Panen Metadata Dengan Aplikasi Publish or Perish (PoP)

Aplikasi Publish or Perish bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan metadata dari publikasi ilmiah sebagai bahan referensi dalam penulisan karya ilmiah.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, arus informasi yang dibutuhkan pun menjadi lebih cepat, terperinci, dan detil. Kesulitan pencarian data ini dialami sebagian besar pada mahasiswa tingkat akhir atau para pengajar yang berkaitan dengan dunia akademisi. Untuk menjawab dan memberikan kemudahan terhadap kebutuhan tersebutlah yang kemudian memunculkan Aplikasi Publish Or Perish (Pop).

Pada awalnya, aplikasi Publish or Perish (PoP) dikembangkan oleh Anne-Will Harzing, seorang Profesor di Universitas Middlesex pada bidang manajemen. Pengembangan ini dilakukan sejak tahun 2006. Menariknya, software atau aplikasi ini dikatakan akan tersedia secara gratis sampai kapanpun dan untuk siapa pun.

Cara Kerja Aplikasi Publish or Perish (PoP)

Publish or Perish (PoP) merupakan istilah yang awalnya dikenal di banyak negara pada kalangan peneliti dan akademi. Secara singkat, para peneliti dan akademisi ini diharuskan untuk secara rutin mempublikasikan hasil dari penelitian yang mereka lakukan. Jika tidak, maka mereka disebut “mati” tanpa karya dan terlupakan, tanpa memberikan sumbangsih untuk kehidupan manusia di muka bumi.

Adapun yang menjadi tujuan dari proses publikasi ini adalah untuk menyebarkan atau mensosialisasikan hasil temuan para peneliti dan akademisi. Tentu saja hasil temuan tersebut didasarkan pada bukti, fakta, serta kebenaran yang memang terjadi di lapangan atau lokasi penelitian.

Kebenaran yang didasarkan pada bukti dan fakta menjadi penting untuk dijadikan sebagai bahan atau pertimbangan saat pengambilan kebijakan dan lain-lain. Namun sayangnya, ada banyak hasil penelitian yang tidak dipublikasikan pada jurnal ilmiah atau media. Dengan kata lain, hanya tersimpan di perpustakaan yang bahkan sangat jarang dibaca.

aplikasi publish or perish

Secara singkat bisa dikatakan bahwa aplikasi ini ada sebuah perangkat lunak atau software yang dibuat untuk menganalisa sitasi akademik. Tentunya dengan memanfaatkan berbagai sumber data yang sudah tersedia. Biasanya yang menjadi sumber data adalah Microsoft Academic, Google Scholar, Web of Science, Scopus, PubMed, dan sumber kredibel lainnya.

BACA JUGA  5 Aplikasi Bahasa Terbaik Untuk Pelajar

Data yang diambil ini pada awalnya adalah kumpulan data mentah yang kemudian dianalisa dan disuguhkan melalui metrik yang berbeda. Metrik yang dimaksud adalah seperti indeks-h kontemporer, indeks-h Hirsch, rasio kutipan yang didasarkan usia, indeks-g Egghe, dan lain sebagainya.

Keuntungan dan Kelebihan Aplikasi PoP

Publish or Perish (PoP) tidak hanya dirancang untuk mencari serta menganalisa sebuah sumber informasi saja. Software ini juga memiliki kemampuan untuk menyeleksi artikel pada database online yang disesuaikan dengan kualitas artikelnya. Maka, keuntungan menggunakan PoP adalah artikel yang disuguhkan sudah disaring kualitasnya dan disajikan dalam bentuk metada yang bagus dan baik.

Keuntungan lainnya adalah dapat mengimpor hingga ribuan metadata dalam beberapa menit saja ke dalam Mendeley. Adapun prinsip kerjanya dengan mengumpulkan metadata referensi yang disimpan dalam PoP. Hasilnya kemudian akan disimpan memakai format Research Information System (RIS).

Ketersediaan data yang bisa dimiliki secara gratis dan kapan saja dibutuhkan juga menjadi sebuah keuntungan. Tanpa perlu membayar, Kamu sudah bisa memiliki kumpulan data online hasil dari penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan.

Kelebihan yang dimiliki oleh software tersebut adalah memiliki tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah dipergunakan. Tampilannya yang bersih juga menjadi kelebihan lain yang dimiliki oleh PoP. Penawaran bantuan yang diberikan secara terperinci juga menjadi nilai tambah dari aplikasi ini.

Kelebihan lainnya dan yang paling utama tentu adalah, aplikasi ini bisa diakses dengan gratis. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Bagi Kamu, baik mahasiwa, peneliti, dosen, dan lain-lain yang membutuhkan data online yang baik, software ini bisa menjadi pilihan terbaik. Hanya dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP), Kamu sudah bisa “memanen” metadata terbaik dan terperinci yang sudah pasti berkualitas.

BACA JUGA  Podcast on Demands - Kelebihan dan tips Menikmatinya

Tertarik dan penasaran dengan aplikasi PoP ini? Silahkan baca tutorial lengkap cara menggunakan Publish or Perish. Menulis karya artau artikel ilmiah akan menjadi mudah dan menyenangkan dengan sumber referensi yang melimpah dengan Publish or Perish.

Dan terimaksih telah menyimak artikel dari saya tentang Aplikasi Publish or Perish, kamu juga  mendapatkaan update terbaru tentang informasi lainnya hanya di dunialiterasi.com Selain tentang teknologi, kamu juga bisa mendapatkan update informasi lainnya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, ke teman-teman kamu yang membutuhkan.

Leave a Reply