New 2022 – Cara Monetisasi Game di Android

Android Gamers! cara monetisasi game di Android bisa dibilang cukup mudah. Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa Anda coba di dalamnya. Berikut ini uraian lengkapnya!

Bermain game menjadi suatu habit yang tidak bisa dilepaskan belakangan ini. Apalagi anak-anak muda saat ini tampaknya sudah sangat dekat dengan game Android. Mereka kebanyakan hanya menikmati kesenangannya saja tanpa tahu cara monetisasi game di Android. Padahal jika mereka mengetahui caranya tentu hal ini bisa menjadi sangat menguntungkan. Karena selain mendapatkan kesenangan, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari bermain game. Nah, penasaran apa saja cara monetisasi game di Android? Yuk simak selengkapnya.

Cara Monetisasi Game di Android

Monetisasi game di Android setidaknya bisa dilakukan dengan 2 cara, Gameplay dalam game itu sendiri, dan dengan cara diluar permainan game itu sendiri. Hal ini karena ada banyak game yang juga menyediakan fitur coin yang bisa ditukarkan dengan uang asli. dengan cara ini anda bisa monetisasi game android dengan memperbanyak coin untuk ditukarkan dengan uang asli.

cara monetisasi game di Android

Tetapi apabila hasilnya kurang menggiurkan, maka Anda bisa mencoba cara monetisasi game di Android dengan beberapa tips di bawah ini. Dalam artikel kali ini akan dibahas, cara monetisasi game android diluar permainan game itu sendiri.

berikut ini cara monetisasi game di android yang layak anda coba

Menjadi Streamer

Nah cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggeluti profesi sebagai stramer. Definisi dari game streamer sendiri adalah seseorang yng melakukan proses perekaman saat melakukan permainan dalam gamenya. Setelah itu streamer akan menayangkan secara langsung lewat platform-platform live streaming yang biasanya ada di internet untuk ditonton oleh banyak orang. Hal yang membedakan dengan youtuber adalah dari segi metode yang digunakan.

Apabila youtuber menyiarkan lewat rekaman non live maka streamer bisa dibilang menyiarkannya secara langsung. Ada banyak platform yang bisa Anda coba seperti Twitch, Facebook Gaming maupun Youtube.

Sebut saja Jeffrey Shih atau yang lebih populer dengan ” trumpSC ” adalah seorang streamer terkenal dari game Hearthstone. Menurutnya, karir sebagai seorang streamer game adalah karir yang evergreen, karena tren jumlah penonton streaming makin hari makin banyak.

Dari mana sumber pendapatan streamer game?

Seorang streamer Game bisa mendapatkan penghasilan dari beberapa sumber, yaitu dari livestreaming-online Ads, dari sponsorship serta dari fee sebagai seorang pembicara atau komentator dalam event event game.

Menjadi Brand Ambasaddor

BA atau Brand Ambasaddor memang tidak ada kaitannya dengan bermain game secara langsung. Akan tetapi profesi BA ini semakin hype seiring dengan tren bermain game. Apabila Anda sudah mencapai level tertentu pada suatu game sehingga bisa dibilang jago dan memiliki banyak pengikut media social maka Anda biasanya akan ditawarkan untuk menjadi BA yang nantinya mempromosikan produk game yang dimainkan. Tentunya pekerjaan ini bisa Anda raih jika telaten dan tidak mudah menyerah.

Menjual Item Game

Pada beberapa jenis game telah memiliki fitur item in game. Item in game ini biasanya digunakan sebagai ciri khas dan didapatkannya cukup sulit. Anda perlu rajin memainkan dan jago di dalamnya untuk mendapatkan item tersebut. Karena kesulitan inilah kemudian banyak orang yang mencari untuk mendapatkan item game ini.

Anda yang rajin mengumpulkan item bisa menjualnya kepada orang-orang tersebut. Contoh paling mudahnya adalah game Higgs Domino, Eaze Games.

Menjadi Youtuber

Cara monetisasi game di Android selanjutnya adalah menjadi Youtuber. Youtuber menjadi profesi yang banyak digeluti di zaman sekarang karena nyatanya banyak Youtuber sukses di Indonesia yang berawal dari game. Misalnya saja yang terkenal adalah Windah Basudara yang banyak digemari oleh para remaja di Indonesia. Nah, untuk menjadi Youtuber maka Anda perlu melakukan pendaftaran Youtube, Adsense dan konsiten mengupload konten.

Menjadi Joki Game

Jika Anda merasa jago memainkan suatu game, maka cara monetisasi selanjutnya adalah dengan jadi joki game. Tugasnya pun sederhana. Anda hanya perlu memainkan game di akun orang lain untuk menaikkan ranking. Jika sudah maka Anda akan dibayar sesuai rangking yang didapatkan.

Nah itu dia beberapa cara monetisasi game di Android yang bisa Anda coba. Tentunya cara-cara di atas bisa Anda jadikan pilihan karier yang sejalan dengan hobi Anda. Siapa tahu, Anda bisa jadi tekenal berkat konsisten dan kegigihannya.

Leave a Reply