Pengertian Definisi dan 4 Jenis definisi

Pengertian Definisi Secara etimologi berasal dari bahasa latin de dan defire yang berarti membatasi (Lorenz Bagus, 2005: 150). Kata atau kalimat yang menjelaskan makna/pengertian sesuatu yang melingkupi ruang lingkup dan karakteristiknya. Penjelasan makna dan karakteristik ini ditujukan untuk membedakan sesuatu dari yang lain (Mundiri, 2008: 37).

Pengertian Definisi

Dalam kehidupan sehari hari, kita seringkali menggunakan diksi definisi dalam obrolan, maupun dalam tulisan. Namun tahukah anda, komponen apa saja yang ada dalam definisi?

Definisi terdiri dari objek yang di definisikan, dan istilah yang dipakai untuk mendefinisikan. Istilah yang didefinisikan disebut Definiendum, sedangkan istilah yang dipakai untuk mendefinisikan disebut Definiens. Contoh: Manusia adalah makhluk sosial. “Manusia” disebut Definiendum sedangkan “makhluk sosial” disebut Definiens.

Pembuatan definisi ini dapat diuji ketepannya dengan Cara menggantikan Definiendum dengan Definiens dalam sebuah kalimat.  Penggantian tersebut dapat menghasilkan pemahaman yang masuk akal tanpa perubahan arti. Contoh: Dalam kehidupannya, manusia membutuhkan manusia lain untuk memenuhi kebutuhannya.  Kata “manusia” dapat diganti dengan ”makhluk sosial”.

Tujuan membuat definisi

Definisi merupakan usaha untuk memberikan pengertian akan sesuatu untuk membedakannya dari lainnya. Dengan definisi ini diharapkan tidak terjadi salah faham, salah konsep ataupun ambiguitas makna sehingga tidak terjadi salah penalaran atau sesat pikir.

Pendefinisian ditujukan untuk:

a. Memperkaya kosa kata:

b. Membatasi ambiguitas makna

c. Menghilangkan makna yang kering

d. Memberikan penjelasan teoritis

e. Mempengaruhi perilaku

Definisi juga ditujukan untuk menghindari kesimpangsiuran kata dalam penggunaannya. Selain itu, definisi juga ditujukan untuk membedakan sesuatu dari yang lain.

BACA JUGA  Simak Panduan lengkap Cara membuat lamaran kerja Berikut ini

Jenis-jenis Definisi

pengertian definisi

Terdapat beberapa macam definisi yang didasarkan pada sifat dari definisi tersebut. Diantaranya adalah definisi leksikal, Definisi Stipulatif, Definisi yang tepat,definisi teoritis dan definisi persuasif

Definisi Leksikal

definisi dengan menggunakan kata-kata yang sudah lazim dipakai, tidak menggunakan kata-kata baru. Definisi ini bermaksud menyampaikan makna atau arti dari definiendum sendiri, tidak membuat kata baru. Misalnya Whiteboard adalah papan tulis yang berwarna putih. Parfum adalah semua jenis minyak wangi. Ukuran kebenaran defiisi jenis ini adalah kebenaran dalam penggunaan aktualnya.

Definisi Stipulatif

Adalah definisi dengan menggunakan term/kata-kata baru secara bebas untuk memberikan makna pada definiendum. Contoh: ball-point adalah alat tulis yang menngunakan bola besi atau baja pada ujung runcingnya untuk mengalirkan tinta.

Definisi teoritis

definisi yang merumuskan karakteristik secara niscaya dari suatu objek. Tujuannya adalah untuk merumuskan deskripsi teoritis ilmiah objek-objek referensinya. Definisi ini biasanya bersifat implikatif. Misalnya: hukum adalah pedoman untuk bertindak Dll. Definisi diatas akan memunculkan definisi-definisi teoritis baru.

Definisi persuasif

Definisi yang disusun untuk mempengaruhi perilaku. Definisi jenis pada umumnya lebih berupa ungkapan daripada informasi Misalnya ilmu adalah cahaya, logika adalah mercusuar pemahaman. Cinta adalah rela berkorban dll. (Sumaryono, 2008: 42-44)

Itulah uraian singkat mengenai Pengertian definisi dan Jenisnya. Next akan kita bahas cara membuat definisi.. terimakasih. Salam literasi

Leave a Reply