Sistem Komputer (pengertian dan komponennya) lengkap

  • June 6, 2022
  • 27 Views
sistem komputer

Kita sering mendengar istilah Sistem komputer dalam kehidupan sehari hari. Tahukah anda apa itu sistem komputer? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Sistem Komputer, pengertian dan komponennya

Sistem komputer secara etimologi tersusun dari dua kata, sistem dan komputer. Untuk memahaminya secara komprehensif, dalam artikel kali ini akan diuraikan secara lengkap dari sisi etmilogi Sistem dan Komputer kemudian akan dijelaskan secara utuh sebagai kesatuan “sistem komputer”

Pengertian Sistem

Dikutip dari wikipedia, Sistem secara bahasa berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) yang berarti sesuatu yang terdiri dari komponen, bagian atau element yang terhubung untuk mempermudah aliran infromasi, energi maupun materi. Sistem juga dapat kita pahami sebagai satu kesatuan bagian yang saling terhubung, interdependen dan memiliki item penggerak sehingga dapat berproses dengan baik.

Berikut ini pengertian sistem dari para ahli:

  • Sistem merupakan satu kesatuan element (sub sistem) yang saling terkait, saling mempengaruhi yang bekerja sama dalam rangka mencapai satu tujuan (Kadir, Abdul 2014)
  • Sistem adalah kumpulan dari unsur, komponen atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi dan saling tergantung (interdependent) antar elemen (sutrabri, 2012)
  • Sementara itu, menurut Sutarman 2012 sistem merupakan kesatuan element element yang saling terhubung dan berinteraksi dalam satu kesatuan yang berproses dalam mencapai tujuan.
  • Sistem dianggap sebagai sebuah keterpaduan yang memiliki substansi fungsional dengan satuan fungsu yang saling berhubungan dan secara kolektif bertujuan untuk memenuhi tujuan dalam suatu proses

Baca Juga: Penggunaan Teknologi di Dunia Finansial yang perlu kamu Tahu

Dari uraian diatas kita simpulkan bahwa sistem adalah satu kesatuan elemen yang membentuk sistem dan berproses secara fungsional dan bersifat interdependen

Pengertian Komputer

Komputer adalah seperangkat alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah didesain sedemikian rupa. Pada awalnya penggunaan kata komputer untuk menggambarkan orang orang yang pekerjaannya berhubungan dengan perhitungan Aritmatika, baik dengan bantuan peralatan maupun secara manual. Seiring perkembangannya, istilah komputer digunakan untuk menamai mesin itu sendiri.

Pada mulanya, pengolahan data atau informasi dalam komputer hampir terbatas hanya masalah yang berhubungan dengan aritmatika. Namun seiring dnegan perkembangan komputer modern, data dan informasi yang dapat diolah tidak lagi hanya berhubungan dengan matematika atau aritmatika.

Pengertian Sistem Komputer

Setelah kita memahami apa itu Sistem dan apa itu komputer, sekarang akan diuraikan pengertian sistem komputer.

Sistem komputer adalah serangkaian perangkat komputer yang saling berhubungan dan berproses satu sama lain untuk melalakukan pengolahan data untuk menghasilkan informasi sesuai dengan yang diinginkan oleh penggunanya.

baca juga: Manfaat Teknologi pada Pembelajaran Bagi Siswa dan Guru

Menurut V. C. Hamacher, sistem komputer adalah sebuah sistem yang dapat menerima informasi input digital dan memprosesnya seseuai dengan program yang ditanam dalam memorinya dan menghasilkan output berupa informasi

Sementara itu, Menurut Wimatra, dkk (2008), sistem komputer adalah suatu sistem dalam perangkat komputer yang digunakan untuk memproses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.

Dapat disimpulkan bahwa sistem komputer adalah seperangkat komputer (dengan sistem dan komponen didalamnya) yang digunakan untuk menerima (input) data dan mengolahnya untuk menghasilkan data (informasi) sesuai dengan keinginan penggunanya.

Agar sistem komputer dapat bekerja dengan baik, maka terdapat bagian bagian fungsional yang menjalankan fungsi komputer. Bagian aatau elemen tersebut terdiri dari manusia / operator (Brainware), perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan set instruksi (instruction set).

komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berartiapa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.

Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.

