New: 5 Tempat Media Pembelajaran Interaktif

  • February 11, 2022
  • 211 Views
Recomended 5 Tempat yang Menyediakan Media Pembelajaran Interaktif

Media pembelajaran interaktif kini menjadi sebuah alat yang sangat membantu guru – guru untuk menyampaikan materi pelajaran dengan lebih mudah. Dengan bantuan media pembelajaran interaktif ini, tujuan pembelajaran semakin mudah tercapai. Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif ini, kegiatan peserta didik pun semakin menikmati proses belajar mengajar dan kegiatan dikelas tidak membosankan.  

Tak hanya itu, menggunakan media pembelajaran interaktif ini dapat mengubah mindset para siswa bahwa kegiatan belajar tidak hanya membaca materi pelajaran dan mendengarkan guru saja. Saat ini, ada beberapa media pembelajaran interaktif yang patut di coba oleh para guru demi suasana kelas yang semakin hidup. Media – media pembelajaran tersebut juga akan mengasah kreativitas para guru untuk memanfaatkan media dan mempresentasikan materi pelajaran dengan cerdas.

Baca juga: 5 Media Pembelajaran Interaktif : Fungsi dan keunggulannya

5 Tempat Media Pembelajaran Interaktif

tempat media pembelajaran interaktif

Kinemaster

Kinemaster merupakan sebuah aplikasi yang bisa membuat penggunanya mengedit video menjadi sebuah media pembelajaran yang interaktif. Aplikasi ini sangat populer hingga kini dan bisa diakses secara gratis. Memang, aplikasi Kinemaster yang tampak rumit ini dulunya banyak digunakan oleh para youtuber serta video editor saja.

Namun sebenarnya jika sudah mencoba, sebenarnya fitur – fitur dalam aplikasi ini cukup mudah digunakan, kok. Jadi, guru dan murid pun bisa menggunakannya dengan mudah. Aplikasi Kinemaster dapat di download dan digunakan di PC maupun ponsel pintar, terlebih lagi kini ada banyak tutorial penggunaan Kinemaster di Youtube maupun berbagai blog.

Untuk menggunakan aplikasi Kinemaster ini, pengguna bisa memilih menggunakannya secara gratis maupun berbayar atau premium. Namun, jika ingin menggunakan seluruh fitur yang ditawarkan dan hasil editing yang maksimal, pengguna dapat melakukan pembayaran untuk tambahan menu – menu yang tersedia seperti video effect, transisi, hamparan, audio, jenis font, efek dan karakter kartun, dan sebagainya. 

Canva

Aplikasi Canva adalah sebuah aplikasi yang mampu mengolah grafis, gambar, dan media visual lainnya seperti video. Aplikasi satu ini semakin populer karena ragam grafis gratis dan berbayar yang sangat variatif. Aplikasi pengolah grafis berbasis cloud ini harus menggunakan internet dalam mengoperasikan aplikasi ini.

Para guru dapat memanfaatkan Canva untuk mengolah sajian materi pembelajaran dalam bentuk infografis, worksheet, brosur, poster, rangkuman materi, thumbnail Youtube, template presentasi yang menarik, dan masih banyak lagi.

Selain tersedianya varian grafis untuk gambar dan video yang sangat menarik, Canva juga cukup lengkap dalam menyediakan berbagai kategori termasuk untuk media social, template presentasi, dokumen dalam berbagai ukuran, marketing, event, iklan, penggunaan personal, dan sebagainya. Dengan pilihan itu, para guru memilih banyak template yang cocok untuk media pengajaran yang dibuat berdasarkan materi serta karakteristik siswanya.  

baca juga: Cara Membuat Konten Media Pembelajaran yang Menarik

Powtoon

Aplikasi Powtoon merupakan aplikasi presentasi serta video animasi interaktif. Para guru bisa menggunakan aplikasi Powtoon ini untuk membuat desain sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi ini, para guru dapat mengolah desain media pembelajaran interaktifnya seperti pembuatan video animasi, presentasi, infografis yang bergerak maupun berbentuk gambar, dan masih banyak lagi jenisnya.

Aplikasi Powtoon ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan template yang bisa membantu guru dalam membuat media pembelajaran interaktif yang menyenangkan. Aplikasi ini mampu membuat pengguna menambahkan text effect, link, background, character, animation, dan sebagainya.

