New: 4 Tips Agar Tidak Tertipu Fintech Lending

Butuh Pinjaman online melalui Fintech lending? tapi khawatir tertipu. Berikut ini 4 Tips agar tidak tertipu fintech lending. yang mudah dilakukan. sebagaimana kita ketahui, bahwa salah satu jenis fintech yang berfungsi untuk memberikan pinjaman adalah fintech P2P lending. disatu sisi, teknologi finansial ini memudahkan kita, namun disatu sisi juga rawan penipuan sebagaimana di rilis oleh OJK.

Sebagai platform finansial, Fintech lending ini banyak jenisnya. oleh karena itu, penting juga bagi anda, untuk mengenali jenis jenis fintech lending agar bisa menjadi pertimbangan ketika suatu saat nanti anda membutuhkannya.

Dewasa ini, ada banyak orang yang menggunakan pinjaman online sebagai langkah untuk bertahan hidup atau modal dalam berbagai hal.  Tingkat ekonomi dari masyarakat yang menurun membuat banyak orang mencari fintech lending.  Anda memang tidak perlu bingung karena ada tips agar tidak tertipu fintech lendingTeknologi finansial ini sangat tenar sekarang ini karena banyak faktor.

Salah satu faktornya adalah jauh lebih mudah dalam pengajuan pinjaman. Selain itu dapat memberikan kemudahan dimana Anda dapat menggunakan aplikasi sesuai dengan kenyamanan. Tidak harus bertemu secara langsung untuk meminjam uang dan pasti aman. Namun, harus mendapatkan tempat yang sesuai juga. Bagaimana caranya?  Yuk, cek di sini langkahnya.

Baca juga: apa itu fintech lending dan cara kerjanya

Tips Agar Tidak Tertipu Fintech Lending
https://finansial.bisnis.com/

4 Tips Agar Tidak Tertipu Fintech Lending Mudah

Ada beberapa hal dasar yang harus Anda pahami jika ingin meminjam uang dari berbagai aplikasi online.  Dengan mempunyai edukasi berkaitan dengan pemilihan tempat yang sesuai. Maka, Anda dapat merasa jauh lebih aman dan terhindar dari fintech ilegal. Beberapa langkah mudah yang ada ini dapat Anda gunakan dalam pemilihan.

BACA JUGA  Cara Daftar dan Kode Refferal Motion Banking

1.     Terdaftar legal di OJK

Hal pertama yang harus Anda pastikan dalam meminjam uang seperti ini adalah mencari fintech yang sudah terdaftar legal di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Pastikan kalau perusahaan tersebut mempunyai izin untuk beroperasi dari OJK. Jadi, semua kegiatan yang ada sudah diawasi sehingga Anda pasti jauh lebih aman. Anda dapat melakukan pengecekan sendiri di nomor WA atau situs resmi. kamu bisa mengunjungi laman OJK terkait dengan daftar fintech lending Legal yang sudah terdaftar di OJK.

Ada alasan Anda harus mengecek legalitas dari peminjaman. Hal ini diperlukan sehingga Anda tidak akan mengalami penipuan. Tentunya, dapat terhindar dari jeratan bunga yang tinggi.  Pengawasan dari OJK adalah hal yang penting untuk perusahaan. Ada sanksi yang akan diberikan sehingga tidak perlu khawatir.

Baca Juga : 20+ Daftar Fintech Legal yang Ada di Indonesia

2.     Memudahkan peminjam

Tips agar tidak tertipu fintech lending adalah mencari yang dapat memudahkan para peminjam. Pinjaman online adalah solusi untuk semua orang yang membutuhkan uang. Fintech perlu menyediakan berbagai macam platform untuk digunakan. Anda tidak perlu bingung jika dapat menggunakan aplikasi yang sesuai dan ada banyak langkah mudah.

Misalnya, proses pengajuan yang lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak data. Anda juga perlu memilih yang dapat memberikan pencarian uang dengan cepat. Selain itu, pilih juga yang memberikan pelayanan lainnya dimana ada pilihan jangka waktu yang dapat digunakan. Anda jadi dapat menyesuaikan dengan kemampuan sendiri juga.

Namun demikian, anda harus tetap waspada dan hati hati. Kemudahan yang diberikan harus proporsional, data yang diminta harus standard. Misalnya data rekening bank, data atau nomor ATM. anda harus hati hati ketika memberikan data tersebut. karena ada beberapa bagian nomor di kartu ATM yang sifatnya rahasia. misalnya 3 digit terakhir nomor dibagian belakang kartu ATM. Nama ibu kandung, ini juga rawan untuk pemalsuan data perbankan.

BACA JUGA  New: penjelasan Fintech dan Blockchain yang harus kamu pahami

3.     Membaca semua persyaratan

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan sebelum meminjam uang adalah membaca berbagai macam persyaratan yang ada. Ada syarat dan juga ketentuan yang berlaku jika Anda mengajukan pinjaman uang. Jadi, untuk menghindari berbagai macam kerugian yang tidak diinginkan. Maka, Anda harus membaca dengan teliti.

hal ini sangat penting, jangan sampai nanti ketika terjadi permasalahan, anda dirugikan dan tidak bisa berbuat apa apa hanya karena lalai tidak membaca persyaratan dari fintech tersebut. misalnya denda keterlambatan pembayaran, ini seringkali diabaikan oleh kita. sehingga ketika terjadi keterlambatan dan dendanya lumayan tinggi, kita tidak bisa komplain.

4.     Semua biaya transparan

Langkah lainnya yang dapat Anda lakukan sebelum meminjam uang adalah memastikan semua biaya yang harus dibayarkan transparan. Jadi, tidak perlu merasa bingung dan lain sebagainya. Semua tempat yang legal akan memberikan rincian biaya yang jelas kepada peminjam. Ini beberapa tips agar tidak tertipu fintech lending yang dapat Anda lakukan untuk kemudahan sendiri. Penting halnya untuk menggunakan langkah yang sesuai sehingga tidak kesulitan dalam meminjam uang.

Itulah 4 Tips agar tidak tertipu fintech lending yang dapat dengan mudah anda terapkan. selamat mencoba, salam sehat, sehat badan, jasmani dan sehat finansial. Jika ingin tahu lebih lengkap tentang fintech secara keseluruhan, anda bisa membacanya di Penjelasan Lengkap Tentang Fintech era 21

Leave a Reply