Pesona Pariwisata Madura dari 4 Kabupaten

Potensi pariwisata

pariwisata madura : Pariwisata merupakan kegiatan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dengan tujuan rekreasi, liburan, pengobatan, studi maupun bisnis dengan waktu kurang dari 1 tahun. Pariwisata saat ini menjadi kebutuhan masyarakat ditengah kesibukan dan kepenatan aktifitas.

Secara akademik, pariwisata menjadi alternatif pembangunan bagi daerah yang secara sumberdaya belum atau tidak siap untuk melakukan pembangunan industrialisasi. Namun, belakangan pwriwisata justeru menjadi pilihan strategi pembangunan untuk peningkatan ekonomi.

Objek atau destinasi wisata sangat beragam. Mulai dari atraksi sumberdaya alam, atraksi sumberdaya sosial, atraksi artifisial. Pariwisata juga memiliki tricle down effect pengembangan sektor lainnya. Sebagai industri, pariwisata ditopang oleh berbagai sektor industri penguat lainnya. Diantaranya, industri travel perjalanan, kuliner, penginapan, souvenir dan tentunya UMKM.

Di Indonesia sendiri, beberapa daerah pendapatannya bertumpu pada industri pariwisata, misalnya Yogyakarta, Bali, Malang. Sementara itu, dengan pariwisata banyak desa mencapai predikat desa mandiri, dan bahkan mendapatkan penghargaan internasional. Sperti desa panglipuran di Bali merupakan wisata desa adat yang mendapat predikat desa terbersih ke 2 di dunia. Desa sekapuk dengan wisata Stigi mendapatkan predikat “Indonesian The Most Potential Destination Award 2020”. Dan beberapa desa di jawa tengah (desa Ponggok) yang memiliki pendapatan fantastik hingga 15 milyard / tahun. di yogyakarta juga tidak sedikit desa yang memiliki pendapatan milyaran dari sektor pariwisata.

Berbicara mengenai objek pariwisata di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Sudah diketahui bahwa indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan tempat-tempat pariwisata seperti Bali, Wakatobi, Kepulauan seribu dan masih banyak wisata-wisata lainnya.

Seluruh negara diduniapun sudah mengenal Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman suku, budaya, bahasa, agama, kebiasaan, adat istiadat, flaura dan fauna dari Sabang sampai Merauke yang disatukan dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Indonesia juga dikenal sebagai negara kepulauan dengan masing-masing pulau memiliki keindahan alam yang sangat berpotensi menjadi pusat pariwisata terbaik didunia salah satunya Pulau Madura.

Pariwisata Madura

Pulau Madura merupakan pulau yang berada di sebelah timur Pulau Jawa. Pulau ini termasuk pada provinsi Jawa Timur yang memiliki empat kabupaten yang diantaranya: Pertama, Kabupaten Bangkalan merupakan kabupaten yang terletak diujung paling barat Pulau Madura yang berbatasan dengan Kabupaten Sampang disebelah timur dan Laut Jawa disebelah utara.

Dikabupaten Bangkalan terdapat jembatan yang menghubungkan Pulau Madura dengan Pulau Jawa, jematan itu diberi nama Jembatan Suramadu. Adanya Suramadu ini Kabupaten Bangkalan menjadi gerbang utama masuknya segala hal yang berasal dari luar Pulau Madura, salah satunya destinasi pariwisata pilihan di Jawa Timur baik dalam kebudayaannya, keindahan alamnya, wisata religi maupun wisata kulinernya.

BACA JUGA  Budaya gotong royong dalam proses pembangunan desa Mejasem barat kecamatan Kramat kabupaten Tegal

berikut daftar pariwisata Madura dari 4 kabupaten di madura, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Berikut daftar wisata yang ada di Madura

Pariwisata Madura di kabupaten Bangkalan

Wisata Budaya

Kerapan Sapi

            Kerapan sapi adalah perlombaan adu cepat sepasang sapi yang dikendarai atau dibantu joki. Perlombaan ini biasanya dilaksanakan satu tahun sekali setiap bulan agustus yang penempatannya bergilir sesuai dengan kesepakatan bersama. Akan tetapi jika di Bagkalan sendiri, Kerapan sapi di laksanakan di Stadion Kerapan Sapi RP. Moh. Noer.

Kerajinan Batik

Pusat kerajinan batik di Bangkalan terletak di daerah Tanjung Bumi. Batik yang terkenal di daerah ini yaitu batik gentongan. Tidak hanya batik gentongan didaerah ini juga terdapat batik yang bermotif per-kapper, serat kayu, ramo, rongterong. Ciri khas dari batik Pulau Madura yaitu berwarna merah yang menandakan keberanian masyarakat Madura. dan warna-warna tajam lainnya.

