Mengenal Strategi Pemasaran 4P dalam Dunia Bisnis

  • April 12, 2022
  • 107 Views
mengenal strategi pemasaran 4P

Mengenal strategi pemasaran 4P dan menerapkannya dalam menjalankan bisnis sangat mempengaruhi perkembangan bisnis tersebut.

Marketing Is the Dynamic Life-Blood of Every Organization – ungkapan pemasaran adalah ruh perusahaan kiranya menunjukkan betapa pentingnya pemasaran dalam proses bisnis. sebaik dan sebagus apapun produk kita, jika pasarnya tidak ada, maka tidak akan berarti apa apa. bagaimana menemukan dan menguasai pasar? tentu saja ini sangat banyak sekali variabel yang dijadikan tolak ukur untuk menjawabnya. dan salah satunya adalah strategi pemasaran yang tepat .

sebelum memutuskan sebuah strategi kontekstual, tentunya kita harus memahami dengan menguasai hal mendasar dalam pemasaran. salah satu strategi pemasaran yang “evergreen” tidak lekang oleh dinamika bisnis adalah strategi pemasaran 4P. variasi model dan strategi pemasaran yang berkembang saat ini adalah modifikasi dan penyesuain dari bentuk dasar strategi pemasaran 4P.

Seorang pebisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah strategi pemasaran 4P. Strategi pemasaran tidak hanya dimiliki oleh perusahaan besar saja namun perusahaan kecil juga harus memilikinya.

Pemasaran tujuannya membuat produk atau jasa yang dimiliki bisa dikenal oleh orang lain sebagai calon konsumen. Memasarkan produk sama halnya dengan menawarkan produk agar dapat dipakai konsumen.

Tentu penawaran tersebut nantinya bisa menghasilkan keuntungan yang sesuai untuk perusahaan. Inilah mengapa butuh adanya strategi agar kegiatan pemasaran bisa berhasil sesuai keinginan.

Sebelum menentukan strategi apa yang ingin digunakan sebaiknya seorang pebisnis mencari tahu banyak strategi. Lalu menyesuaikannya dengan target pasar, salah satunya mempelajari strategi pemasaran 4P.

Apa Itu Strategi Pemasaran 4P

Tujuan memiliki strategi pemasaran bukan hanya untuk menawarkan produk pada konsumen. Namun demi membuat produk yang dapat memuaskan konsumen dengan adanya penyesuaian.

Jika ingin bisnis berjalan dengan baik maka gunakan strategi yang tepat. Salah satunya menerapkan strategi pemasaran 4P atau biasa dikenal juga dengan marketing mix atau bauran pemasaran.

Strategi ini sudah ada sejak tahun 1950-an yang dipopulerkan oleh Neil Borden. Strategi ini disebut bauran karena mengandung lebih dari 10 unsur pemasaran yang ada di dalamnya.

Jadi strategi ini memiliki sekumpulan komponen atau variabel dasar sebagai patokan bisnis agar produknya dibeli konsumen. Strategi ini terdiri dari 4 bagian penting yaitu product, price, place dan promotion.

mengenal strategi pemasaran 4P

Keempatnya merupakan elemen penting yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Bahkan bagi Anda yang sedang merintis bisnis UMKM. Semua produk yang ingin sukses dipasaran harus memilikinya.

Selanjutnya pada tahun 1960-an strategi pemasaran 4P dikembangkan oleh Jerome McCarthy dengan variabel 7P. Ia menambahkan dan menyempurnakan beberapa hal penting dalam bauran pemasaran tersebut.

Seiring berjalannya waktu strategi P berkembang dengan banyak versi seperti 5P, 8P dan versi lainnya. Namun tetap semua versi tersebut sifatnya hanya menambahkan dan menyempurnakan variabel 4P yang ada.

Dengan kata lain strategi 4P adalah yang paling murni dan inti dari berbagai model pemasaran lainnya. Pebisnis tetap harus memiliki 4P dalam menjalankan bisnisnya untuk diterima pasar.

Elemen Penting Dalam Strategi Pemasaran 4P

Jika ingin produknya sukses dipasar maka seorang pebisnis harus memiliki 4 elemen penting dalam strategi pemasaran 4P. Diantaranya bisnis harus memiliki produk, harga, distribusi dan juga promosi.

Product (Produk)

Product (produk) harus memiliki kualitas dan manfaat untuk menentukan nilai jual serta memenangkan persaingan bisnis. Produk harus memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen.

BACA JUGA  Wajib Tahu! Freelancing, Strategi Bisnis Terbaik 2022

Price (Harga)

Elemen penting selanjutnya adalah Price (harga), seorang pebisnis harus menentukan harga produk dengan tepat. Harga yang ditentukan akan sangat berpengaruh pada permintaan dan penjualan di pasar.

Saat menentukan harga hal penting yang perlu diperhatikan diantaranya adalah biaya produksi. Lalu pertimbangkan pula keuntungan, competitor serta perubahan kebutuhan yang terjadi di pasar.

Place (distribusi – tempat)

Berikutnya dalam strategi pemasaran 4P ada Place (Distribusi), maksudnya adalah tempat untuk para konsumen mendapatkan produk yang ditawarkan. Pebisnis harus memiliki tempat produk didistribusikan seperti outlet, reseller atay franchise.

Promotion (promosi)

Elemen penting terakhir adalah Promotion (promosi). Kegiatan ini bermaksud memberi informasi dan pengaruh pada konsumen agar tertarik pada produk yang di tawarkan.

Bentuk promosi dapat berupa publikasi baik secara online maupun offline. Pebisnis dapat memanfaatkan berbagai platform jual beli ataupun social media untuk menawarkan produk, bisa pula menggunakan media cetak.

Faktor yang Mempengengaruhi Strategi Pemasaran 4P

Saat menentukan strategi pemasaran 4P baik produk, harga, distribusi dan promosi pasti ada beberapa faktor lain yang akan mempengaruhi. Diantaranya ada faktor eksternal dan juga faktor internal.

Faktor internal maksudnya adalah beberapa hal yang berkaitan dengan urusan internal persahaan atau organisasi. Biasanya berkaitan dengan penyediaan dana, tujuan perusahaan, sifat produk dan sebagainya.

Sedangkan yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah beberapa hal muncul dari luar perusahaan. Seperti halnya perilaku konsumen, persaingan pasar dengan competitor, distribusi produk bahkan regulasi pemerintah.

Baik faktor internal maupun eksternal memiliki pengaruh yang kuat dalam penerapan strategi pemasaran. Pastikan bisnis berjalan dengan baik bersama strategi pemasaran 4P agar bisa berkembang dan menghasilkan sesuai target.

All Comments

Leave a Reply

x