Pilihan dan Manfaat Asuransi untuk pengemudi

Manfaat asuransi untuk pengemudi, pilihan asuransi bagi pengemudi mencakup perlindungan personal dan kendaraan. terdapat banyak asuransi yang dapat menjadi pilihan terbaik sesuai kebutuhan pengemudi dan pemilik kendaraan.

Saat ini produk asuransi semakin variatif, mulai dari asuransi jiwa, kematian, kehamilan hingga asuransi untuk pengemudi. Asuransi untuk pengemudi. Tentu saat ini asuransi bagi pengemudi dianggap penting. Nah, berikut ini penjelasan asuransi yang harus dipilih pengemudi!

Dengan memiliki asuransi untuk pengemudi, Anda akan memiliki asuransi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti risiko kemungkinan jatuh atau kecelakaan. Asuransi untuk pengemudi tidak hanya memberikan perlindungan bagi pengemudi, melainkan juga pilihan perlindungan bagi kendaraan dari kerusakan kecelakaan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menyimak penjelasan lengkap tentang asuransi pengemudi di bawah ini.

Pilihan dan manfaat Asuransi untuk Pengemudi

manfaat asuransi untuk pengemudi
CarroAluguel.com

Berikut penjelasan lengkap jenis asuransi yang harus dipilih pengemudi dan manfaatnya.

Jika Anda adalah pemilik atau pengemudi kendaraan maka Anda perlu tahu bahwa ada berbagai jenis asuransi kendaraan yang dapat dipilih.

Berikut adalah jenis asuransi yang dapat dipilih pengemudi:

Asuransi All-Risk

Asuransi all risk adalah asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan dari segala risiko. Terutama untuk jenis kendaraan baru. Jenis asuransi ini dapat memberikan keamanan preventif bagi kendaraan Anda, mulai dari kerusakan ringan, seperti lecet pada body kendaraan, hingga kerusakan fatal akibat kecelakaan.

Selain perlindungan di atas, asuransi all risk telah memperluas cakupan asuransinya dengan menutup biaya akibat risiko huru hara dan penambahan aksesoris pada kendaraan. Oleh karena itu, karena pertanggungan asuransi all risk mencakup semua jenis risiko, maka tidak heran jika premi yang harus dibayarkan menjadi lebih mahal.

Oleh karena itu, jika Anda berniat mendaftar asuransi jenis ini, pastikan untuk meneliti terlebih dahulu harga dan fasilitas yang ditawarkan.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi total loss only atau TLO memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan asuransi all risk. Perbedaannya hanya terletak pada klaim yang akan dibuat. Untuk asuransi TLO, Anda hanya dapat mengajukan klaim untuk mobil yang mengalami kerugian total.

Maksud dari kerugian total adalah terjadinya kerusakan kendaraan yang mencapai 75% sehingga kendaraan tidak dapat diperbaiki atau tidak dapat digunakan seperti semula.

Selain itu, kendaraan yang hilang karena disita atau dicuri juga dapat mengajukan klaim pada asuransi ini. Tentu saja, bentuk pengajuan klaim harus disertai dengan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.

Liability Insurance

Liability insurance atau asuransi pertanggung jawaban adalah asuransi yang menjamin pertanggung jawaban hukum pemegang polis atas kerugian yang dialami pihak ketiga.

Apa saja yang dapat dicover oleh asuransi ini? Pertanggung jawaban atas kerugian pihak ketiga dalam asuransi ini mencakup kerugian harta benda (property damage), maupun cidera badan (bodily injury).

Bagi pengemudi, asuransi liabilitas ini sangat penting, jika sewaktu sewaktu menyebabkan kecelakaan dan menimbulkan kerugian pihak ketiga, maka pertanggung jawaban atas kerugian tersebut, bisa diklaim dari asuransi liabilitas tersebut.

Biaya apa saya yang dapat di klaim dari asuransi ini?

Pada dasarnya setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan detail yang berbeda. Namun secara umum, biaya yang dapat dicover asuransi ini mencakup:

  • Kerugian materiil pihak ketiga. Meliputi :
  • Biaya perbaikan 
  • Biaya pembangunan kembali 
  • Biaya kehilangan uang sewa 
  • Biaya kehilangan pendapatan selama masa perbaikan
  • Klaim Kematian, cidera badan atau cacat permanen.

Klaim kerugian pihak ketiga atas Kematian, cidera dan atau cacat permanen (Third party bodily Injury) Meliputi kerugian atas:

  1. Akibat kecelakaan fatal, kematian, atau cacat tetap.
  2. Kehilangan pendapatan sementara karena tidak mampu bekerja
  3. Santunan kematian 
  4. Santunan cacat tetap 
  5. Biaya pengobatan 
  6. Kehilangan kesempatan sosialiasi, pendidikan, training, rekreasi atau kesempatan khusus lainnya 
  7. Kerugian yang bersifat emosional, stress, kehilangan akal, depresi, malu, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hubungan kekeluargaan seperti merawat anak, keguguran, atau kekerasan seksual dll 
  8. Pencemaran nama baik (defamation libel and slander), pembunuhan karakter, karir, politik dll.