Baca juga: Literasi Teknologi, Masa Depan Dunia Virtual Abad 21

Komponen-komponen Komputer

sistem komputer - komponen sistem komputer

Komponen adalah bagian atau part yang membentuk sesuatu. Komponen Komputer berarti bagian bagian yang membentuk satu komputer sehingga bisa dioperasikan dengan baik. Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :

1. Hardware ( Perangkat Keras )

  • Processing Device
  • Input Device
  • Output Device
  • Storage Device

2. Software ( Perangkat Lunak )

  • Operating System
  • Application Program
  • Language Program

3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )

a. Hardware ( Perangkat Keras )

Hardware adalah perangkat komputer yang dapat kita amati dan sentuh secara fisik. Hardware secara fungsional dapat dibedakan sesuai dengan fungsinya, yaitu perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.

Peralatan ini umumnya cukup canggih, hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.

Processing Device (CPU)

CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit, secara fungsional adalah komponen dasar dari perangkat apa pun yang memproses data dan melakukan perhitungan matematika-komputer.

CPU menyediakan kemampuan pemrograman dan, bersama dengan memori dan perangkat input / output. Seiring waktu, mikroprosesor chip tunggal menggantikan CPU, biasanya bila istilah ini dirujuk, ini disebut sebagai mikroprosesor. Beberapa fungsi dasar CPU adalah mengumpulkan informasi, mendekodekannya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, dan menjalankan instruksi, yang kemudian dijalankannya.

ALU ( Arithmetic Logic Unit )

Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuitelektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai denganinstruksi program.

Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥) .

ALU juga dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan, penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND, OR, NOT ), dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).

CU ( Control Unit )

Unit control, mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer. Membawa data dari alat input ke memori utama. Mengambil data dari memori utama untuk diolah.

Mengirim instruksi ke ALU jika adainstruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. Membawa hasil pengolahan data kembali kememori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.

Selain itu CPU juga memiliki beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil dengan kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama.

Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :

  1. Instruction Register ( IR )

Digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.

  • Program Counter ( PC )

Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisiinstruksi berikutnya.

  • General Purpose Register

Punya kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Contoh, yang digunakan untuk menampung data disebut operand register, untuk menampung hasil disebut accumulator.

  • Memory Data Register ( MDR )

Digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPUatau menampung data yang akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.

  • Memory Address Register

Digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan. Selain register, beberapa CPU menggunakansuatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien.

Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data/instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama, baru proses selanjutnya bisa dilakukan.

Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlahblok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selaluberhubungan dengan cache memory.

Input and Output Device

I/O membolehkan komputer mendapatkan informasidari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut olehsistem komputer digital. Alat output, men-decode data kedalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.

1. Input Device

Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :

  • Keyboard
  • Pointing Device
  • Mouse
  • Touch screen
  • Digitizer Grapich Tablet
  • Scanner
  • Microphone

Output Device

Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

Alatnya antara lain adalah :

  • • Monitor
  • • Printer
  • • Speaker
  • • Storage Device

Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :

Internal Storage

Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu :

• RAM ( Random Access Memory )

Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:

1. Input Storage

Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.

2. Program Storage

Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.

3. Working Storage

Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.

4. Output Storge

Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan kealat output.

• ROM ( Read Only Memori )

Berupa sistem operasi yang terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan padasaat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting

ROM hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya.

.

Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :

  • PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.
  • EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dengan sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

External Storage

Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :

• Floppy Disk

• Hard Disk

• CD Room

• DVD

Software ( Perangkat Lunak )

Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Operating System

Sistem operasi atau operating system ialah Programdasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Perangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasidiantaranya adalah :

_ Linux

_ Windows

_ Mac OS

Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan danpembuangan software. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan.

Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

• Application Program

Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasiatau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan. Contoh :

_ Microsoft Word

_ Microsoft Excel

_ CorelDraw X4

_ Dll

Language Program

Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasidengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang

digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untukmelakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :

_ Visual basic

_ Turbo pascal

_ Delphi

Brainware

Setelah dijelaskan mengenai software dan hardware diatas, maka ada satu hal substansial dalam fungsi dan beroperasinya komputer. Bagaimana software dan hardware bisa berfungsi dan beroperasi jika tidak ada operatornya.

Seseorang yang mengoperasikan komputer itulah adalah brainware. Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. 

Istilah brainware komputer ditujukan untuk orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Secanggih-canggihnya sebuah komputer baik dari segi hardware atau software jika tidak ada brainware yang mengoperasikannya, maka fungsi hardware dan software komputer tersebut tidak akan bisa berjalan secara optimal.

