Pentingnya Literasi Digital pada kehidupan saat ini

Banyak orang yang belum memahami pentingnya literasi digital bagi kehidupan. Padahal di zaman modern seperti sekarang, literasi digital memegang peranan yang sangat penting untuk kesuksesan.

Tentu Anda memahami bahwa kehidupan selalu mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu pemahaman terhadap realitas tidak boleh berhenti hanya pada suatu hal saja.

Sebab jika pemahaman seseorang berhenti pada satu hal saja, ia akan tertinggal oleh kemajuan zaman. Sehingga orang tersebut tidak akan mampu bersaing untuk mendapatkan kesuksesan.

Hal inilah yang menuntut Anda untuk terus belajar dan mendapatkan pemahaman baru. Melalui artikel ini, kami akan menunjukkan pentingnya melakukan peningkatan pemahaman khususnya dalam bidang digital atau teknologi.

Pengertian Literasi Serta Nilai Pentingnya Bagi Kehidupan

Sebelum kami membahas tentang pentingnya literasi digital, sebelumnya kami akan membahas tentang pengertian literasi secara umum. Sehingga akan mempermudah Anda untuk memahami tentang literasi digital.

Pentingnya Literasi Digital
Lesson Learning Literacy Knowledge Education Concept

Sebab hingga saat ini masih banyak orang yang keliru dalam mendefinisikan literasi. Banyak yang memiliki anggapan bahwa literasi hanyalah kemampuan untuk bisa membaca dan menulis.

Pada beberapa tahun lalu, pengertian ini mungkin bisa dianggap tepat. Namun seiring berjalannya waktu, definisi terhadap literasi menjadi semakin luas dibanding hanya membaca dan menulis saja.

Selain kemampuan dalam membaca dan menulis, literasi juga merupakan sebuah konsep untuk menggambarkan pemahaman dan kemampuan seseorang. Oleh karena itu pada saat ini sudah muncul beragam jenis literasi.

Tentunya literasi sangatlah penting bagi seseorang dalam menjalani hidup. Bukan hanya pentingnya literasi digital, namun literasi secara umum memiliki peranan besar untuk menentukan kualitas hidup seseorang.

BACA JUGA  Pemberdayaan Pendidikan Melalui Literasi Digital

Seseorang yang memiliki literasi artinya memiliki pemahaman dan kemampuan akan suatu hal. Pemahaman dan kemampuan tersebut merupakan modal dasar yang akan digunakan dalam menjalani hidup.

Tanpa memiliki pemahaman dan kemampuan, seseorang tidak akan mampu melakukan sesuatu hal. Bahkan dalam literasi paling dasar, yaitu membaca dan menulis adalah syarat dasar dari berkomunikasi.

Di masa sekarang, orang-orang yang tidak mampu membaca dan menulis akan sangat sulit dalam menjalani hidup. Sehingga mereka juga tidak akan memiliki pemahaman dan pengetahuan pada hal lainnya.

Oleh karena itulah sangat penting bagi setiap orang untuk mengusahakan agar menjadi individu yang terliterasi. Karena dengan begitu orang tersebut akan lebih mudah dalam menjalani kehidupan.

Beragam Jenis Literasi Pada Masa Kini

Anda telah memahami bahwa literasi adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan. Selain itu, Anda juga tahu bahwa literasi juga bukan hanya sebatas memiliki kemampuan membaca dan menulis saja.

Berikut adalah beberapa jenis literasi yang ada di masa sekarang. Pastikan Anda memiliki seluruh literasi berikut agar lebih mudah dalam mencapai kesuksesan di dalam kehidupan.

  • Literasi Baca Tulis

Merupakan literasi paling dasar yang harus dimiliki oleh seseorang. Literasi baca tulis adalah kemampuan seseorang dalam memahami teks tulis, baik tulisan dengan maksud eksplisit ataupun implisit.

  • Literasi Numerasi

Literasi numerasi adalah pemahaman dan kemampuan seseorang dalam menggunakan simbol dan angka matematika dasar. Hal ini sangat penting untuk membuat perhitungan, prediksi dan pengambilan keputusan.

  • Literasi Digital/Teknologi

Literasi yang selanjutnya adalah literasi digital atau teknologi. Pentingnya literasi digital di dalam hidup sangat terikat erat dengan kondisi perkembangan atau kemajuan zaman yang begitu pesat

  • Literasi Sains

Literasi sains merupakan pemahaman dan kemampuan seseorang dalam hal ilmiah. Bukan hanya pemahaman dalam hal uji coba laboratorium, literasi sains juga meliputi pengetahuan ilmiah tentang fenomena alam.