Biaya pembelaan Klaim

Biaya pembelaan klaim (defend costs and expenses) seringkali merupakan komponen klaim yang paling besar dari klaim tuntutan pihak ketiga (liability). Komponen ini biasanya meliputi:

  1. Biaya pengacara (lawyer) dalam menjawab somasi, mewakili perusahaan baik dipengadilan maupun diluar pengadilan
  2. Biaya pengadilan atau beracara di pengadilan mulai dari tingkat rendah (pengadilan negeri) sampai tingkat supreme court (MA)
  3. Biaya saksi-saksi, laboratorium, surveyors, penyelidikan, investigasi yang dianggap perlu untuk pembelaan klaim.
  4. Biaya-biaya negosiasi, mediasi, arbitrasi untuk penyelesaian klaim

Untuk olebih detailnya, silahkan konsultasikan dengan perusahaan asuransi pilihan anda, agar tidak kecewa dibelakang hari.

4. Asuransi Collision coverage

Asuransi yang harus dipilih pengemudi selanjutnya adalah jenis Pertanggungan Tabrakan (Collision coverage) . Jenis asuransi ini merupakan produk asuransi yang dikhususkan untuk menutupi biaya kecelakaan mobil. Hampir sama dengan Asuransi Liabibility, tetapi asuransi Coliision Coverage tidak dapat memberikan perlindungan tambahan untuk biaya tagihan medis.

Collision coverage pada umumnya memberikan proteksi hanya kepada pemilik kendaraan. Jika ditabrak atau menabrak kendaraan lain, ataupun menabrak benda yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan.

Perlu diingat bahwa jenis asuransi ini hanya memberikan perlindungan untuk kerusakan pada kendaraan akibat kecelakaan. Asuransi ini juga tidak mencakup semua kerusakan yang terjadi pada kendaraan apabila kendaraan tersebut mengalami beberapa hal.

Kerugian yang tidak dapat ditanggung asuransi ini misalnya: kehilangan kendaraan akibat pencurian, kerusakan akibat huru hara, vandalism, banjir, kebakaran atau menabrak hewan. Namun, meskipun demikian, asuransi ini cukup membantu bagi pengemudi atau pemilik kendaraan jika sewaktu mengalami kerusakan kendaraan akibat insiden kecelakaan atau menabrak benda lain.

5. Perlindungan Cedera Pribadi (Personal Injury Protection)

Nah, jenis asuransi pengemudi yang terakhir adalah Personal injury protection. Asuransi ini menawarkan perlindungan khusus atas risiko pengemudi mengalami kecelakaan karena kesalahannya sendiri saat mengemudikan kendaraannya. Tak hanya itu, perusahaan asuransi juga bisa menawarkan biaya tambahan sebagai ganti rugi atas kecelakaan yang menimpa pengemudi.

Kelebihan asuransi Personal Injury Protection ini adaah kerugian yang dijamin cukup lengkap, tidak hanya risiko kematian, akan tetapi juga mencakup cacat tetap, biaya pengobatan yang secara langsung diakibatkan oleh suatu kecelakaan. Uniknya, Jenis kecelakaan tersebut tidak hanya terbatas pada kecelakaan lalu lintas saja.

Manfaat Asuransi Kendaraan atau Pengemudi

Setelah mengetahui jenis asuransi yang harus dipilih pengemudi, kini saatnya Anda mengetahui manfaat memiliki asuransi kendaraan atau pengemudi.

baca juga: Inilah 7 Manfaat Perlindungan Asuransi Jiwa!

1. Membantu Mengatur Keuangan Anda

Saat kendaraan Anda mengalami kerusakan, tentunya hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan Anda. Misalnya, jika kendaraan Anda rusak karena kecelakaan, Anda harus menggunakan tabungan Anda untuk memperbaikinya jika Anda tidak memiliki asuransi.

2. Solusi Saat Mengalami Kerugian

Tentu Anda tahu bahwa ada beberapa jenis asuransi yang menawarkan jasa penjemputan kendaraan Ketika terjadi kerusakan. Nah, jika Anda memiliki asuransi kendaraan atau pengemudi Anda cukup menghubungi perusahaan asuransi untuk mengajukan klaim jika terjadi kerusakan pada kendaraan.

3. Menanggung biaya sewa mobil dan derek

Jika Anda memiliki asuransi kendaraan maka Anda tidak perlu khawatir dengan biaya derek atau sewa mobil. Jika kendaraan Anda masih dalam perbaikan, asuransi akan menanggung biaya sewa mobil atau taksi Anda. Tentunya dengan syarat-syarat yang telah disepakati bersama.

Itulah penjelasan tentang asuransi yang harus dipilih oleh pengemudi (Asuransi kendaraan). Anda bisa memilih salah satu dari jenis asuransi tersebut yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini membantu.

Leave a Reply