Wisata Alam

Pantai Siring Kemuning dan Pantai Rogkang

Madura yang berdekatan dengan Laut Jawa, menjadikanya memiliki objek wisata pantai salah satnya Pantai Siring Kemuning. Pantai ini teletak di daerah Tanjung Bumi, Bangkalan. Pantai ini sering kali dijadikan tempat liburan dan berfoto ria karena keindahan alamnya yang sangat memukau. Selain Pantai Siring Kemuning, ada juga Pantai Rongkang yang terletak di Desa Kwanyar Barat Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Dinamakan rongkang karena batu-batu yang berada di pantai itu rokang (berlubang). Sayangnya, kedua pantai ini masih belum mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat mengenai kebersihannya maupun fasilitasnya.

Bukit Kapur Arosbaya dan Bukit Kapur Jaddih

pariwisata madura bukit jaddih
inews.id

Selain destinasi wisata pantai, kabupaten bangkalan juga menyediakan wisata bukit kapur. Kedua wisata bukit kapur tempat bekas pengerukan tambang bukit kapur yang membentu pahatan-pahatan yang menarik perhatian wisatawan. Walaupun sekedar bukit kapur, tempat ini sering dikunjungi oleh banyak wisatawan untuk berlibu dan berfoto-foto ria,apalagi dibukit kapur Jaddih juga menyediakan kolam renang dan danau biru.

Pantai dan Mercusuar Sembilangan

Mercusuar ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang terletak di Desa Sembilangan. Mercusuar tersebut digunakan sebagai pengatur lalu lintas kapal yangeradadi selat Madura.

Wisata Hutan Mangrove Sepulu

Tidak hanya di Surabaya, Madura juga memiliki hutan mangrove yang sengaja ditanam dan dikembangkan oleh masyarakat sekitar untuk menahan ombak besar dan tempat berkembang biaknya ikan-ikan.

Wisata Religi

Pesarean Aer Mata Ebhu

Pesarean ini merupakan tempat makan dan petapaan seorang ibu yang bernama Syarifah Ambami yang terletak di daerah Arosbaya. Tempat ini pasti dikunjngi apabila saat tour keliling Madura.

Bukit Geger

Bukit geger merupakan peninggalan sejarah di Pulau Madura yang konon katanya sebagai tempat berpijaknya manusia di Pulau Madura. Selain itu, dibukit tersebut ada makam pahlawan dan petilasan Potre Koneng, rimbunan pohon yang menarik dijadikan spot foto dan biasanya ada monyet-monyet yang berkeliaran di tempat dan rimbunan pohon tersebut.

BACA JUGA  Teori sumberdaya Mаnuѕіа

Pesarean Syaichona Cholil

Pesarean Syaichona Cholil merupan tempat makam ulama besar yang turut andil dalam pembentukan organisasi NU yang terletak di Desa Martajesah.

Pesarean Sunan Cendana

Pesarean Sunan Cendana merupakan tempat makam Sunan Cendana (Syeikh Zinal Abidin) yang terletak di Desa Ketetang Kecamatan Kwanyar. Konon katanya keturunan dari Sunan Cendana tidak diperbolehkan makan Ikan Mondung karena jika makan akan menyebakan penyakit kulit.

Wisata Kuliner :

 Tajin Sobih, Bebek Sinjay, Nasi Serpang, Rujak,Kue Bungko

Pariwisata Madura di kabupaten Sampang

Kedua Kabupaten Sampang, Sampang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Pualu Madura. Sampang memiliki banyak potensi alam untuk dijadikan objek pariwisata, diantaranya :

Pantai camplong

Pantai ini banyak didatangi oleh wisatawan jarena pantainya yang landai dan pasirnya yang putih bersih sangat memanjakan untuk menikmati keindahan pantai ini. Apalagi saat sunset, keindahan sunsetnya tidak kalah indah dengan sunset di pantai kuta Bali.

Waduk Nepa

Waduk ini juga menyediakan panoram yanag sangat indah dan kita dapat berfoto-foto disana. Selain itu kita juga bisa bercengkrama dengan monyet-monyet di kawasan hutan kera Nepa.

Air Terjun Toroan

Air terjun yang satu ini cukup unik karena air yang turun dari air terjun ini langsung menuju ke laut. Suasana hijau di sekitar obyek wisata air terjun ini akan menambah keeksotisannya.Selain itu, tempatnya yang masih alami dan belum terjamah banyak wisatawan membuat keaseiannya tetap terjaga.

Pulau mandangin

Pulau mandangin merupakan pulau yang terletak di kabupaten Sampang. Yang dahulunya menjadi tempat pengasingan orang yang memiliki penyakit menular. Tetali janagn takut, pulau ini sekarang dijaga keamanannya. Pulau ini menyediakan pangai yang sangat cantik dan untuk akses kesana kita bisa menaiki perahu motor.

Wisata kulinernya terdiri dari :

Kaldu sumsum, nasi jagung, nasi kobel dan masih banyak yang lainnya

Pariwisata Madura di kabupaten Pamekasan

Ketiga Kabupaten Pamekasan, Pamekasan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Pualu Madura. Sampang memiliki banyak objek pariwisata, diantaranya :

Api Tak Kunjung Padam

Wisata ini sudah terkenal seantero Madura, karena keajaiban Api yang tak pernah padam di tempat ini kita bisa bakar-bakar jagung atau makanan lainnya dengan memanfaatkan api yang abadi tersebut.