  • Literasi Finansial
BACA JUGA  Hosting Gratis 1 Tahun Unlimited

Literasi finansial adalah pengetahuan dan kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan. Literasi ini memiliki dampak langsung pada bagaimana cara seseorang mendapatkan kesejahteraan finansial di dalam hidup.

  • Literasi Budaya dan Kewargaan

Merupakan literasi yang membantu seseorang dalam memahami dan memosisikan diri di dalam masyarakat. Hal ini sangat penting agar seorang individu dapat diterima oleh masyarakat dan terjalin hubungan yang baik.

Pentingnya Literasi Digital Dalam Kehidupan

Anda pasti menyadari bahwa kehidupan di masa sekarang berbeda dari 10 – 20 tahun yang lalu. Sebab sudah tentu kehidupan akan selalu mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu.

Salah satu aspek di dalam kehidupan yang mengalami perkembangan paling cepat adalah dunia digital atau teknologi. Oleh karena itu memiliki literasi digital atau teknologi sangatlah penting karena alasan berikut.

  1. Membantu Mendapatkan Informasi

Perkembangan teknologi dan dunia digital telah membantu banyak orang untuk mengakses informasi secara lebih mudah. Contoh sederhananya seperti kehadiran internet dan Google yang membuat Anda dapat memahami segala hal.

Sehingga dengan literasi digital, percepatan dalam memahami dunia akan meningkat hingga berkali-kali lipat. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk bersaing dan mendapatkan kesuksesan dari kompetisi internasional.

Kehadiran teknologi adalah untuk memberikan kemudahan dalam hidup. Karena itulah salah satu pentingnya literasi digital dan teknologi adalah agar proses menjalani hidup menjadi semakin mudah.

Jika seseorang tidak memiliki literasi digital, maka artinya ia tidak akan mampu menggunakan teknologi yang tersedia. Sehingga orang tersebut akan lebih sulit untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

  • Meningkatkan Kualitas Individu

Dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi dan melakukan segala sesuatu, pada akhirnya akan meningkatkan kualitas individu. Sebab seseorang akan menjadi semakin mudah untuk belajar dan berkembang.

BACA JUGA  6 Aplikasi Edit Foto Terbaik! anda wajib tahu

Cara Memanfaatkan Teknologi Dalam Kehidupan

Setelah memahami pentingnya literasi digital dan teknologi, maka pertanyaan yang perlu dijawab adalah cara untuk memanfaatkan teknologi. Sebab perlu diakui bahwa banyak teknologi yang saat ini belum dioptimalkan dengan baik.

Sebenarnya memanfaatkan teknologi di dalam kehidupan bukanlah hal sulit. Berikut ini adalah cara mengenai bagaimana memanfaatkan suatu teknologi di dalam kehidupan yang bisa Anda lakukan.

  1. Memahami Masalah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa memanfaatkan teknologi adalah dengan memahami masalah. Sehingga Anda dapat mengetahui tujuan penggunaan teknologi tersebut di dalam kehidupan.

  • Memahami Cara Kerja Teknologi

Hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk memanfaatkan teknologi adalah dengan memahami cara kerjanya. Sehingga Anda bisa mengerti proses penggunaan teknologi tersebut dalam memecahkan masalah di dalam kehidupan.

  • Mengakses Teknologi

Pentingnya literasi digital tidak akan terwujud jika akses terhadap teknologi tidak ada. Oleh karena itu sangat penting bagi setiap orang untuk dapat mengakses teknologi yang ada.

  • Menggunakan Teknologi

Proses pemanfaatan teknologi tentu dilakukan dengan menggunakan teknologi tersebut berdasarkan pada cara kerja yang telah dipahami. Sehingga kehadiran teknologi bisa benar-benar memberi manfaat pada hidup.

  • Pengembangan

Teknologi harus selalu dikembangkan untuk menemukan teknologi-teknologi baru yang lebih mutakhir dan maju. Sehingga teknologi tersebut akan lebih mampu memberi kemudahan pada manusia untuk melakukan berbagai aktivitas.

Melihat peranan yang dimiliki oleh teknologi pada masa sekarang, membuat semua orang wajib untuk memahaminya. Karena jika tidak, maka mereka akan tertinggal dan hidup dengan cara yang sulit.

Untungnya akses pada teknologi dan dunia digital di masa sekarang sudah terbuka lebar. Mengingat pentingnya literasi digital, maka kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Leave a Reply