Pembangunan, terminologi dan penjelasan konseptual

  • November 14, 2021
  • 140 Views

terminologi pembangunan

Secara terminologis, di Indonesia pembangunan identik denganistilah development, modernization, westernization, empowering, industrialization, economic growth, europanization, bahkan istilah tersebut juga sering disamakan dengan term political change. Identifikasi pem-bangunan dengan beberapa term tersebut lahir karena pembangunan memiliki makna yang multi-interpretable, sehingga kerap kali istilahtersebut disamakan dengan beberapa term lain yang berlainan arti. Makna dasar dari development adalah pembangunan. Artinya serangkaian upaya atau langkah untuk memajukan kondisi masyarakatsebuah kawasan atau negara dengan konsep pembangunan tertentu.

Menurut KBBI kata  pembangunan artinya proses, cara, perbuatan, membangun dari kata dasar (bangun)  yang meliputi aspek ekonomi, infrastruktur, politik, sosial, budaya, dst. Secara umum, pembangunan adalah sebagai suatu perubahan tingkat kesejahteraan secara terukur dan alami, perubahan terukur ditentukan oleh dimensi dari ekonomi, sosial, politik, atau hukum, perubahan alami ditentukan oleh siapa yang berperan dalam perubahan itu.Pembangunan pada hakekatnya adalah suatu proses transformasimasyarakat dari suatu keadaan pada keadaan yang lain yang makinmendekati tata masyarakat yang dicita-citakan dalam proses transformasi itu ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu keberlanjutan (conti-nuity) dan perubahan (change), tarikan antara keduanya menimbulkan dinamika dalam perkembangan masyarakat (Djojonegoro, 1996: 7).

Menurut para ahli

Adapun pembangunan Menurut beberapa ahli yaitu Menurut Alexander 1994 Pembangunan “development” ialah proses perubahan yang mencakup seluruh system sosial, seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan dan budaya.  Sedangkan Menurut Shoemaker pembangunan  merupakan suatu jenis perubahan sosial dimana ide-ide baru diperkenalkan kepada suatu sistem sosial untuk menghasilkan pendapatan perkapita dan tingkat kehidupan yang lebih tinggi melalui metode produksi yang lebih modernisasi pada tingkat sistem sosial.

BACA JUGA  masalah kemiskinan dan kesenjangan, kebijakan nasional penanggulangan kemiskinan

Menurut Effendi “2002:2” pembangunan ialah suatu upaya meningkatkan segenap sumber daya yang dilakukan secara berencana dan berkelanjutan dengan prinsip daya guna yang merata dan berkeadilan. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa pembangunan berorientasi pada pembangunan masyarakat, dimana pendidikan menempati posisi yang utama dengan tujuan untuk membuka wawasan dan kesadaran warga akan arah dan cita-cita yang lebih baik.

Dalam pengertian lainnya :

  • Pembangunan merupakan suatu proses.
  • Pembangunan merupakan upaya yang secara sadar ditetapkan sebagai sesuatu untuk dilaksanakan.
  • Pembangunan dilakukan secara terencana, baik dalam arti jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.
  • Rencana pembangunan mengandung makna pertumbuhan dan perubahan.

Pengertian Sosiologi Pembangunan

Secara konseptual, sosiologi pembangunan adalah ilmu yang mempelajari dan/atau manganalisis perubahan dinamik dari kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Sosiologi pembangunan tampak lebih membahas tentang proses pembangun dari sudut pandang atau pendekatan sosiologi dan antropologi. Oleh karena itu, pembangunan lebih dilihat dari teori modernisasi, struktural fungsional, ketergantungan, dan masalah-masalah sosiologi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Sosiologi pembangunan mencoba melengkapi kajian ekonomi yang selama ini hanya didasarkan pada produktivitas dan efisiensi dalam mengukur keberhasilan pembangunan. Pembangunan sebagai sebuah perubahan sosial yang terencana tidak dapat hanya dijelaskan secara kuantitatif dengan pendekatan ekonomi semata, namun terdapat aspek-aspek yang tersembunyi jauh pada diri masyarakat seperti persepsi, gaya hidup, motivasi dan budaya yang memengaruhi pemahaman masyarakat dalam memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Sosiologi pembangunan juga berusaha untuk menjelaskan berbagai dampak positif maupun negatif dari pembangunan terhadap sosial budaya masyarakat.

Pembangunan dan perkembangan dalam kehidupa masyarakat merupakan bagian objek kajian sosiologi. Pembangunan ini bahkan seringkali dikaitkan keberadaannya yang terjadi dalam bentuk perubahan sosial yang setiap masyarakat akan mengalaminya.Definisi sosiologi pembangunan menurut para ahli, yakni;

  1. Soerjono Soekanto, Pengertian sosiologi pembangunan adalah bagian dari konsep suksesi kesejahteraan masyarakat yang sangat berguna untuk kehidupan masyarakat di pedesaan ataupun masyarakat di perkotaan.
  2. Marx Weber, Sosiologi pembangunan adalah kajian sosial yang memberikan dampak postif pada lahirnya metode baru dalam pembangunan manusia dan lingkungannya.
BACA JUGA  Efektivitas Pengelolaan Dana Desa untuk Pembangunan

BY: Eka Fitrotul Islamiyah

Daftar Pustaka

Hatu ,A.R. (2013). Sosiologi Pembangunan. Yogyakarta :PenerbitInterpena.

Sumber 2

Sumber 3

Rohmad ,Z. (2016). Sosiologi Pembangunan. Yogyakarta :PenerbitOmbak.

Sosiologi ,D (2021). “PengertianSosiologi Pembangunan, RuangLingkup, ManfaatdanContohnya”, , diaksespada 4 Juli 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x