Dalam pengertian lain, brainware adalah perangkat intelektual yang mampu mengeksplorasi dan menjalankan software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) komputer

Dalam konteks pengertian mungkin cukup sederhana. Namun kita harus memahami brainware dari sisi fungsi operasionalnya. Berikut jenis jenis brainware

Programmer

Programmer adalah brainware yang bertanggung jawab untuk membuat program dalam komputer. Program komputer didesain oleh programmer sesuai dengan tujuan dan maksud operasionalisasi komputer.

Dengan bantuan program tersebut membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah memakai program komputer.

Operator Komputer

Komputer yang telah terprogram tidak akan bisa beroperasi kalau tidak ada operator. Operator komputer merupakan brainware yang bertanggung jawab menggunakan sistem pengolah data berhubungan dengan komputer.

Secara sederhana, operator adalah seseorang yang menjalankan sistem komputer sesuai dengan program yang telah “tanam” didalam sistem komputer tersebut. Operator komputer hanya mengikuti instruksi dari programmer dan tidak boleh merubah apapun yang sudah dikerjakan programer.

Konsultan

Konsultan adalah brainware yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan konsultasi atau nasehat terkait dengan sistem komputer.

Seorang konsultan memiliki spesifikasi dalam bidang komputer. Misalnya, perusahaan membutuhkan komputer untuk menyelesaikan sebuah project tertentu. Dengan bantuan konsultan, perusahaan akan diberi masukan terkait dengan misalnya spesifikasi komputer, program yang dibutuhkan.

Dengan demikian, brainware yang bertugas sebagai konsultan harus paham betul pada bidangnya agar bisa memberikan nasehat dan masukan secara tepat.

Teknisi

Komputer merupakan salah satu perangkat yang memiliki resiko kerusakan dari sisi hardware dan software. Ketika terjadi trouble pada sistem komputer maka dibutuhkan tenaga ahli untuk melakukan maintenance. Tenaga ahli dalam maintenance komputer ini disebut sebagai brainware Teknisi.

Teknisi adalah salah satu brainware yang bertugas untuk maintenance semua perangkat komputer ketika terjadi masalah.

Logikanya, seorang teknisi harus memahami seluk beluk yang berkaitan dengan perangkat komputer secara komprehensif.

Spesialis Jaringan

Mayoritas perusahan, instansi dan lembaga membutuhkan sistem komputer yang terintegrasi dalam satu jaringan komputer.

Ahli sistem komputer tidak semua memahami bagaimana jaringan komputer dibangun hingga dapat dioperasikan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk membangun sebuah jaringan komputer dibutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang jaringan komputer. Dalam hal ini dibutuhkan brainware spesialis jaringan.

Spesialis jaringan adalah brainware yang sudah ahli dalam dunia jaringan komputer dan bertanggung jawab atas semua itu.

Trainer

Sesuai dengan namanya, trainer adalah orang ahli yang memberikan pelatihan, mengajarkan keahliannya kepada orang lain.

Dalam konteks sistem komputer, trainer adalah seseorang yang memiliki keahlian dan tersertifikasi (ToT) dalam bidang komputer dan bertanggung jawab memberikan pelatihan dan mengajarkan keahliannya kepada orang lain.

Project manager

Sebuah project secara ideal membutuhkan tim untuk melaksanakannya. Tim pelaksana haruslah ada pemimpin yang mengarahkan dalam penyelesaian project tersebut.

Pemimpin sebuah project dengan tugas dan tanggung jawab mengarahkan tim pelaksana dalam penyelesaian tugas inilah yang disebut Brainware project manager.

Dengan kata lain, Project manager adalah seorang brainware yang bertugas sebagai pemimpin pada project tertentu. Menjadi project manager dituntut harus memiliki kemampuan memimpin yang bagus agar project sukses.

Itulah pengertian sistem komputer dan komponen-komponennya. Sistem komputer adalah serangkaian perangkat komputer yang saling berhubungan dan berproses untuk melalakukan pengolahan data. Tujuannya untuk enghasilkan informasi sesuai dengan yang diinginkan oleh penggunanya. Sistem komputer memiliki komponen-komponen yang membentuknya menjadi satu sistem. Komponen sistem komputer dibedakan menjadi 3, yaitu hardware, software dan brainware. Terimakasih – salam literasi.

Leave a Reply