Simak Panduan lengkap Cara membuat lamaran kerja Berikut ini

Membuat lamaran kerja membutuhkan ketelitian dan ketepatan agar mampu menarik HRD dan meningkatkan peluang untuk diterima. Untuk itu, simak cara membuat lamaran kerja berikut ini

Salah satu komponen kompetensi dalam persaingan dunia kerja adalah kemampuan dalam menulis lamaran kerja. Hal ini dikarenakan pengetahuan tentang menulis lamaran kerja dapat membantu seseorang pada tahap sebelum memasuki lapangan pekerjaan. Lamaran kerja harus memuat komponen dan mengikuti sistematika yang benar. karena surat lamaran adalah dokumen pertama yang  dilihat HRD. Peranan surat lamaran  sangat penting apakah Anda akan diterima  di suatu perusahaan atau tidak.

Oleh karena itu, surat lamaran kerja harus disusun menurut formatnya dan memuat data yang lengkap yang diperlukan. Anda juga harus memperhatikan ejaan agar HRD tidak mengalami kesalahan dan penundaan saat melihat aplikasi Anda. Hal yang penting untuk anda perhatikan adalah bagaimana anda mampu mendiskripsikan kompetensi anda secara ringkas dan padat. Jangan lupa perhatikan kompetensi tambahan yang diminta oleh perusahaan.

Selain itu, jangan terlewatkan atau teledor pada format tertentu yang diminta oleh perusahaan atau instansi yang dituju. Hal ini karena terkadang perusahaan atau instansi menetapkan format khusus yang bisa jadi berbeda dengan format surat lamaran pekerjaan pada umumnya.

baca juga: Cara membuat Definisi, Panduan dasar

Sebelum lebih jauh, kamu perlu mengetahui apa sih Surat lamaran kerja dan apa fungsinya?

Surat Lamaran kerja: pengertian, komponen dan Fungsinya

Surat lamaran kerja tentu saja berbeda dengan surat lain. Anda harus memperhatikan detail surat lamaran kerja jangan sampai tertukar dengan format surat yang lain ketika anda akan Apply pada perusahaan atau instansi.

Jakaria (1999) Mendefinisikan surat lamaran kerja adalah surat yang diajukan oleh seseorang dengan tujuan mendapatkan pekerjaan pada suatu perusahaan atau instansi. Dari sifatnya, surat lamaran kerja adalah termasuk dalam surat resmi yang bersifat personal atau pribadi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja adalah:

  1. Isi
  2. Sistematika
  3. Tata bahasa

Komponen surat lamaran kerja

Menurut Ferdiyansah (2007), surat lamaran kerja yang baik sebaiknya memuat beberapa komponen berikut ini:

  1. Kualifikasi penulis. Perusahaan atau instansi membuka lowongan pekerjaan karena membutuhkan tambah sumberdaya dengan kompetensi atau kualifikasi tertentu. Oleh karena itu, surat lamaran kerja harus memuat atau mengandung kualifikasi penulis/pelamar
  2. Memiliki sumber informasi lamaran kerja. Yakni darimana pelamar mendapatkan informasi tersebut. Sama halnya ketika anda aplly pada situs online, hampir semuanya menanyakan dari mana anda mendapatkan informasi
  3. Mengandung keinginan atau motivasi pelamar secara lugas. Hal ini menjadi salah satu indikator penilaian pada motivasi calon karyawan. Apakah sesuai dengan visi misi perusahaan atau tidak.

Dilihat dari sistematikanya, surat lamaran kerja menurut Istiqomah (2018) terdapat komponen sistematis dalam surat lamaran kerja. Yaitu:

  • Tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja
  • Lampiran dan perihal
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Alenia pembuka
  • Isi
  • Penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang.

Jangan menyepelekan satu komponen pun. Admin punya pengalaman dalam hal ini tepatnya teman admin. Dia tidak lolos seleksi administrasi CPNS karena Surat lamaran kerja yang di Upload tidak sempurna. Bagian akhir, nama terang di bawah tanda tangan terpotong, tidak ikut terscan. Karena hal inilah dia tidak lolos seleksi administratif CPNS dengan alasan Surat lamaran kerja yang diUpload bukan atas nama yang bersangkutan.

Selain komponen dan sitematika, surat lamaran kerja harus mengikuti kaidah kebahasaan yang meliputi Ejaan, Tanda Baca, dan kalimat Efektif.

Fungsi surat lamaran kerja

Tentunya setiap format surat memiliki fungsi yang berbeda. Surat pernyataan pasti berbeda fungsinya dengan surat lamaran kerja. Meskipun dalam satu kondisi surat pernyataan dibutuhkan sebagai lampiran surat lamaran kerja.

Berikut ini adalah Fungsi surat lamaran kerja:

  1. Sebagai langka pembuka bagi seseorang untuk bekerja pada suatu tempat
  2. Sebagai tanda resmi atau tertulis aplikasi atau pengajuan permohonan pekerjaan
  3. Sebagai sarana komunikasi, hal ini juga merupakan fungsi umum dari setiap surat. Karena surat dapat dipastikan mengandung informasi yang dibutuhkan atau untuk disampaikan oleh kedua belah pihak (Pengirim dan penerima)
  4. Sebagai bahan pertimbangan. Sebagaimana dijelaskan diatas, bahwa surat lamaran kerja harus memuat kualifikasi penulis/pelamar, karena hal ini akan dijadikan pertimbangan perusahaan dalam memilih calon karyawan yang akan diterima. Oleh karena itu, point ini harus benar benar terjelaskan dengan lugas dan representatif. Anda bisa melampirkan resume, CV atau portofolio profesional anda, jika memang diminta.  

Untuk membuat surat lamaran, Anda perlu memasukkan beberapa data yang diperlukan. Dari data pribadi hingga informasi lain yang dibutuhkan perusahaan. Kelengkapan dokumen Anda tentu akan meningkatkan peluang Anda untuk diterima.

Cara membuat lamaran kerja

cara membuat lamaran kerja - dunialiterasi.com

Berikut admin akan ulas cara membuat lamaran kerja dengan benar sesuai struktur beserta contohnya.

1. Menulis Nama dan Alamat Surat

Cara membuat lamaran kerja yang pertama adalah dengan memberikan nama dan alamat surat Anda. Penulisan nama penerima surat dan alamat lengkap perusahaan yang dituju harus ada dalam surat lamaran. Selain itu, Anda juga harus menuliskan tanggalnya. surat lamaran  di pojok kanan atas kop surat.

Jika Anda tidak mengetahui nama HRD perusahaan yang Anda lamar, biarkan kosong saja, Anda bisa menuliskannya dengan Yth. Bapak/Ibu

2. Salam Hormat dan Pembukaan

Cara membuat lamaran kerja berikutnya adalah Tulis salam dan tawaran pekerjaan Anda. Dalam pengantar atau pembukaan surat lamaran Anda, Anda harus menyebutkan dari mana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan untuk perusahaan yang Anda tuju. Entah dari internet atau dari koran atau dari teman Anda. Kemudian tunjukkan posisi  yang telah Anda pilih di perusahaan tersebut.

3. Biodata Pribadi

Selanjutnya, masukkan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor ponsel dan alamat email untuk menulis surat lamaran. Jika Anda ingin menulis sejarah pendidikan, cukup tunjukkan tingkat pendidikan tertinggi Anda.

4. Pengalaman Kerja dan Kemampuan Kamu

Pengalaman dan keterampilan kerja  juga sangat penting untuk dimasukkan menulis surat lamaran. Sebagai lulusan baru tanpa pengalaman kerja, Anda dapat menunjukkan pengalaman magang Anda jika Anda telah menyelesaikan magang di sebuah perusahaan. Anda juga dapat mencantumkan organisasi tempat Anda bergabung yang akan mendukung Anda dalam melamar.

Juga, tuliskan keterampilan yang dibutuhkan di perusahaan. Tulis  dalam  kalimat yang singkat dan padat, tetapi jelaskan. Ingat, Anda sedang menulis surat, bukan artikel. Di akhir kalimat, tuliskan kepada pembaca bahwa Anda memiliki keinginan yang kuat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

5. Penutup

Cara membuat surat lamaran  terakhir adalah penutup. Buat kalimat yang manis untuk penutup surat. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

6. Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Terakhir, Anda perlu menambahkan tanda tangan dan nama Anda, tanda tangan dan nama lengkap akan ditulis di sudut kanan bawah surat.

7. Lampiran

Untuk membuat surat lamaran, Anda juga harus memperhatikan lampirannya. Untuk membuat perusahaan yang paling Anda minati menerimanya, tambahkan juga hal-hal yang dapat meningkatkan nilainya. Namun, ada beberapa perusahaan. bahwa mereka juga meminta Anda untuk melampirkan hal-hal lain seperti surat kesehatan, file catatan dan lain-lain.

Dan juga anda harus mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi saat melamar pekerjaan.

Berikut hal-hal yg sebaiknya anda lampirkan dalam surat lamaran:

– Pas foto (foto terbaru)

– Daftar riwayat hidup atau CV

– Fotocopy sertifikat/hasil kompetensi (dari kursus atau pelatihan yang pernah anda ikuti)

– Portofolio

Jangan lupa jadikan surat lamaran kerja anda menjadi PDF supaya HRD lebih mudah untuk memeriksa.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Setelah Anda mengetahui cara membuat lamaran kerja dengan benar menurut strukturnya, Anda harus mengenal sebuah contoh. Berikut adalah contoh surat lamaran:

Kediri, 18 April 2022

Kepada                      

Yth. Bapak/ Ibu

HRD  PT. Madep Manteb

Jl. Jeruk  No. 12, Kediri

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Inpoloker, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pimpin untuk menempati bagian Sekretariat di PT. Madep Manteb

Nama: Ahmad Al Karim

Tempat, tanggal lahir: Madura, 13 Februari 1999

Email: ahmedelkarim@gmail.com

Telepon: 08523456789

Saya mampu bekerja dalam organisasi dengan baik, dengan semangat bekerja yang tinggi. Semasa belajar saya aktif di dalam organisasi siswa, dan menjabat sebagai sekretaris selama 4 tahun berturut.

Demikian surat permohonan ini saya buat, harapan saya sangat besar untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara supaya saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Ahmad Al Karim

Mungkin sekian artikel tentang cara membuat lamaran kerja yang dapat admin sajikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam literasi. terimakasih

#diterima kerja #cepat kerja #lulus langsung kerja

Leave a Reply