Podcast on Demands – Kelebihan dan tips Menikmatinya

Layanan Podcast on Demands  – Podcast adalah sebuah file suara atau audio yang bisa didownload dari internet untuk didengarkan seperti layaknya sebuah acara radio.

play-on-demand” dan “broadcast” itulah asal kata dari Podcast, kemudian diadopsi oleh salah satu produk Apple, iPod dan aplikasi Apple Podcasts. Podcast awalnya berasal dari pengembangan teknologi Pod (iPod) + Broadcasting.

Inspirasinya adalah bahwa Suara merupakan salah satu media yang sangat potensial dalam menyampaikan informasi. Radio termasuk salah satu media untuk kepentingan tersebut. Secara konvensional bila kita memiliki radio, maka setiap saat kita dapat mendengarkan setiap informasi yang disampaikan oleh  penyiarnya. Sekarang ini sudah ada layanan podcast on demands yang mirip radio.

Baca juga: Media sosial untuk bisnis, 12 cara untuk memulainya

Nah ketika konsep radio ini dibawa kedalam dunia digital, ternyata menemui kendala dalam hal mendapatkan materi-materi yang disiarkan. Tentunya ada kendala teknis yang berhubungan dengan sinyal internet dan bandwidth yang menyebabkan radio digital agak sulit dinikmati. 

Untuk mengatasi permasalahan itu, maka konsep Podcast pun dikembangkan. Dalam Podcast, kita dapat mengambil file podcast kapan saja dan mendengarkannya dimana saja. Podcast adalah sebuah Radio dengan konsep anytime anywhere yang cukup menarik.

Definisi dari Podcast sendiri adalah sebuah file suara atau audio yang bisa didownload dari internet untuk didengarkan seperti layaknya sebuah acara radio. Hanya saja ada satu unsur yang membedakan podcast dari sekedar proses mengupload sebuah file audio (biasanya format MP3) ke internet untuk kemudian bisa didownload, yakni teknologi sindikasi yang lebih dikenal dengan istilah RSS (Really Simple Syndication).

Dengan meng-copy paste kode RSS ke RSS Reader seperti iTunes, iPodder atau bahkan yang online yang lain seperti Google Reader, maka kita dapat berlangganan file audio tersebut. Tiap ada episode baru, maka otomatis RSS Reader akan menginformasikan bahkan otomatis mendownloadnya.

BACA JUGA  Bagaimana Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak 2022 ?

Dengan demikian, Podcast dalam pengertian yang lain sebenarnya adalah sebuah audio blog. Sebenarnya Podcast tidak hanya terbatas pada suara saja, melainkan video juga bisa, namun yang lebih popular pada umumnya adalah suara.

Selanjutnya yang dimaksud dengan podcasting merupakan suatu kegiatan pendistribusian program audio dan video via internet yang memberikan keleluasaan kepada subcriber yang tercatat untuk memilih file yang dikehendaki (atau dikenal dengan feed), yang akan didistribusikan secara broadcast sebagai program on demand. 

Podcast on Demands
klasika.kompas.id

Bagaimana mendengarkan Podcast?
 Karena Podcast adalah blog suara, maka secara sederhana anda bisa mendengarkan postingan terbaru materi podcast dengan hanya menggunakan aplikasi pemutar MP3.  Perbedaan utamanya dengan file MP3 lainnya adalah file-file Podcast didapat dengan mekanisme RSS/XML sehingga anda tidak harus selalu berkunjung ke situs ini, namun cukup berlangganan. Selain itu, anda akan mendapatkan rekaman terbaru setiap kali rekaman terbaru tersebut online.

Kategori Podcast

  1. Arts
  2. Bussiness
  3. Comedy
  4. Education
  5. Games and Hobbies
  6. Governments and Organizations
  7. Health
  8. Kids and Family
  9. Music
  10. News and Politics
  11. Religion and Spirituality
  12. Science and Medicine
  13. Society and Culture
  14. Sport and Recreation
  15. Technology
  16. TV and Films

Kelebihan Layanan Podcast on Demands

Banyak pilihan podcast yang bisa Anda dengar.

Tersedia ratusan kategori dan puluhan bahkan ratusan ribu podcast yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan hobi Anda. Jika dibandingkan dengan radio, ada berapa banyak stasiun radio di kota Anda? Ada radio untuk orang bisnis, radio untuk wanita dan sebagainya, tapi tidak terlalu banyak, kan?

