PENGEMBANGAN ESENSIAL SKILL PEMUDA MADIUN DALAM MENDORONG RESILIENSI EKONOMI PASCA PANDEMI COVID-19

  • November 18, 2021
  • 128 Views
alphabet gd03882f31 1920

untuk sitasi:

Utami, S., Astuti, D. A., & Indah, U. (2021). PENGEMBANGAN ESENSIAL SKILL PEMUDA MADIUN DALAM MENDORONG RESILIENSI EKONOMI PASCA PANDEMI COVID-19. In H. Lubis, MADURA: TOWARDS INFINITY AND BEYOND: “Wajah Baru Ekonomi Pasca Pandemi : Peran Pemuda Dalam Mewujudkannya” (pp. 1-12). Jember: CV. RFM Pramedia.

PENDAHULUAN

Pandemi covid-19 adalah krisis kesehatan pertama dan terbesar di dunia.Penyakit ini adalah penyakit menular dan mematikan yang disebabkan oleh SARSCoV-2, salah satu jenis dari koronavirus.Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China dan akhirnya menyebar luas ke negara-negara lainnya.Indonesia juga menjadi negara yang tak luput dari penyebaran virus ini.Data yang diambil dari Wikipedia menunjukkan bahwa per bulan Desember tercatat ada 576 ribu kasus positif, dimana grafik tersebut terus meningkat dari bulan-bulan sebelumnya. Dengan tambahan kasus yang meningkat setip bulannya, akhirnya pemerintah memberikan kebijakan untuk melakukan physical distancingatau menjaga jarak satu sama lainnya dan lahirlah kebijakan Work From Home yang masih berlaku sampai sekarang. Kebijakan tersebut memberikan dampak perubahan bagi seluruh aspek kehidpan manusia, tak terkecuali pada bidang perekonomian Indonesia.

Pandemi covid memberikan risiko yang sangat buruk bagi perekonomian di Indonesia khususnya dari sisi pariwisata, perdagangan dan investasi (Nasution,2020). Kegiatan impor yang dilakukan oleh Indonesia dari China untuk memenuhi kebutuhan barang baku dalam melakukan proses produksi menjadi terhambat karena adanya covid sehingga mengalami gangguan dalam produksinya. Pandemi juga menimbulkan dampak bagi investasi yang membuat masyarakat akan memilih untuk sangat hati-hati dalam membeli barang bahkan untuk melakukan investasi. Pariwisata juga menjadi sektor yang terancam dalam situasi

pandemi saat ini.Pandemi covid mengakibatkan wisatawan yang datang ke Indonesia menjadi merosot.Sektor-sektor pendukung pariwisata seperti restoran, hotel hingga pengusaha retail juga ikut terdampak ata kondisi pandemi saat ini.

BACA JUGA  Rekomendasi Aplikasi Matematika: New 2022

Dampak perekonomian juga dirasakan pada bidang industri. Industri mengalami keterlambatan produksi karena pendropingan bahan baku dari negara lain terlambat (Tonbesi,2020). Selain itu, sektor industri juga memberlakukan sistem pergantian pekerja dengan jangka waktu tertentu untuk mengurangi penyebaran virus sehingga berpengaruh terhadap proses produksi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini menyebabkan turunnya penghasilan perusahaan yang berdampak terhadap kebijakan mem-PHK-kan karyawan yang berujung pada kesulitan ekonomi yang dialami oleh korban PHK.Dampak pandemi juga dirasakan oleh pekerja harian pelaku ekonomi tingkat bawah seperti ojek, PKL, pelaku usaha mikro dan lainnya juga tidak dapat bekerja sehingga tidak mempunyai penghasilan (Ulya, 2020). Memproyeksikan akan terjadi lunjakan angka pengangguran dan penduduk miskin di Indonesia akibat dari pandemi covid-19 ini (Modjo,2020). Dampak covid lainnya yang juga mengkhawatirkan adalah meningkatnya tindak kejahatan.Menurut (Hadiwardoyo, 2020) menyebutkan bahwa para napi yang dibebaskan akibat kekhawatiran terhadap

penyebaran covid-19 juga mengalami kekagetan ekonomi.Sebagian di antaranya telah terbukti melakukan tindak kejahatan hanya beberapa hari saja setelah bebas.

Melihat penjabaran di atas dapat disimpulkan bahwa covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi pekonomian di Indoensia.Ada beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah sebagai langkah untuk menanggulani dampak ekonomi dari adanya pandemi covid-19.Salah satunya adalah pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mengelola daerahnya yang terdampak covid-19.Menurut (Ulya, 2020) menyebutkan bahwa pemerintah daerah memiliki peran penting untuk mengurangi persebaran dan mengantisipasi dampak

covid-19, sehingga Pemda didorong untuk terus melakukan monitoring di daerahnya.Pemda juga didorong untuk melakukan optimalisasi kegiatan dengan meningkatkan kapasitas penanganan kesehatan, dampak ekonomi dan pengamanan sosial.Pemda juga diharuskan untuk dapatmengoptimalkan potensi lokal sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan masyarakat khususnya untuk pemenuhan kebutuhan pokok.

BACA JUGA  New 2022: Cara Daftar BPJS Online!

Optimalisasi peran Pemda dalam penanggulangan dampak ekonomi covid dilakuakn oleh semua daerah terdampak covid, tak terkecuali di daerah Madiun.Keadaan ekonomi di daerah Madiun cukup mengkhawatirkan di masa pandemi awal, namun seiring berjalannya waktu Pemda Madiun dapat melakukan perbaikan melalui kebijakan-kebijakannya sehingga roda perputaran ekonomi kian membaik sampai sekarang.

Di era  new  normal  seperti sekarang  ini,  Pemda  Madiun

semakin gencar melakukan perbaikan terhadap perekonomiannya.Salah satu langkah yang dilakukan adalah turut serta menggandeng generasi muda untuk ikut berperan dalam mengoptimalkan kegiatan ekonomi yang sempat terpuruk saat pandemi covid-19.Pemuda dipilih sebagai stakeholder yang membantu pemda dalam penanggulangan covid adalah karena pemuda memiliki semangat juang yang tinggi dan memiliki pemikiran serta ide yang kreatif yang sangat diperlukan untuk mewujudkan resiliensi ekonomi pasca pandemi.

PERMASALAHAN

Pandemi covid memberikan dampak yang besar bagi roda perekonmian di Indonesia, tak terkecuali di daerah Madiun.Pemerintah Madiun sendiri juga sudah mengambil kebijakan untuk menggandeng generasi muda unutk turut serta menggerakkan kembali perekonomian pasca pandemi. Perlu adanya pengembangan skill generasi muda Madiun dalam rangka membangkitkan kembali roda perekonmian di Madiun yang akan dibahas dalam artikel ini.

detail uraian dapat di Download di SINI

Leave a Reply

x