New: Jenis Fintech P2P Lending yang Perlu Anda Ketahui

Fintech merupakan singkatan dari finansial teknologi atau teknologi keuangan. Jadi, bisa dikatakan bahwa fintech merupakan inovasi teknologi yang dikembangkan dalam bidang finansial, sehingga semua transaksi keuangan pun bisa dilakukan dengan lebih efektif. Bahkan, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi membuat semakin banyaknya jenis-jenis fintech P2P Lending atau fintech peer to peer Lending di Indonesia.

ada banyak sekali Fintech yang berkembang di indonesia, setidaknya pada artikel terdahulu kita telah “berkenalan” dengan 9 jenis fintech di Indonesia. yaitu :

  1. Fintech P2P Lending
  2. Fintech Crowdfunding
  3. Fintech E – Wallet
  4. Fintech Microfinance
  5. Fintech Payment Gateway
  6. Fintech Investasi
  7. Fintech Bank Digital
  8. Fintech Aggregator
  9. Fintech Payment, Clearing, dan Settlement

selain itu, fintech juga di bedakan menjadi dua, fintech modern dan fintech konvensional. lebih lengkapnya bisa anda baca di SINI

Sebelumnya juga telah kita bahas, mengenai Fintech P2P lending, pengertian dan cara kerjanya. Penting bagi kita memahami jenis jenis fintech Peer to peer lending yang berkembang di Indonesia.

Agar Anda lebih memahami apa saja jenis fintech Per to peer Lending ini, maka silahkan Anda simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Jenis-Jenis Fintech P2P Lending

Perkembangan fintech yang ada di Indonesia mengakibatkan munculnya berbagai jenis inovasi produk fintech. Dimana produk fintech ini bisa digunakan untuk membantu aktivitas keuangan Anda sekaligus untuk menunjang kehidupan masyarakat.

jenis fintech p2p lending

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis fintech P2P Lending yang berkembang pesat di Indonesia.

  1. P2P Lending

Jenis fintech yang pertama adalah P2P Lending. P2P Lending ini merupakan jasa keuangan yang menyediakan pinjaman dana untuk modal usaha atau modal untuk memenuhi kebutuhan. Adanya fintech P2P Lending ini digunakan untuk membantu para pelaku usaha memperoleh modal dengan lebih cepat secara online.

BACA JUGA  4 Tips Mudah Memilih Fintech Investasi Di Indonesia

Namun, Anda perlu untuk tetap waspada terhadap adanya fintech ilegal, seperti pinjaman online yang tidak resmi, karena akan berpotensi untuk menipu para nasabahnya. Pastikan juga bahwa Anda sudah memilih pinjaman online yang legal. Untuk mengecek apakah fintech yang Anda pilih merupakan fintech resmi atau bukan, maka Anda bisa mengunjungi laman resmi OJK.

  1. Crowdfunding

Jenis-jenis fintech Peer to peer Lending selanjutnya adalah crowdfunding. Crowdfunding sendiri merupakan produk fintech yang digunakan sebagai platform yang mempertemukan pihak debitur dengan kreditur dengan jaminan transaksi yang aman dan mudah.

Jenis fintech yang satu ini tidak hanya dimanfaatkan untuk mengumpulkan dana donasi saja, melainkan juga untuk menerapkannya dalam pengembangan usaha untuk menemukan investor dan pelaku bisnis terbaik.

  1. Micro Finance

Jenis fintech selanjutnya adalah micro finance. Micro finance ini merupakan layanan perusahaan fintech yang bisa membantu masyarakat kelas menengah kebawah untuk menunjang kehidupan dan keuangannya melalui penyedia layanan finansial.

  1. Payment Gateway

Payment gateway merupakan sistem fintech yang melakukan pembayaran melalui transaksi online. Contoh fintech untuk payment gateway ini adalah Paypal.

  1. Investasi

Seiring dengan semakin berkembangnyafintech, maka proses investasi pun bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisien. Ada banyak sekali instrumen investasi yang bermigrasi melalui aplikasi online. Dengan begitu, maka pihak investor pun dengan mudah bisa menanamkan modalnya.

  1. Bank Digital

Jenis-jenis fintech P2P Lending yang terakhir adalah bank digital. Bank digital ini merupakan bank yang sudah 100 persen proses transaksinya dilakukan secara digital. Mulai dari proses pendaftaran rekening sampai pada manajemen asetnya.

Bank digital ini sangat berbeda dengan mobile banking. Hal ini disebabkan karena dalam proses transaksinya, mobile banking ini masih berkaitan secara langsung dengan bank offline. Sementara itu, untuk bank digital sendiri sudah 100 persen proses transaksinya dilakukan secara elektronik.

BACA JUGA  4 Platform Fintech Untuk Investasi, anda harus coba!

Salah satu contoh produk fintech dalam bank digital ini adalah One Mobile. Meskipun memang One Mobile ini dirilis oleh OCBC NISP, maka One Mobile ini merupakan entitas digital yang bisa berdiri sendiri. Jenis fintech yang satu ini memiliki manajemen aset yang terpisah dari rekening non digitalnya.

Jika Anda ingin lebih mengetahui perihal One Mobile ini, maka Anda bisa memasang aplikasi One Mobile tersebut dengan cara mengunduhnya melalui Google Play Store maupun App Store.

demikian penjelasan mengenai jenis jenis fintech P2P lending yang berkembang di Indonesia. semoga bermanfaat dan dapat menjadi literasi bagi anda. sehingga lebih mengenali fintec jenis ini. share ya jika ini bermanfaat

salam dunialiterasi

Leave a Reply