Dengan Powtoon, guru bisa juga mengunggah hasil editing pembelajarannya ke dalam berbagai media social seperti facebook, Instagram, Youtube dan sebagainya. Selain itu, Powtoon juga bisa disimpan kedalam format MP4, PPT, dan PDF.

Prezi

Aplikasi Prezi mungkin sudah banyak dikenal secara luas oleh para guru dan siswa. Prezi dikenal sebagai aplikasi web yang memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah presentasi yang interaktif dan sangat menarik. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur utama seperti Prezi Video, Prezi Desain, dan Prezi Present. Sebenarny, Prezi memiliki basis penggunaan editing presentasi yang mirip dengan Google Slide maupun Powerpoint dari Microsoft.

Namun yang membuat Prezi lebih diminati adalah adanya fitur Zooming User Interface atau ZUI. Fitur ini membuat pengguna bisa memperkecil serta memperbesar tampilan media presentasi secara fleksibel dan dinamis. Sehingga pengguna bisa memilih ragam tampilan presentasi menggunakan mode linear atau mode presentasi yang bisa memunculkan slide secara berurutan. Menariknya lagi Prezi dapat di akses secara online maupun offline. Akan tetapi, pengguna harus menginstal masternya lebih dulu. 

Assemblr Edu

Assemblr Edu merupakan aplikasi yang membantu para guru dalam membuat media pembelajaran yang interaktif. Dengan mode 3D dan AR (Augmented Reality), para guru bisa membuat kegiatan belajar menjadi lebih interaktif dan kolaboratif.

Assemblr Edu juga memungkinkan para guru untuk mengunggah file materi pembelajaran, membagian materi visual, membuat kreasi 3D & AR di kelas, serta menulis catatan. Cara mengoperasikan Assemblr Edu cukup mudah dengan User Experience yang ciamik. Inilah yang membuat Assemblr Edu layak diperhitungkan sebagai salah satu platform untuk membuat media pembelajaran yang interaktif.

baca juga: 7 Macam Media Pembelajaran, Prinsip dan Contohnya

Alasan Media Pembelajaran Interaktif Sangat Diperlukan Guru

Media pembelajaran interaktif saat ini di kalim sangat membantu guru dalam meraih tujuan pembelajaran. Ini dia 3 alasan utama mengapa guru membutuhkannya:

Berbasis Visual

Penyampaian materi dengan menggunakan visualisasi memang lebih menarik perhatian para murid. Gambar serta animasi 3D adalah dua jenis media visual yang paling banyak diminati siswa – siswi berbagai level karena visualisasi paling cepat memicu keingintahuan siswa dan lebih mudah diingat oleh mereka. Selain itu, gambar, animasi, serta suara yang muncul saat materi disampaikan membuat para murid lebih mudah mengingat materi pelajaran. Jadi penggunaan media pembelajaran interaktif ini menguntungkan guru dan juga muridnya dalam proses belajar.

Mudah Dipahami

Saat ini, platform – platform yang membantu proses pembuatan media pembelajaran yang interaktif semakin menawarkan banyak fitur yang bisa dioperasikan dengan sangat mudah. Dengan pemanfaatan platform – platform tersebut, para guru dapat mengasah kreativitasnya untuk menghadirkan materi pelajaran yang rumit menjadi lebih mudah diserap karena adanya teknologi yang memunculkan sajian video, gambar menarik, animasi 3D, hingga AR,

Tersedianya Materi yang Diperlukan

Semua platform – platform diatas menyediakan berbagai macam template untuk keperluan konten, bahkan aplikasi Assemblr menyediakan konten pendidikan yang bisa diakses dan di download secara gratis. Di aplikasi Assemblr itu, pengguna juga bisa melakukan upload materi yang sudah diedit. Meskipun masih terbilang baru, aplikasi satu ini memang memiliki banyak fitur premium bahkan jika digunakan secara gratis.

Itu dia beberapa contoh platform yang mampu memudahkan para guru untuk mengedit dan menyampaikan materi dalam bentuk visualisasi yang menarik keingintauan siswanya. Terlebih lagi, semua platform yang disebutkan diatas dapat digunakan secara gratis dan tidak harus berbayar. Dari kelima platform diatas, aplikasi mana yang pernah anda coba?

All Comments

Leave a Reply