Mudah! Simak 7 Cara Membuat Blog Berikut Ini!

  • June 17, 2022
  • 43 Views
cara membuat blog pribadi

Cara membuat blog – Era digital anda bisa mengekspresikan diri melalui media blog pribadi. Bahkan anda bisa menjadikannya sebagai sumber pendapatan. inilah salah satu praktik dari pemanfaatan teknologi untuk sumber penghasilan

Terkadang, banyak spekulasi yang muncul tentang cara membuat blog yang hanya bisa dikerjakan oleh orang-orang yang paham dengan coding saja. Namun, tahukah kamu bahwa kamu juga bisa membuat blog tanpa ilmu dasar coding?

Cara membuat blog sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Bagi kamu yang ingin membuat blog namun tidak memiliki ilmu-ilmu dasar untuk membuat blog, kamu bisa menggunakan CMS (Content Management System), loh! Simak tutorialnya berikut ini!

Cara Membuat Blog Pribadi dengan Mudah

Cara membuat blog

Cara Membuat Blog Pribadi – Kali ini, dengan mempertimbangkan aspek-aspek dan keunggukan WordPress.org, kamu bisa menggunakan platform tersebut untuk membuat blog pribadimu. Berikut adalah 8 cara mudah untuk membuat blog pribadimu.

1. Pilih dan tentukan niche blog

Apa yang dimaksud dengan niche blog? Niche blog merupakan tema atau topik khusus yang dibahas dalam sebuah blog. Jadi singkatnya, kamu hanya perlu membuat konten-konten yang memiliki tema sama dalam suatu blog.

Hal ini sangat dianjurkan agar blogmu bisa terkenal dan mempunyai ciri khusus sebagai impresi dari para pembaca blogmu.

Dengan menentukan dan menjalankan niche blog, kamu akan dianggap ahli dalam topik tertentu dan bisa dijadikan banyak acuan oleh orang-orang yang membaca blogmu.

Untuk itu, pilihlah topik yang kamu kuasai untuk dijadikan niche blog. Hal ini akan membuat kamu menjadi ahli dalan suatu topik yang kamu pilih untuk ke depannya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan topik populer yang ada di internet agar konten di blogmu tidak menjadai sia-sia. Kamu bisa menggunakan Google Trend untuk mengecek dan melihat tren apa saja yang sedang viral di masa sekarang.

Selain itu, kamu bisa menghasilkan uang lewat niche blog ini, loh! Caranya cukup dengan memasang Google AdSense atau membuat konten review endorsement, dan lain sebagainya. Menarik, bukan?

2. Pilihlah hosting dan layanan yang tepat

Apa yang dimaksud dengan hosting? Hosting adalah tempat yang menyimpan seluruh file blog yang kita punya yang dapat diakses melalui internet.

Dengan menggunakan WordPress.org, kamu memerlukan layanan hosting yang mandiri. Dalam memilih layanan hosting ini, kamu tidak boleh memilih secara sembarangan karena bisa berperngaruh terhadap performa blogmu.

Sebisa mungkin, pilihlah layanan hosting yang sudah terpercaya seperti shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting. Namun sebagai pemula, kamu dianjurkan untuk memilik shared hosing.

Hal tersebut karena blog yang baru kamu bangun belum terlalu membutuhkan sumber daya server yang nilainya tinggi. Di samping itu, pengelolaannya juga sangat mudah, bahkan akan dibantu oleh penyedia layanan.

3. Tentukanlah nama domain untuk blogmu

Cara membuat blog berikutnya adalah dengan menentukan nama domain blog pribadimu. Domain adalah alamat yang nantinya digunakan untuk mengakses blogmu.

Dengan menggunakan WordPress.org, kamu bisa bebas memilih nama domain yang kamu sukai seperti:

  • .com
  • .org
  • .co.id
  • .id
  • .net; dan lain sebagainya.

4. Install WordPress pada perangkatmu

Setelah selesai mengurusi hosting dan domain, kini saatnya kamu menginstall WordPress pada perangkatm. Sebagai informasi tambahan, kamu dapat memilih salah satu fitur yakni Auto Install WordPress saat checkout dengan gratis.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot untuk menginstall WordPress di perangkatmu secara manual.

5. Aturlah konfigurasi dasar WordPress milikmu

Setelah penginstallan WordPress berhasil dilakukan, kamu perlu melakukan beberapa konfigurasi atau pengaturan WordPress sebelum kamu membuat blog. Kamu harus log in ke dashboard WordPress.

Lalu kunjungi http://namadomainanda.com/wp-admin. Terdapat beberapa konfigurasi yang dapat kamu lakukan, yakni:

  • Hapus post bawaan dari WordPress
  • Ubah kategori
  • Atur format tanggal dan hari
  • Atur post
  • Atur komentar
  • Mengubah format permalink
  • Mengubah gravatar
  • Melengkapi profil WordPress

6. Menginstall tema WordPress

Meskipun tema yang disediakan WordPress sangat banyak dan gratis, kamu tidak boleh memilih sembarang tema untuk di-install. Hal itu karena tema yang kamu pilih akan berpengaruh pada tampilan blogmu secara keseluruhan.

Caranya cukup mudah. Masuk ke dasboard wordpress anda. Pilih menu Appearance kemudian Add New. Berikutnya anda tinggal ketikkan kata kunci pencarian thema sesuai dengan referensi yang bisa anda cari di internet. Dan ini gratis. Kemudian pilih salah satunya, dan klik install, tunggu hingga prosesnya selesai

Berikutnya klik Active untuk mengaktifkan thema yang baru saja anda install. Jika sebelumnya anda telah memakai thema yang bundle dengan pluginnya, jangan lupa untuk menonaktfkan plugin tersebut. Terkadang bisa menyebabkan error dan blog anda tidak dapat diakses. Jika terjadi demikian, cukup menonaktifkan plugin sudah bisa kembali normal.

7. Buat postingan baru dan install plug in yang kamu butuhkan

Setelah menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya, kini kamu bisa membuat post yang unik dan berkualitas pada blogmu. Pastikan artikel yang kamu buat menarik untuk dibaca oleh orang lain.

Selain itu, cara membuat blog selanjutnya adalah dengan menginstall plug in yang kamu butuhkan.

Itulah 7 cara membuat blog dengan mudah. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply