Peluang Bisnis Online Dropship, Reseller dan Afiliasi

  • June 7, 2022
  • 32 Views
peluang bisnis online

Peluang bisnis online – perubahan perilaku pasar menuju digital semakin membuka peluang bisnis online seperti Dropship, Reseller dan afiliasi. Seperti apa peluangnya? Berikut ulasannya.

Kecenderungan belanja online saat ini terjadi karena hal ini dianggap praktis dan menghemat waktu. Banyak platform belanja online yang memudahkan pengguna untuk berbelanja tanpa perlu ke toko.

Meningkatnya konsumen yang memanfaatkan platform belanja online membuat pemilik toko online banyak menjual produk mereka melalui sistem bisnis online dropship dan reseller.

kreativitas dan strategi pemasaran online perlu dilakukan oleh pengusaha untuk menarik pelanggan para pelanggan.

potensi besar dalam membeli produk mereka akan bisa didapatkan dengan menggunakan model bisnis dropship dan reseller dan afiliasi.

Bisnis ini menjadi trend sekaligus strategi bisnis yang berpeluang besar dimasa yang akan datang. Seiring perkambangan teknologi informasi, bisnis online tidak hanya bisa dilakukan oleh orang memiliki modal besar, orang yang menguasai IT, namun siapapun bisa melakukannya. Kuncinya adalah literasi teknologi.

Pengaruh teknologi Informasi dalam bisnis online

peluang bisnis online - Pengaruh teknologi Informasi dalam bisnis online

Rasanya kurang lengkap jika belum mengulas apa saja peran Teknologi informasi dalam bisnis online. Sebagai bahan literasi berikut ini pengaruh TI terhadap bisnis online.

Di rangkum dari hasil review oleh Setyaningsih Sri Utami, TI (Teknologi Informasi) memiliki beberapa pengaruh terhadap perkembangan bisnis Online.

  1. TI mempermudah penyebaran informasi produk dan jasa kepada pasar yang tidak terbatas. TI dimanfaatkan dalam pemasaran bisnis online. Belakangan berkembangan pemasaran model digital marketing, SEM (search engine Marketing), AI (artificial intellegence) marketing dan Freelancer Marketing. Hal ini semakin memperluas pemasaran tanpa batas waaktu dan gegrafis.
  2. Tenaga TI membantu melindungi data penting dalam sirkulasi bisnis online. Perkembangan usaha online memang seringkali dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Seperti peretasan data perbankan seseorang, perusahaan.

Arus transaksi finansial dalam bisnis online harus dilakukan dengan hati-hati agar terhindar dari peretasan data perbakan. Perbaikan sistem terus dilakukan oleh pakar TI demi kenyamanan dan keamanan transaksi. Proses transaksi saat ini juga didukung oleh teknologi finansial (fintech) yang secara langsung terdaftar dan diawasi oleh OJK dan pelayanan bank digital, Hal ini membantu melindungi transaksi dari kecurangan penjual dan pihak ketiga yang memanfaatkan rendahnya literasi teknologi masyarakat.

  • TI menciptakan fleksibilitas dalam bisnis online. Penjual online tidak harus berada pada satu lokasi, atau berada di tokonya. Mereka tetap bisa bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Begitu juga pembeli, dengan berbagai platform yang didukung TI, seorang konsumen dapat mencari barang dan bertransaksi kapanpun dan dimanapun.

Berikut ini peluang bisnis online. Apasaja varian dan bagaimana peluangnya? Berikut ini akan diuraikan 3 model bisnis online dan peluangnya.

Peluang Bisnis Online Reseller dan Dropship

Reseller sendiri merupakan orang yang membeli suatu produk dengan harga khusus untuk kemudian dijual kembali. Tentunya dengan keuntungan.

Keuntungan itu sendiri akan didapatkan dari selisih harga beli dari distributor dan harga jual di marketplace.

peluang bisnis online

Sistem bisnis reseller mirip dengan bisnis konvensional.  Dalam sistem konvensional penjual harus menyajikan bentuk fisik produk secara langsung ke pelanggan potensial, sedangkan reseller dapat melakukannya melalui internet.

 Sedangkan dropship adalah sistem pembelian dan penjualan di mana penjual tidak diharuskan memiliki stok barang untuk dijual.

Dropshipper hanya akan menghubungi pemasok untuk menyediakan stok barang yang ditawarkan jika ada pesanan.

Pemasok bertindak sebagai pemasok barang yang diperlukan untuk memastikan ketersediaan barang yang akan dijual, termasuk secara dropship.

Perbedaan Dropship dan Reseller

Perbedaan bisnis online dropship dan reseller yaitu reseller harus menyimpan barang, tugas seorang dropshipper hanya memasarkan produk dari pemasok yang akan diperkenalkan ke pasar.

Dropshipper ditugaskan untuk mempromosikan barang – barang pemasok. Jika ada pesanan,  pemasok akan dihubungi untuk menyiapkan barang dan mengirim ke pembeli.

Keuntungan Dropship dan Reseller bagi pemilik toko Online

Untuk pengusaha atau pemilik toko, dengan kehadiran bisnis online dropship dan reseller  memiliki berbagai keuntungan yaitu sebagai berikut :

  1.  Margin yang lebih besar

Dalam menjalankan bisnis dengan reseller dan dropship, pemasok memiliki kontrol utama dalam hal menjual dan menetapkan harga jual.

Pemasok dapat bekerja dengan mereka untuk mendapatkan persentase keuntungan yang lebih besar.

Pemasok dapat meningkatkan penjualan produk yang lebih besar kepada konsumen melalui sistem dropship dan reseller.

  • Jangkau pelanggan yang lebih luas

Secara tidak langsung dropship dan reseller dapat membantu bisnis Anda untuk mencapai target pasar yang lebih luas.

 Jika reseller dan dropship yang bekerja berasal dari berbagai wilayah, tentunya produk yang Anda ciptakan akan lebih dikenal daripada hanya memasarkan produk Anda sendiri.

  • Peluang Ekspansi Bisnis

Jika bisnis online dropship dan reseller berhasil menjual sejumlah besar produk, itu berarti permintaan pasar meningkat. Ekspansi didefinisikan dengan meningkatkan jumlah produksi untuk memenuhi permintaan pasar dan meningkatkan angka penjualan.

Anda juga dapat menjual di pasar yang berbeda. Dengan pemahaman yang baik tentang sistem bisnis, Anda hanya perlu menerapkan sistem yang ada untuk membuka pasar baru.

  • Hemat biaya promosi

Keuntungan keempat adalah bahwa  bisnis Anda dapat menghemat biaya pemasaran dan promosi dengan adanya dropship dan reseller.

Dropship dan reseller membantu mempromosikan produk Anda dengan strategi yang mereka miliki. Produk Anda tersebar ke pasar yang lebih luas.

 Yang terpenting, bangun profil digital yang kuat melalui berbagai platform online. Anda harus membangun nilai merek Anda sendiri sambil menggunakan promosi yang dibuat oleh marketplace.

Banyak manfaat yang didapatkan dari bisnis online dropship dan reseller, baik dari dropshipper dan reseller itu sendiri maupun pemilik usaha atau toko. Ditengah-tengah maraknya jual beli online, menjadi peluang untuk Anda menghasilkan uang dengan menjadi dropshipper maupun reseller.

Peluang Bisnis Online Affilasi

Di era digital seperti saat ini, ada banyak peluang untuk menghasilkan uang melalui internet. Salah satunya dengan menggunakan program bisnis online affilasi.

Program ini menawarkan kemudahan untuk mendapatkan penghasilan pasif dengan sedikit modal. Dengan orang yang membeli produk melalui link Anda, disitulah komisi bisa Anda dapatkan.

Bisnis Online Afiliasi

Komisi yang ditawarkan dari bisnis online affilasi biasanya ditentukan oleh kebijakan tiap perusahaan. Sebagai contoh, Amazon akan menawarkan komisi hingga 10%.

Jumlah komisi yang Anda dapatkan dari bisnis online  afiliasi  bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan yang Anda ikuti tentunya.

Misalnya, Amazon yang menawarkan komisi hingga 10%, sementara Niagahoster memberikan komisi hingga 70% untuk diberikan kepada Anda.

Pihak yang terlibat langsung dalam program afiliasi, yaitu:

  1. Pemilik Produk  yaitu perusahaan, vendor, penjual, dan lainnya. Merekalah yang mengeluarkan program afiliasi ini.
  2. Afiliator yaitu orang yang mengikuti program afiliasi. Mereka ditugaskan dengan produk pemasaran dari pemilik program afiliasi ke pelanggan potensial.
  3. Konsumen yaitu orang yang membeli produk dari pemilik produk melalui afiliator.

cara kerja program bisnis online afiliasi

Setelah mengetahui pihak-pihak yang terlibat, Anda akan mengetahui cara kerja program bisnis online afiliasi adalah sebagai berikut:

  1. Daftar program afiliasi

Anda harus mendaftar untuk mengikuti program affilasi melalui situs web perusahaan. Kemudian Anda akan mendapatkan kode rujukan yang berbeda tiap pendaftarnya.

Kode rujukan yang unik ini nantinya digunakan sebagai konfirmasi bahwa konsumen telah membeli suatu produk melalui affilator.

  • Promosi produk afiliasi

Agar bisnis online afiliasimenghasilkan banyak komisi, Anda harus mempromosikan kode rujukan sehingga banyak orang membeli.

  • Orang menggunakan kode rujukan Anda

Tujuan melakukan promosi afiliasi adalah agar orang menggunakan kode rujukan atau link yang Anda miliki.

Nah, jika ada yang menggunakan kode rujukan atau link tersebut, konsumen mendapatkan diskon tambahan dan Anda sebagai afiliator mendapatkan komisi.

  • Dapatkan Komisi

Komisi akan diperoleh jika ada yang menggunakan kode rujukan Anda. Sekarang di sini, Anda akan berbagi keuntungan dengan pemilik produk.

Keuntungan Program Afiliasi

Berikut adalah enam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari program afiliasi:

  1. Pendapatan pasif

         Promosi yang Anda lakukan di awal akan tetap ada selamanya. Ini akan menghasilkan uang masih dalam beberapa minggu, bahkan berbulan -bulan sesudahnya.

Anda tidak perlu berada di depan komputer untuk mendapatkan uang. Duduk saja dengan manis dan uangnya akan datang dengan sendirinya.

  • Modal kecil

Ada dua jenis penyedia program afiliasi. Pertama adalah perusahaan yang tidak memberikan ketentuan yang diperlukan untuk membeli produk mereka terlebih dahulu untuk mendaftarkan program afiliasi.

Sementara tipe kedua, perusahaan meminta Anda untuk membeli produk mereka untuk dapat berpartisipasi dalam program afiliasi mereka.

  • Bekerja dari rumah

Anda dapat menjalankan strategi promosi dari mana saja, termasuk dari sofa di rumah. Hanya perlu bermodalkan  koneksi internet dan laptop/smartphone.

  • Jam kerja yang fleksibel

Anda tidak terikat oleh kontrak yang mengharuskan untuk mempromosikan program afiliasi setiap hari dari jam -jam tertentu seperti bekerja di kantor. Jadi, Anda sendiri menentukan kapan saatnya untuk mempromosikan dan kapan waktunya untuk bersantai.

  • Dapat berpartisipasi dalam banyak program afiliasi

Anda bisa mendaftar untuk tiga atau empat program afiliasi sekaligus, asalkan memenuhi syarat dan ketentuan perusahaan yang Anda ikuti

Pastikan Anda untuk membaca syarat dan ketentuan terlebih dahulu agar tidak terpapar dengan konsekuensi di masa depan.

  • Penghasilan murni dari kerja keras Anda

Uang yang diperoleh dari bisnis afiliasi sepenuhnya tergantung dari kerja keras bisnis Anda melakukan promosi. Dengan kata lain, semakin banyak niat untuk bisnis Anda, semakin besar hasil yang akan diperoleh.

Itu tadi informasi mengenai program bisnis affilasi dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui program tersebut. Jika Anda merasa ini menguntungkan, silahkan mendaftarkan diri Anda melalui situs web yang menyediakan program ini

Leave a Reply