Wisata Bukit Waru

Bukit yang terletak di kota pemekasan berada di tengah tengah desa waru barat dan waru timur. Bukit ini cocok buat anda yang suka berfoto-foto karena pemandangan alam yang sangat mempesona. Dari bukit ini anda juga bisa melihat keindahan kota pemekasan yang masih asri.

Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah tempat hunting di Pamekasan yang sangat bagus. Bukit Cinta Pamekasan Madura memiliki berbagai jenis permainan wahana dan merupakan tempat rekreasi yang sangat tepat untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga.

Wisata kuliner

terdiri dari kaldu kokot, rujak tajin, sate lalat, nasi jhajan, nasi ramoy, gambir dan masih banyak yang lainnya.

Wisata religi

Wisata religi paling terkenal di Pamekasan salah satunya adalah Pesarean Batu Ampar yang sering dikunjungi terutama saat ingin mengelilingi Madura.

Pariwisata Madura di kabupaten Sumenep

 Sumenep merupakan kabupaten yang berada di laling ujung. Kabupaten ini memiliki banyak pulau-pulau dan setiap pulau meniliki ciri khas masing-masing.Berbicara sumenep, memang tak pernah habisnya dengan pesona alamnya. Sumenep juga terkenal akan objek wisatanya yang diantaranya :

BACA JUGA  Teori Dekonstruksi Jacques Derrida (1930 – 2004)

Pulau Gili Labak

Pulau Gili Labak merupakan surganya wisata di Pulau Madura. Di sini kita bisa menikmati hamparan pasir putih yang terbentang luas di sepanjang pulau. Ombaknya pun cukup tenang, airnya jernih, dan masih banyak pula terdapat terumbu karang yang masih alami di sini. Jadi kita bisa bersnorkling ria disini.

Pulau Giliyang

Pulau Giliyang pernah dinobatkan sebagai lokasi yang memiliki kadar oksigen terbaik sedunia pada tahun 2011 lalu. Tapi tak hanya udaranya yang bersih, Pulau ini juga menyediakan pasir pantai yang putih dan ditambah lagi dengan ombaknya yang tenang dan keramahan warganya.

Pulau Gili Genting

Di Pulau Gili Genting terdapat sebuah pantai yang masih alami dan bersih. Namanya Pantai Kahuripan. Perjalanan menuju pulau Gili Genting ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama, lantaran harus menyeberangi lautan dengan menggunakan perahu motor.

Pulau Sepeken

Pulau Sapeken ini menjadi salah satu pulau yang dipenuhi dengan terumbu karang yang sangat memukau. Disini kita jug bisa snorkling melihat keasrian terumbu karangnya.Walaupun perjalanan menuju pulau ini memerlukan waktu yang cukup lama, hal itu akan terbayarkan saat kita sudah sampai di pulau ini.

Pantai Lombang

Pantai Lombang merupakan Salah satu pantai yang paling terkenal di Sumenep. Dipantai ini kita bisa menikmati deburan ombak yang cukup tenang dan pasir putih yang sangat halus, kamu pun akan disuguhi rimbunnya pohon cemara udang yang berjajar mengikuti garis bibir pantai.

Boekit Tinggi Daramista

Bukit ini menyuguhkan pemandangan yang memukau, lengkap dengan beberapa gubuk-gubuk kecil dan kolam-kolam yang terdapat di sekitar lokasi. Dimalam hari, kamu juga bisa menikmati gemerlap lampu-lampu kecil yang dilekatkan di atas pepohonan. Disini juga menywsediakan beberapa spot foto yang instagramanble.

Wisata religi

Wisata religi yang berada di kabupaten Sumenep salah satunya Asta tinggi. Asta tinggi merupakan makam-makam raja-raja Sunenep. Asta Yusuf di Talango Sumenep

Wisata kuliner

Kuliner yang terkenal di Kabupaten Sumenep diantaranya kue apen, rujak cingur,lontong campur, man-reman, macho, pattola, mento dan masih banyak kuliner-kuliner di kabupaten Sumenep

Keempat kabupaten tersebut memiliki ciri khas dan keindahan alam di masing-masing daerahnya yang cukup berpotensi menjadi objek wisata. Objek wisata di Pulau Madura saat ini sedang diminati oleh banyak orang, baik orang-orang asli Pulau Madura maupun orang-orang dari luar Pulau Madura.

Dari hal inilah strategi untuk mewujudkan pariwisata Madura bisa untuk dilakukan, mulai dari memperkenalkan pariwiasata dan kebudayaannya, mempromosikan, dan mengajak teman-teman kita yang berasal dari dalam maupun luar pulau Madura untuk berpariwisata di Madura serta menceritakan pariwisata yang ada di Madura, karena ketika mereka kembali ke daerah asal mereka akan mereka ceritakan juga pada teman-teman mereka sehingga pariwisata di Madura bisa dikenal luas oleh masyarakat dalam maupun luar pulau Madura.

By: Yaniul Husnia, Mahasiswa Prodi Sosiologi universitas Trunojoyo

Leave a Reply