New: kenapa masih merasa lelah? padahal sudah istirahat

  • November 18, 2021
  • 187 Views
penyebab lelah

Istirahat merupakan mekanisme pemulihan stamina tubuh ketika merasa lelah. Namun dalam kondisi tertentu terkadang masih merasa lelah meskipun telah ber istirahat. kenapa demikian?

Kenapa masih merasa lelah?

Setiap orang, pasti membutuhkan istirahat dari aktivitas yang penat dan melelahkan. Tubuh Manusia memiliki batasan dalam melaksanakan pekerjaan terutama setelah menjalankan aktifitas fisik dan berfikir. Ketika tubuh merasa kelelahan, maka otak akan memberikan tanda berupa perasaan lemas dan tak bergairah agar kita bisa sesegera mungkin beristirahat.

Setelah cukup beristirahat dan bersantai, tubuh biasanya akan kembali segar dan siap menjalankan aktivitas selanjutnya. Namun beberapa orang masih merasakan lelah meskipun merasa istirahar dengan cukup, lantas hal apa yang menyebabkan demikian? Jika kamu masih merasa lelah meskipun telah cukup tidur, mungkin beberapa hal dibawah ini adalah penyebabnya.

kenapa masih merasa lelah
idntimes

Stress

Saat stress, tubuh manusia memproduksi hormon kortisol dalam jumlah besar, Hormon Kartisol adalah hormon steroid dari golongan glukokortikoid yang diproduksi oleh sel di dalam zona fasikulata pada kelenjar adrenalin. Hormon kartisol memiliki fungsi untuk meningkatkan kadar gula darah melalui mekanisme glukoneogenesis, menekan kerja sistem imun, dan meningkatkan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat, Selain itu, hormon ini juga menghambat pembentukan tulang. Namun, jika Kortisol diproduksi dalam jumlah yang tinggi dapat menganggu ritme tubuh sehingga memunculkan rasa lelah.

baca juga: Mаnfааt Buаh Bасаng, ѕі “Kembar” buah Mаnggа yang luar biasa bagi kesehatan

Tidak Pernah Berolahraga.

Seperti yang kita tau, bahwa otot-otot kita perlu perenggangan dan perlu dilatih, selain berolahraga membuat badan kita bugar, olahraga juga bisa merileksan tubuh dan membuat pikiran menjadi lebih baik. berolahraga juga membuat tidur menjadi lebih nyaman dan kehidupan kita menjadi seimbang. Sehingga bisa dibandingkan orang yang gemar berolahraga pasti memiliki tidur yang lebih berkualitas dibandingkan dengan orang yang bermalas-malasan. Cobalah mulai sekarang mengecek pola olahraga yang kita lakukan, apakah sudah sesuai atau bahkan kita belum memulainya sama sekali. Jika belum, ayo lakukan, barangkali inilah alasan kamu selalu merasa lelah.

BACA JUGA  Cara menghapus akun Facebook, dan Alasannya!

Tidur kurang berkualitas


Kebanyakan orang memiliki tidur yang tidak berkualitas sehingga ketika bangun mereka masih merasakan lelah. Tidur yang tidak berkualitas adalah ketika seseorang tertidur namun masih saja memiliki beban dalam pikirannya, tidur yang tidak memenuhi standart tidur normal yakni 7-8 Jam perhari dan tidur dalam posisi yang tidak nyaman. Tidur yang tidak berkualitas biasanya disebabkan beberapa faktor diantaranya stress yang tinggi, jarang berolahraga dan pola tidur yang buruk. Sering begadang juga menyebabkan tidur kita tidak berkualitas sebab untuk hari-hari selanjutnya, tubuh akan mereset jam normal dan jadwal tidur akan berantakan. Dalam tahap yang lebih serius, seseorang akan benar-benar kehilangan kenyamanannya dalam tidur dan beraktivitas.

Itulah beberapa sebab yang menyebabkan kita terkadang masih merasa lelah padahal sudah merasa beristirahat dengan cukup. Jika kita mengalami tanda demikian, akan lebih baik jika segera memperbaiki pola hidup agar rasa lelah tidak berambah serius. Tentunya kita ingin selalu melaksanakan aktivitas dengan tubuh yang bugar kan, yuk tunggu apa lagi. Perbaiki pola hidup!


Oleh : Erlina Novita

Leave a Reply

x