Penggunaan Teknologi di Dunia Finansial yang perlu kamu Tahu

Saat ini Anda dapat dengan mudah menemukan contoh pemanfaatan teknologi di dunia finansial. Hal ini juga yang membuat pengetahuan terhadap teknologi menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang.

Sayangnya pengetahuan tentang teknologi atau literasi teknologi di sebagian masyarakat di Indonesia masih terhitung rendang. Hal ini bisa dilihat dari persebaran penggunaan teknologi yang belum merata di seluruh daerah.

Tentunya hal ini harus segera diatasi agar masyarakat dapat bersaing dengan perkembangan zaman. Salah satu cara terbaik adalah dengan menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya literasi digital.

Melalui artikel ini, kami akan menunjukkan salah satu nilai penting dari teknologi khususnya di dalam dunia finansial. Sehingga diharapkan semakin banyak orang yang mau menumbuhkan literasi teknologi di dalam diri.

Hubungan Teknologi dengan Dunia Finansial

teknologi di dunia finansial

Sebelum kami membahas tentang pemanfaatan atau penggunaan teknologi di dunia finansial, kami akan membahas hubungan di antara keduanya. Sebab sebenarnya hubungan teknologi dan finansial tidak bisa dipisahkan.

Bagi Anda yang belum tahu, finansial membicarakan tentang keuangan. Bukan hanya persoalan pendapatan per bulan, namun dunia finansial membahas mengenai pengelolaan keuangan mulai dari menabung, investasi, pinjaman dana dan sebagainya.

Oleh karena itu finansial pasti akan membicarakan tentang uang. Perilaku masyarakat terhadap uang sendiri terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu sama seperti perkembangan terhadap teknologi.

Pasti Anda sudah memahami bahwa sebelum berlakunya mata uang, masyarakat menggunakan sistem barter. Tentunya sistem barter sangat menyulitkan karena tidak adanya satuan universal untuk menukar barang.

Sehingga mulailah masyarakat membuat uang sebagai alat untuk mempermudah proses transaksi. Maka sebenarnya dapat dikatakan pada awal kemunculannya, uang adalah sebuah teknologi di dunia finansial.

BACA JUGA  Peran Umkm Pada Pembangunan Ekonomi Di Masa Covid 19

Sebab uang memenuhi unsur dari teknologi yaitu sebuah alat yang memudahkan manusia. Meski memang jika menggunakan konteks di masa sekarang, menyebut uang sebagai teknologi adalah hal aneh.

Terlepas dari hal tersebut, fakta bahwa penggunaan uang memang ditujukan untuk mempermudah manusia tidak bisa dilupakan. Hal ini terbukti dengan semakin berkembangnya bentuk uang dari waktu ke waktu.

Pada masa dahulu, uang memiliki bentuk yang jauh berbeda dari masa sekarang. Bahkan beberapa ahli menyebut bahwa uang koin muncul sejak sebelum masehi, sedangkan uang kertas pada tahun 100 masehi.

Artinya dibutuhkan lebih dari 100 tahun dari penggunaan uang koin hingga munculnya uang kertas. Di masa sekarang juga telah mengenal jenis uang baru yaitu uang digital.

Bentuk Pemanfaatan Teknologi di Dunia Finansial

Kehadiran teknologi di dalam dunia finansial bisa Anda lihat pada banyak aspek. Berikut adalah beberapa contoh dari bentuk pemanfaatan teknologi di dalam dunia finansial yang perlu Anda ketahui.

  • Perubahan Bentuk Uang

Seperti kami singgung sebelumnya bahwa saat ini telah mulai dikenal uang digital. Tentunya kehadiran uang digital tersebut merupakan salah satu pemanfaatan teknologi yaitu dengan mengubah bentuk uang.

Jika sebelumnya Anda harus membawa uang koin atau kertas dalam berbelanja, maka sekarang Anda sudah tidak perlu melakukannya. Terlebih penggunaan uang digital juga memberi banyak kemudahan.

Salah satu contoh dari kemudahan penggunaan uang digital adalah efisiensi tempat. Saat ini Anda sudah tidak perlu membawa dompet tebal untuk membawa uang dalam jumlah banyak. dan bahkan menjadi trend baru dalam bentuk Aplikasi Financial technology (fintech)

  • Kemunculan Instrumen Investasi Baru

Salah satu bentuk dari penggunaan teknologi di dunia finansial adalah munculnya beragam instrumen investasi baru. Beberapa contoh instrumen investasi tersebut seperti saham, cryptocurrency dan NFT.

BACA JUGA  Bisnis Online - Peluang, tantangan dan tips

Pada puluhan tahun lalu, tentu bentuk-bentuk instrumen investasi tersebut belum dikenal bahkan belum ada. Instrumen investasi tersebut lahir karena adanya perkembangan teknologi seiring berjalannya waktu.

