Menawarkan produk dapat dilakukan secara online ataupun offline.

Anda bisa memanfaatkan semua platform jual beli yang ada atau memanfaatkan sosial media untuk mengenalkan produk secara luas. Selain itu Anda juga bisa menggunakan media cetak untuk promosi.

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Konsumen

BACA JUGA  RAD AI - platform pemasaran teknologi kecerdasan buatan, meluncurkan fase investasi publik di Wefunder

Manfaat menerapkan strategi pemasaran 4P selanjutnya adalah menjalin hubungan yang baik dengan calon konsumen, konsumen baru ataupun pelanggan. Strategi ini memungkinkan pebisnis bisa mengetahui kebutuhan dan harapan para konsumen.

Tujuannya agar pebisnis dapat membuat pembaharuan produk dengan memperhatikan hal tersebut. Strategi ini dapat membangun hubungan yang baik agar bisnis dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Menjadi Patokan Saat Mengambil Keputusan

Keterkaitan antara produk, harga, promosi dan tempat ini membuat pebisnis selalu menjadikannya patokan dalam mengambil keputusan. Sebagai contoh dalam membuat produk pasti harus ada desain yang diputuskan.

Nantinya hasil produksi tersebut akan menentukan pemberian harga. Setelah memiliki produk dan harga maka harus memikirkan promosi untuk menawarkan produk tersebut agar disukai konsumen.

Setelahnya produk akan ditempatkan di outlet, franchise, atau pun reseller untuk didistribusikan. Penerapan strategi pemasaran 4P selalu menjadi patokan dalam mengambil keputusan dalam bisnis.

Menghadirkan Loyalitas dan Nilai Merek

Selain itu strategi pemasaran yang mementingkan 4 elemen ini juga bisa menghadirkan loyalitas dari para konsumen. Selain itu produk atau bisnis juga akan mendapatkan nilai merek dari pelanggan setia.

Hal ini tentu berkat adanya teknik pendekatan dalam hal promosi yang berfokus pada kebutuhan dan harapan pelanggan. Produk yang Anda pasarkan pasti melekat dihati para pelanggan tersebut.

Meningkatkan Penjualan

Manfaat strategi pemasaran 4P berikutnya adalah meningkatkan volume penjualan produk yang dipasarkan. Hal ini terjadi tentu karena meningkatnya kepuasan konsumen terhadap produuk-produk dari bisnis Anda.

Pelanggan yang puas akan meningkatkan penjualan produk secara kontinyu. Peningkatan penjualan ini sudah pasti mempengaruhi meningkatnya pangsa pasar bisnis Anda menjadi tinggi.

Penjualan yang tinggi menghasilkan keuntungan yang tinggi pula selama transaksi masih terus berjalan. Lakukan pembaharuan pada produk dengan keuntungan tersebut untuk mengembangkan bisnis jadi lebih besar.

Anda bisa mendapatkan manfaat yang baik demi jalannya bisnis dengan menerapkan strategi pemasaran 4P secara baik dan benar.

Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P

Mari kita ambil salah satu contoh perusahaan besar untuk kita analisis strategi pemasarannya, sekaligus pelajaran bagi kita untuk ambil tips dan cara menerapkannya dalam bisnis yang kita miliki.

Product McDonald’s

Sebagai bisnis F&B, Mc Donald’s mempunyai produk makanan dan minuman. Beberapa produk utama mereka adalah ayam goreng, hamburger, salad, makanan ringan, menu sarapan, makanan ringan, minuman, McCafe’.

Produk makanan dan minuman termasuk salah satu peluang bisnis yang besar karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan sehari-hari sehingga memungkinkan untuk pelanggan melakukan repeat order dan bisnis bisa terus beroperasi selagi manusia masih butuh makan dan minum. Terlebih anak-anak muda yang suka jajan dan mencoba berbagai hal.

Tips yang bisa kita ambil dari produk MCDonald’s ini adalah memilih memilih produk yang memenuhi kebutuhan orang dan memungkinkan untuk repeat order.

Places

McDonald’s memilih restoran, kios dan mobile app untuk mendapatkan Sebagian besar keuntungannya dalam penjualan. Beberapa restoran mengelola kios untuk menjual produk dengan pilihan terbatas, seperti makanan penutup, sundae dll.

Ada juga kios yang bersifat sementara, seperti kios dalam event-event tertentu.

Price

Strategi harga yang digunakan McDonald’s menggunakan harga bundle dan harga psikologis (harga yang tidak dibulatkan. Strategi harga paket, McDonald’s mencoba memberikan makanan dan paket produk dengan harga diskon, lebih murah dibandingkan dengan membeli setiap item terpisah. Strategi harga psikologis misalnya Rp.49.900 daripada Rp.50.000

Promotion

Beberapa strategi yang dilakukan McDonald’s adalah:

–          Promosi online

–          Public relation

–          Iklan

Itulah pengetahuan lengkap tentang Strategi Pemasaran 4P, menarik bukan? Dengan strategi yang tepat akan memberikan pengaruh yang besar terhadap bisnis yang akan kita jalankan. jadi kesimpulannya, dalam menerapkan strategi pemasaran 4P adalah optimasasi dalam 4P itu sendiri. yaitu Product, Place, Price dan Promotion. Beberapa Strategi Pemasaran bisa diterapkan dalam Optimalisasi 4P tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply