New 2022: Cara Daftar BPJS Online!

  • February 18, 2022
  • 142 Views
New 2022 Cara Daftar BPJS Online e1645167876240

Bagi Anda yang berencana mendaftar bPJS secara online, bisa menggunakan aplikasi JKN. Terlebih dahulu, Anda bisa mencari di Play Store dengan mengetik JKN. Di sana akan ditemukan JKN mobile. dalam artikel ini akan diuraikan secara lengkap step by step tentang Cara Daftar BPJS Online.

Sebelum ke pembahasan langkah atau cara daftar bpjs Online, bagi anda yang belum mengetahui detail tentang BPJS yuk kita simak dulu sekilas tentang BPJS.

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial memiliki fungsi ekonomi, sekaligus pemberian perlindungan pemerintah terhadap masyarakat Indonesia. BPJS dibagi menjadi dua, yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

BPJS ini diatur dalam UU nomor 24 tahun 2011, terkait penyelenggaraan program jaminan kerja dan kesehatan. Selanjutnya Badan Penyelenggara Jaminan Kerja ini seumpama badan asuransi yang hak miliknya dikuasai oleh pemerintah.

Anggota BPJS Wajib Tahu Tentang Kepesertaannya

Cara Daftar BPJS Online: Jika Anda ingin mendaftarkan BPJS, terlebih dahulu Anda harus tahu kategori kepesertaan, atau keanggotaan yang Anda inginkan. Karena setelah terbagi menjadi 2, yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, ternyata masih ada kategori di bawahnya, atau kelas-kelas daripada tiap peserta.

BPJS Kesehatan diperuntukkan bagi warga negara Indonesia dan juga warga asing yang telah mendiami Indonesia selama lebih dari 6 bulan. BPJS kesehatan adalah kepanjangan dari pada; Askes, Jamkesmas, Jamkesda, dan jaminan kesehatan lainnya.

Karena kini, semua itu telah dipersingkat menjadi BPJS Kesehatan. Kelas atau keanggotaan daripada BPJS Kesehatan ada 2, yaitu PBI atau Peserta Penerima Iuran dan Non-PBI atau Peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran.

BACA JUGA  7 cara Membuat Konten Media Pembelajaran yang Menarik

Selanjutnya anggota dari BPJS Kesehatan PBI adalah dari warga Indonesia yang tergolong ke dalam fakir miskin atau catatan dinas sosial. Iuran mereka ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Indonesia.

Sementara BPJS Kesehatan Non PBI akan membayar iuran mandiri tiap bulannya, seperti mereka yang membayar asuransi. Kemudian golongan ini akan terbagi dalam 3 kelas. Anda dapat memilih salah satu dari ketiga itu, jika ingin mendaftar BPJS Kesehatan.

BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan ini dimiliki oleh pegawai atau buruh. Mereka berhak atas jaminan hari tua JHT, jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, dan  jaminan kehilangan pekerjaan.

Sebenarnya iuran daripada BPJS Ketenagakerjaan adalah uang milik pegawai itu sendiri, yang memang diakumulasikan dalam jangka atau tempo waktu tertentu.

BPJS Ketenagakerjaan ini berguna, yaitu demi pegawai atau buruh terkait. Hal ini adalah program jaminan sosial daripada pemerintah untuk pemberian perlindungan, sosial ekonomi terhadap masyarakat Indonesia.

Golongan daripada BPJS Ketenagakerjaan meliputi; Pekerja Penerima Upah atau PU, Pekerja Bukan Penerima Upah atau BPU, Pekerja Jasa Konstruksi, dan Pekerja Migran Indonesia.

Cara daftar BPJS online Melalui Aplikasi JKN

Bagi Anda yang berencana mendaftar secara online BPJS, bisa menggunakan aplikasi JKN. Terlebih dahulu, Anda bisa mencari di Play Store dengan mengetik JKN. Di sana akan ditemukan JKN mobile.

Kenapa aplikasi JKN? Hal ini terkait kemudahan dalam mengakses berbagai fitur yang disediakan oleh BPJS. Di mana dalam aplikasi JKN mobile, terdapat kolom untuk konsultasi dokter dan juga skrining kesehatan.

Persyaratan yang harus Anda siapkan sebelum mendaftar BPJS online adalah; Nomor HP dan alamat email aktif, Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang berada di KTP, dan juga nomor Kartu Keluarga atau KK.

cara daftar bpjs online
cara daftar bpjs online, dunialiterasi.com

Cara Mendaftarkan BPJS Online Dengan Aplikasi JKN:

  1. Buka aplikasi JKN Mobile
  2. Pilih menu daftar
  3. Pilih Pendaftaran Peserta Baru
  4. Baca ketentuan dan pilih opsi Setuju
  5. Input data NIK KTP Anda
  6. Ketik kode Captcha yang menerangkan Anda bukan robot
  7. Layar akan menampilkan Daftar Data Keluarga dan Calon Peserta BPJS
  8. Isi data Anda secara benar
  9. Pilih opsi Selanjutnya
  10. Jika Anda mendaftar BPJS Kesehatan, pilih fakes yang Anda inginkan, termasuk dokter gigi
  11. Masukkan data email aktif Anda
  12. Pilih opsi SIMPAN
  13. Tunggu kode verifikasi yang dikirim ke email Anda
  14. Setelah mendapatkan kode verifikasi, input kode ke aplikasi JKN Mobile
  15. Anda akan melihat virtual account untuk Premi atau uang pangkal
  16. Selanjutnya pembayaran iuran BPJS dan uang premi bisa dibayarkan di e-commerce, ATM, m-bangking, kantor pos, atau bahkan minimarket terdekat Anda.
  17. Jika Anda telah selesai membayar premi, secara langsung Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS
BACA JUGA  New: Memahami Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Selanjutnya untuk cetak kartu BPJS, Anda bisa mengakses menggunakan aplikasi JKN Mobile. Dengan mendownloadnya terlebih dahulu. Perlu diketahui, pembayaran iuran BPJS adalah sebelum tanggal 10 tiap bulannya. anda juga bisa membayar iuran bulanan BPJS dengan FIntech. Namun anda harus mengenali ciri ciri fintech ilegal agar tidak tertipu saat melakukan pembayran iuaran bulanan BPJS anda.

Itulah detail cara daftar BPJS Online melalui aplikasi JKN. semoga bermanfaat. salam literasi.

Leave a Reply

x