Panduan dan Cara Membuat Backlink Berkualitas

Cara membuat backlink – Backlink adalah faktor penting dalam SEO, pada dasarnya backlink adalah tautan dari satu website yang mengarah pada web lain.

Setelah membuat blog atau website, berikutnya adalah Membangun atau membuat backlink untuk sebuah website akan menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang tepat untuk melakukannya. Pada artikel ini, kamu akan diberikan panduan praktis tentang cara membuat backlink yang berkualitas. Simak terus informasinya, ya!

Backlink Itu Apa Sih?

Sebelum mengetahui cara membuat backlink, ada baiknya kamu mengetahui pengertian dari backlink tersebut. Backlink adalah link atau tautan yang dicantumkan oleh suatu website menuju website-mu sendiri.

Sederhananya, kamu bisa mempromosikan website-mu melalui berbagai macam situs yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas yang tinggi.

Backlink menjadi salah satu strategi off page dalam SEO yang harus dimaksimalkan dan dibangun sebaik mungkin.

Kriteria backlink berkualitas

cara membuat backlink berkualitas

Banyak sekali ragam dari backlink, misalnya backlink comment bisa didapatkan dengan berkomentar pada website orang lain. Selain itu ada backlink Profile, dengan cara registrasi pada website / forum tertentu dan mencantumkan url website kamu pada profil kamu. Backlink kontekstual dalam artikel. Sebuah tautan dalam artikel suatu website yang mengarah ke website kamu, baik url homepage maupun url artikel dalam website kamu.

Nah dari sekian banyak backlink, yang paling penting adalah kualitasnya. Bahkan beberapa mastah berpendapat bahwa 1 backlink berkualitas tinggi dapat mengalahkan ribuan backlink “sampah” dari web kompetitor.

Lalu apa kriteria dari backlink berkualitas? Meskipun tidak ada kriteria yang pasti, namun ada beberapa point penting yang “diyakini” bersama bahwa kriteria backlink berkualitas adalah:

  1. Dari sisi sumber backlink, untuk kriteria pertama backlink berkualitas dapat dilihat dari sumber backlink. Sumber backlink dari situs yang relevan dengan website kamu. Relevansi website ini dinilai sebagai kritertia pertama backlink berkualitas. Misalnya website kamu tentang Game Online, maka kamu harus mencari backlink dari website dengan Niche yang sama Game Online.

Sebaliknya, sumber backlink yang tidak relevan justeru akan mengganggu user experience. Misalnya, website kamu tentang game Online, tapi backlinknya dari website dengan Niche kesehatan reproduksi perempuan.

  • Aged Domain (domain berumur). Selain website yang relevan sumberbacklink berkualitas adalah dari domain yang sudah berumur. Tentu saja selain umur domain juga dipengaruhi oleh beberapa indikator lain, sperti Spam score, TF, TC dan sumber backlink / kualitas backlink dari sumber backlink itu sendiri.
  • Domain Authority (DA / PA) yang tinggi. Sumber backlink dengan DA/PA yang tinggi diyakini menghasilkan backlink yang berkualitas. Kamu bisa cek sumber backlink kamu dari DA/PA nya di Moz. Caranya sangat mudah, kamu cukup masuk ke https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/ kemudian masukkan nama domain yang ingin di cek DA/PA nya.
  • Tautan kontekstual: artikel sumber backlink harus relevan dengan ulasan artikel yang dipasang backlink. Misalnya artikel tentang tips cepat hamil bisa ditautkan pada artikel tentang makanan sehat cocok untuk program kehamilan. Selain kontekstual dalam artikel secara keseluruhan, penting juga dalam penggunaan anchor text. Gunakan anchor text yang relevan dengan sumber backlink anda. Dengan demikian pembaca tidak merasa tertipu dengan keyword / anchor text yang mereka klik.
  • Dofollow Backlink, sumber backlink dofollow dinilai lebih bagus daripada nofollow, namun agar terlihat natural perlu juga tautan nofollow. Kisaran idealnya 90 – 95% dofollow
  • Tautan satu arah, artinya jangan memberikan backlink ke website sumber backlink kamu. Kebanyakan ini akan dianggap spam oleh Search engine
  • IP Unik berbeda – cek referring domain. Satu web satu backlink. Jadi ingat semangat membangun one village one product hehe. Sumber backlink usahakan dari IP yang berbeda. Jumlah referring domain juga menjadi parameter search engine dalam SERP.
  • Dari web dengan outbond link yang rendah.
  • Dari web bertraffic tinggi. Tentu saja ini juga akan mendatangkan traffic ke web anda. Untuk point ini anda harus pandai pandai menentukan anchor teks yang benar benar relevan agar pengunjung web sumber backlink tertarik untuk klik pada tautan anda.
BACA JUGA  Panen Metadata Dengan Aplikasi Publish or Perish (PoP)

Panduan dan Cara Membuat Backlink yang Berkualitas

Setelah mengetahui pengertian singkat dari backlink, kini mari simak panduan dan cara membuat backlink yang berkualitas. Mari simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Buatlah konten yang relevan

Dalam membangun backlink, relevansi konten adalah pintu utama yang harus kamu jalankan dengan baik. Semakin tinggi tingkat relevansinya, maka akan tinggi pula kualitasnya.

Sebagai contoh, website-mu memiliki niche kesehatan, maka kamu bisa menautkan link ke situs-situs kesehatan yang memiliki kredibilitas bagus. Dengan menggunakan cara ini secara konsisten, kamu juga akan mendapatkan backlink dari situs orang lain ke website-mu.

2. Gunakan tools

Cara membuat backlink berikutnya adalah dengan menggunakan tools backlink atau bantuan pihak ketiga. Di luar itu, kamu juga harus mengambil backlink secara langsung agar website-mu bisa naik dan berkembang dengan cepat.

Backlink tools yang bisa kamu gunakan adalah Ahrefs, Ubbersuggest, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan tools tersebut, kamu bisa menemukan blog, artikel, atau website dengan kata kunci yang mempunyai relevansi dengan kontenmu.

Selain itu, kamu juga bisa melihat dan membandingkan mana saja website yang berkualitas tinggi untuk didekati secara personal dan berkenan memberikan backlink yang menuju ke arah website-mu.

3. Manfaatkaan sebaik mungkin content sharing platform

Tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba memanfaatkan content sharing platform seperti Hipwee, IDN Times, Reddit, dan Medium. Kamu bisa membuat artikel-artikel yang di-publish di sana dan menautkan backlink ke website-mu.

Tentunya, sekali lagi, sebelum melakukan itu, pastikan konten di website-mu relevan dan berkualitas, ya!

4. Lakukan guest blogging

Apa itu guest blogging? Guest blogging adalah salah satu cara membuat baclink dengan menulis di website orang lain. Setelah itu, kamu bisa menyelipkan backlink pada artikel yang kamu buat di website tersebut.

BACA JUGA  Sistem Komputer (pengertian dan komponennya) lengkap

Namun sebelumnya, pastikan dan analisis website yang ingin kamu tuju memiliki traffic yang baik atau tidak. Jika traffic dari website tersebut tidak terlalu bagus, sebaiknya kamu batalkan saja niatmu untuk melakukan guest blogging di website tersebut.

5. Masukkan kata kunci (keyword) di anchor text tautan

Anchor text atau rangakain kata yang dijadikan link ternyata berpengaruh besar untuk membangun backlink, loh! Apalagi jika anchor text-nya mengandung keyword yang kamu bidik.

Contohnya, kamu membuat artikel dengan keywordcara membuat backlink”. Lalu kemudian, ada website yang memiliki kredibilitas tinggi menautkan link-nya ke website-mu di dalam artikel mereka dengan anchor text yang sedikit berbeda.

Namun, kamu juga jangan terlalu mengejar ranking dari anchor text ini karena Google memiliki algoritma penguin yang bertugas memilah-milah backlink yang memiliki anchor text yang sama persis.

6. Tautan berbentuk “dofollow

Secara singkatnya, dofollow adalah cara seakan-akan kamu memberikan referensi bahwa suatu website memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dikunjungi oleh orang lain.

Dofollow bisa kamu manfaatkan karena dofollow berperan penting untuk menelusuri link atau tautan sampai keluar dan dapat meningkatkan website ranking milikmu. Terlebih lagi jika memperoleh tautan dofollow dari situs-situr resmi dan besar seperti Wikipedia.

