Kemeriahan Pra Acara Menyambut Satu Abad NU di Surabaya

Penyambutan satu abad NU di Jawa Timur ini ditandai dengan Pra Acara Menyambut Satu Abad NU di Surabaya. Berikut hasil pengamatan dan wawancara penulis pada acara tersebut.

Tema Satu Abad NU

Surabaya 28 Juli 2022,  keluarga Nahdlatul Ulama atau NU se Jawa Timur menghelat perayaan meriah dalam rangka pra acara penyambutan satu abad NU. Dalam perayaan satu abad NU, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menyampaikan bahwa tema satu abad NU adalah Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru.

Dalam tema yang diusung tersebut mengandung harapan besar bahwa NU diharap mampu melakukan pemberdayaan menuju NU yang lebih baik untuk menyongsong perubahan dalam menjemput abad kedua NU menuju kebangkitan yang baru.

Misi NU membumikan islam rahmatan lil alamin

Nahdlatul Ulama berdiri dengan tujuan utama melaksanakan misi Ketuhanan di muka bumi, yakni Rahmatan lil A’lamin sehingga NU diharapkan dapat mengimplementasikan fungsi dan tujuan utamanya yakni memberi rahmat untuk seluruh alam. NU tidak didirikan untuk menjadi Rahmatan lil Islam, Rahmatan lil Nahdliyin atau Rahmatan lil Indonesia, jangan sampai NU dijadikan sarana oleh pengurusnya sendiri untuk mewujudkan egoisme individual, apalagi menjadi institusi sosial kegamaan yang kaku.

NU juga harus menjadi gerakan budaya dan pemikiran Islam yang mampu menjawab tantangan masa depan Indonesia, khususnya dalam hal menghargai keberagaman dan saling menghormati antar institusi atau golongan yang berbeda-beda. dalam konteks ini sangat penting meningkatkan kecerdasan dalam memahami pluralitas indonesia dan menerapkannya moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (IndQ)

Kemeriahan Pra Acara Menyambut Satu Abad NU di Surabaya

Penyambutan satu abad NU di Jawa Timur ini ditandai dengan acara perhelatan perayaan dalam rangka pra acara satu abad NU di Surabaya. Hal itu digelar begitu meriah, dengan mengundang beberapa tokoh NU di seluruh Jawa Timur, dilengkapi dengan penampilan-penampilan yang spektakuler yang menambah perayaan menuju satu abad NU ala NU Jawa Timur semakin menakjubkan.

pra acara menyambut satu abad NU

Tak hanya itu salah satu rekan media Bangkalan yang juga ikut hadir dalam perhelatan menuju perayaan satu abad NU, Abdussalam mengatakan “setiap acara NU selalu meriah di Jawa Timur” sehingga tidak heran jika perayaan satu abad NU, meski masih pra acara sudah begitu meriah dan spektakuler.

Gelaran Atraksi Budaya dalam Pra Acara Menyambut Satu Abad NU

Kemeriahan perayaan menuju satu abad NU ini juga dihiasi dengan penampilan-penampilan spektakuler, diantaranya adalah penampilan dari seni beladiri Pagar Nusa, Barongsai, Fashion Show, dan Tari Saman. Tentu hal tersebut menambah daya Tarik tamu undangan yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Fashion Show yang dilakukan dalam perayaan penyambutan satu abad NU juga semakin menarik kala diikuti oleh tokoh-tokoh agama Jawa Timur, salah satunya adalah Lora Syaikhona Kholil.

Lora yang biasa kita kenal dengan Gus atau keturunan dari tokoh yang paham akan agama atau biasa disebut dengan Kiai. Fashion Show itu juga diikuti oleh KH Nasih dan istri yang merupakan desainer, ikut memeriahkan perhelatan ini. Dengan berbalut busana serba hijau KH Nasih dan istri tampak begitu gagah dan anggun berjalan bak seorang model diiringi musik dan seluruh pasang mata manusia tertuju kepadanya.

Perayaan ini di gelar di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, sebab Surabaya juga tak lepas dari santri dan para Nahdlatul Ulama, di Surabaya kantor Pengurus Nahdlatul Ulama pertama terletak. Dikutip dari antaranews.com, Eri Cahyadi selaku Wali Kota Surabaya juga mengungkapkan harapannya bahwa Surabaya diharapkan mampu terus bergerak membangun peradaban dan memberikan yang terbaik bagi NU.

Perayaan menyambut satu abad NU ini juga menampilkan peragaan busana muslimah dengan cara fashion show yang dilakukan dengan anggun oleh para perempuan muslim Jawa Timur. Dengan balutan busana muslim tak mengurangi esensi glamor, fashionable dan spektakuler yang ingin ditunjukan kepada para penonton yang hadir. Iringan musik yang menambah kesan tersendiri membuat para penonton kian menikmati perhelatan ini.

Secara tidak langsung perayaan menuju satu abad NU ini juga menunjukan bahwa Jawa Timur  memiliki desainer-desainer handal yang bisa membuat busana-busana muslim menakjubkan serta elok dipandang mata. Hal itu terbukti saat busana-busana tersebut dikenakan dalam ajang fashion show menuju satu abad NU di Tugu Pahlawan, Surabaya Jawa Timur pada Jum’at, 28 Juli 2022.

Tentu dalam perayaan ini juga mengandung harapan besar yang dirangkai oleh tokoh-tokoh NU dan keluarga besar NU. Harapan tersebut tak jauh dari tema yang diusung, NU mampu menuju organisasi yang bisa bermanfaat bagi umat, menyongsong perubahan yang lebih baik, bersiap pada abad ke dua dan menuju kebangkitan baru yang menjadikan NU dan seluruh keluarga NU dapat berdampak didalamnya.

Maka dengan perayaan menyambut satu abad NU yang diadakan di Surabaya, Surabaya juga berharap dapat selalu mewadahi NU dalam memberikan yang terbaik bagi umat serta keluarga besar NU, sebab Surabaya juga merupakan center NU, yangmana kantor pertama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama berada di Surabaya.

Leave a Reply