BACA JUGA  Sistem Komputer (pengertian dan komponennya) lengkap

Tidak ada iklan berlebihan seperti radio

Rasanya tiap 10 menit ada iklan atau selingan lagu yang membuat perasaan tidak nyaman.

Bisa mendengarkan podcast sesuai dengan waktu yang Anda miliki.

Jadi misalkan Anda hendak melakukan jogging jam 5 pagi, Anda bisa mendengarkan podcast yang bermanfaat atau yang Anda sukai.

Otomatis menerima episode baru di smartphone 

Yang sudah di download dan siap didengarkan dari podcast yang Anda langganan. Jadi tidak perlu repot-repot lagi harus download di komputer, kemudian pindahkan filenya ke smartphone.

Podcast yang sudah didengar, bisa otomatis dihapus 

Sehingga tidak menghabiskan ruang memori di smartphone Anda. Itu adalah salah satu kelebihan utama dari podcast. Jadi itu sebabnya banyak orang beralih dari radio. Karena kita dipaksa mendengar apa yang tidak kita sukai.

Tahapan Mendengarkan dan Menikmati Layanan Podcast on Demands

Memiliki Smartphone atau Tablet (Apple IOS/ Android/ Windows Phone)

Kalau belum punya smartphone, maka belilah terlebih dahulu. Smartphone sekarang sudah murah, terutama yang berjenis Android. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah smartphone yang bagus, jangan cuma dipakai untuk main game atau facebook-an ya. Pada umumnya Anda akan lebih sering mendengarkan podcast melalui smartphone karena gadget inilah yang biasanya selalu Anda bawa kemana pun.

Apapun smartphone yang Anda pakai bisa digunakan untuk mendengarkan podcast, asalkan jenisnya smartphone. Anda bisa pakai iPhone, iPod Touch, Android Phone, Windows Phone dan Blackberry ataupun Tablet untuk mendengarkan layanan podcast.

Pilih dan Download Aplikasi untuk Mendengarkan Podcast

Anda memerlukan aplikasi/ app di smartphone Anda untuk berlangganan, mendownload dan mendengarkan layanan podcast. Ada banyak sekali aplikasi untuk mendengarkan podcast terutama di Apple IOS dan platform Android. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Saya bahas yang gratis juga karena biasanya orang Indonesia menyukai hal gratis.

BACA JUGA  Panen Metadata Dengan Aplikasi Publish or Perish (PoP)

Aplikasi berbayar biasanya memiliki kelebihan fitur-fitur penting yang kadang tidak terdapat di aplikasi gratis. Selain itu karena developernya dapat income, pengembangan aplikasinya biasanya selalu ada, kalau ada bug pun cepat diperbaiki.

Apple IOS iPhone/iPad

Untuk aplikasi yang gratis, ada dua yang bisa direkomen yaitu:

  • Anda bisa mencoba untuk memakai aplikasi bawaan dari Apple yaitu Podcast. Lumayan aplikasi standard dari pihak Apple ini. Kalau di iPad Anda tidak tersedia aplikasi ini, silakan download di App Store (yang seharusnya juga gratis).
  • Selain itu Overcast juga termasuk aplikasi podcast gratis yang terpopuler di iTunes App Store. Ada banyak orang yang memakai aplikasi ini. Memang ada opsi atau pilihan untuk berbayarnya juga untuk mensupport developernya.

Sedangkan untuk aplikasi berbayar, sebenarnya juga ada banyak tapi dua ini yang paling populer:

Android OS

Nah jika Anda menggunakan Android device (smartphone/tablet), untuk aplikasi Gratis, Anda dapat menggunakan:

Atau jika Anda menginginkan yang berbayar, yang populer dan fitur lengkap adalah :

  1. Carilah Layanan Podcast on Demands yang Ingin Anda Dengarkan

Setelah menginstall aplikasi yang ingin Anda gunakan, Anda bisa mencari podcast yang ingin Anda dengarkan melalui 2 cara di bawah ini:

  • Search nama podcast yang Anda ingin cari.

Jadi misalnya search TedTalk atau bisa juga search kategori (misal: social media).

  • Cara lainnya adalah dengan Browse Directory Podcast yang biasanya tersedia di dalam aplikasi.

Leave a Reply