7. Tautan pertama yang diberikan oleh website lain

Cara membuat backlink selanjutnya adalah dengan mendapatkan baclink pertama dari suatu website. Jika website tersebut terus menautkan backlink mereka yang menuju pada website-mu, pengaruhnya tidak akan sebesar tautan link pertama yang mereka berikan.

Singkatnya, lebih baik kamu menerima backlink pertama dari 10 website yang berbeda dibandingkan dengan 10 backlink dari satu website saja.

4 Cara Jitu Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Setelah mengetahui cara membuat backlink yang berkualitas disertai dengan kriterianya, kini mari beralih pada cara mendapatkan backlink yang berkualitas.

1. Lakukan riset

Harus selalu kamu ingat bahwa tujuan dari backlink adalah mendapatkan rangking teratas pada Google. Untuk itu, kamu juga harus melakukan riset untuk mengetahui backlink dari kompetitormu.

BACA JUGA  Pentingnya Literasi Digital pada kehidupan saat ini

Salah satu tools yang bisa kamu gunakan secara gratis adalah Ubbersuggest. Lewat tools ini, kamu bisa mengecek apa saja atau list backlink dari kompetitormu.

Bahkan, kamu bisa mengetahui seberapa kuat profil website kompetitor berdasarkan link yang ditargetkan beserta ranking-nya.

2. Ciptakan konten yang linkable assets

Maksud dari linkable assets ini adalah konten yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh orang banyak. Ini bisa berbentuk artikel, video, blog, software, kuis, survey dan lain sebagainya.

Semakin komprehensif dan merupakan hal yang bisa menjawab pertanyaan banyak orang, semakin bagus pula aset yang kamu miliki. Namun, hal yang harus kamu perhatikan adalah dengan menggunakan konten yang orisinal dan unik. Bagaimana agar bisa menjadi unik?

  1. Ciptakanlah versimu sendiri
  2. Buatlah pembuka konten yang memikat
  3. Berikanlah jawaban yang berguna dan relevan bagi user
  4. Buatlah visual yang menarik

3. Guest post

Dengan menulis artikel secara guest post (penulis tamu) pada banyak website yang memiliki kredibilitas tinggi akan membantumu dalam mengoptimalkan sekaligus menaikkan website traffic-mu.

Caranya, kamu memilih website kompetitor yang bisa diajak kerja sama untuk melakukan guest post. Nantinya, kamu akan menulis untuk website tersebut serta melakukan backlink pada website-mu sendiri.

Cara ini digolongkan sebagai cara efektif untuk menaikkan traffic pada website-mu secara organik. Menarik, bukan?

4. Memberikan testimoni

Biasanya, perusahaan besar memiliki hobi untuk menampilkan testimoni dari jasa atau produk yang mereka buat. Ini bisa menjadi kesempatan emas buatmu dalam mempromosikan website-mu.

5. Mencari website dengan DA/PA berkualitas tinggi

DA adalah singkatan Domain Authority dan PA singkatan dari Page Authority yang dibuat oleh software SEO terkenal bernama MOZ. Semakin tinggi DA dan PA dari sebuah website dan blog, semakin tinggi pula tingkat kepercayaan website di search engine.

Untuk itu, kamu harus mencari website dan blog yang mempunyai DA dan PA berkualitas tinggi untuk mempromosikan website-mu sendiri melalui backlink. Untuk mengecek DA dan PA suatu website dan blog, kamu bisa mengeceknya di https://analytics.moz.com/.

Kamu cukup menulis artikel yang membahas tentang testimoni dari produk atau jasa yang mereka jual. Lalu, beri tahu mereka bahwa kamu sudah menulis testimoni dari produk atau jasa mereka di website-mu sendiri.

Biasanya, mereka akan merespons dan menyisipkan link testimoni yang sudah kamu buat ke dalam website mereka agar mereka semakin mendapatkan testimoni yang valid dari para pelanggan atau customer mereka.

Itulah informasi mengenai cara membuat backlink yang berkualitas serta cara mendapatkannya. Yang perlu kamu ingat adalah, kamu harus melakukan cara-cara di atas dengan konsisten, ya!

Bukti Cek Plagiasi

Leave a Reply