  • Kemudahan Proses Peminjaman Uang

Proses meminjam uang atau berutang tidak bisa dilepaskan di dalam dunia finansial. Kehadiran teknologi telah membawa banyak kemajuan pada proses peminjaman uang sehingga menjadi lebih mudah dan cepat.

Saat ini Anda tidak lagi harus mencari orang yang dikenal untuk meminjam uang. Anda bisa meminjam uang dari bank dalam bentuk kartu kredit, pinjaman kredit atau berbagai bentuk pinjaman lainnya.

Manfaat Penggunaan Teknologi di Dunia Finansial

Tentunya penerapan teknologi pada bidang finansial memberikan banyak manfaat. Sebab memang salah satu tujuan utama dari hadirnya teknologi adalah untuk memberikan kemudahan kepada manusia yang menggunakannya.

Begitu juga di dalam dunia finansial, teknologi telah memberi banyak kemudahan. Selain kemudahan, masih terdapat banyak manfaat dari kehadiran teknologi seperti beberapa contoh berikut ini.

  • Meningkatkan Keamanan

Bayangkan Anda pergi berbelanja dengan membawa dompet berisi puluhan juta di dalamnya. Tentu Anda akan lebih was-was dan khawatir jika terjadi suatu tindakan kriminalitas yang membuat Anda kehilangan uang tersebut.

Dengan adanya teknologi, Anda sudah tidak perlu lagi terlalu khawatir seperti sebelumnya. Sebab teknologi membuat Anda lebih aman dari baik dari tindakan kriminalitas seperti pencurian atau kehilangan.

  • Meningkatkan Kecepatan

Kehadiran teknologi di dunia finansial juga membuat segala urusan menjadi lebih cepat. Sebab saat ini proses transaksi dan pengiriman uang bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit bahkan detik.

Contoh saja jika Anda ingin membeli sebuah saham untuk berinvestasi. Maka Anda cukup membuka aplikasi lalu melakukan pembelian dan dalam beberapa menit pembelian tersebut sudah berhasil.

  • Menyebarkan Akses Pendanaan

Hal penting lain di dalam dunia finansial adalah perihal pendanaan. Pendanaan sendiri adalah suatu proses seseorang atau pihak tertentu dalam mendapatkan dana untuk menjalankan usaha.

BACA JUGA  Cara Membuat Company Profile yang Menarik Untuk Meningkatkan Kepercayaan Customer

Adanya teknologi membuat akses terhadap pendanaan semakin tersebar. Sehingga pihak-pihak yang sebelumnya sulit mendapatkan pendanaan menjadi bisa mendapatkan pendanaan untuk menjalankan usaha dengan memanfaatkan teknologi.

Memanfaatkan Teknologi di Dunia Finansial Membutuhkan Kehati-hatian

Maka tidak salah jika menyebutkan bahwa teknologi sangat penting bagi dunia finansial. Namun sayangnya, perkembangan teknologi tersebut justru disalahgunakan oleh sebagian orang untuk melakukan tindakan kriminalitas.

Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi tetap memerlukan kehati-hatian agar Anda tidak terjebak pada tindakan kriminalitas. Sebab setelah terjebak, Anda akan sangat sulit untuk keluar dari jebakan tersebut.

Beberapa bentuk penyalahgunaan teknologi tersebut seperti adanya pinjaman online ilegal, suburnya investasi bodong dan maraknya penipuan. Tentunya sudah banyak orang yang terjebak dan terkena masalah ini.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menumbuhkan literasi teknologi dan literasi finansial di masyarakat. Sebab selama memiliki pemahaman, maka seseorang akan sulit ditipu.

Justru orang-orang yang mudah ditipu adalah mereka yang tidak begitu paham tentang teknologi di bidang finansial. Sehingga mereka hanya mengikuti alur pembicaraan yang pada akhirnya membuat mereka merugi.

Tentunya hal ini menjadi tugas bersama untuk menumbuhkan literasi teknologi dan literasi finansial di masyarakat. Cara paling mudah dapat dilakukan dengan menumbuhkannya pada diri sendiri dan orang terdekat.

Dengan hadirnya teknologi di dalam bidang finansial, akan membantu masyarakat dalam mendapatkan kesejahteraan. Namun penggunaan teknologi tersebut harus diiringi dengan literasi teknologi dan literasi finansial yang baik. selain itu penggunaan Fintech juga diatur oleh peraturan negara untuk melindungi masyarakat.

Dengan adanya literasi yang baik, maka pemanfaatan terhadap teknologi juga akan meningkat. Sehingga kehadiran teknologi di dunia finansial bisa benar-benar memberikan kebaikan pada banyak orang termasuk Anda.

Leave a Reply