Memahami pentingnya Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) serta search engine optimization (SEO) sebagai media promosi masa kini serta moda digital marketing kontemporer. Perkembangan teknologi saat ini meniscayakan adanya inovasi strategi pemasaran dalam dunia bisnis.

Beberapa tren pemasaran digital diterapkan untuk meningkatkan performa penjualan era digital saat ini. beberapa diantaranya merupakan adaptasi strategi pemasaran konvensional, seperti strategi mix marketing-startegi pemasaran 4P, strategi pemasaran mix 7P. beberapa diantaranya merupakan murni penggunaan terkonologi baru, AI marketing, Seo Marketing.

Search Engine Marketing (SEM), sesuai dengan namanya, adalah bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website. Ini dilakukan dengan meningkatkan visibilitas situs pada laman hasil mesin pencari. SEM merupakan media promosi yang efektif dan tercepat untuk mengarahkan calon pelanggan ke suatu situs.

Selain mengoptimalkan mesin pencari, SEM juga mencakup penggunaan pencarian berbayar sebagai komponen utamanya. Beberapa di antaranya seperti sistem Pay-Per-Click atau yang disingkat PPC, dan layanan periklanan seperti Google Ads.

Menggunakan SEM sebagai alat pemasaran akan membantu suatu bisnis untuk dapat bertumbuh. Selain itu, SEM juga terbilang ampuh dalam meningkatkan suatu brand awareness dari produk atau layanan yang akan dijual atau ingin dipromosikan.

SEM diakui unggul dalam hal kecepatan dibandingkan dengan search engine optimization (SEO) yang membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu, penggunaan SEM menguntungkan marketer karena mereka dapat langsung mengirimkan iklan yang mereka inginkan ke sasaran pelanggan yang sesuai. SEM juga bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan keinginan yang dibutuhkan.

Apa perbedaan SEM dan SEO Secara Definisi?

Secara umum, SEM mengacu pada pemasaran menggunakan pencarian berbayar: sebuah sistem di mana bisnis membayar mesing pencari (Google misalnya) untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian.

Sedangkan untuk SEO sendiri sedikit memiliki skema berbeda dikarenakan bisnis tidak membayar mesin pencari untuk lalu lintas (traffic) dari laman situs. Bisnis yang mengandalkan SEO mengedepankan peluang mendapatkan tempat terbaik dalam hasil pencarian dengan memiliki konten yang paling relevan terhadap suatu pencarian kata kunci tertentu.

search engine marketing

Selain itu, pada SEO, pengiklan tidak bisa melakukan penargetan audiens. Bisnis perlu terlebih dahulu melakukan optimalisasi konten pada situs mereka untuk akhirnya bisa menganalisis apakah konten tersebut sesuai dengan target yang ditetapkan. Hal tersebut membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama jika dibandingkan dengan SEM.

Strategi Penggunaan search engine Marketing (SEM)

Seperti yang kita ketahui bahwa para pelaku bisnis di Indonesia didominasi oleh pelaku usaha kecil menengah (UMKM) dan sebagian besar di antara mereka menggunakan teknologi informasi dengan melakukan promosi dan penjualan secara daring. Adanya SEM dapat membantu mendongkrak traffic situs. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan SEM diperlukan beberapa strategi yang harus dilakukan:

Keyword research

Kata kunci adalah dasar dari strategi SEM. Sebelum menentukan kata kunci yang tepat perlu dilakukan survei terlebih dahulu mengenai kata kunci negatif atau istilah pencarian yang harus diabaikan dalam kampanye pemasaran atau iklan.

Terdapat beberapa kata kunci yang memiliki tujuan komersial yang tinggi atau mengindikasikan bahwa pencari sedang berkeinginan untuk membeli sesuatu. Contoh beberapa di antaranya seperti ‘beli’, ‘diskon’, ‘jual’, ‘kupon’, ‘gratis ongkos kirim’, dan lain-lain.

Link (Tautan)

Pembuatan link adalah faktor terpenting dalam mengoptimalkan situs untuk mesin pencari. Popularitas situs diukur oleh dalam jumlah tautan masuk yang dimiliki situs tersebut. Sebagian besar mesin pencari memasukkan popularitas tautan sebagai salah satu aspek mereka dalam pemeringkatan algoritma kinerja situs.

BACA JUGA  Manfaatkan Strategi SEO Marketing untuk Membangun Brand Awareness

URL yang dipersingkat

Penyingkat URL (shortened URL’s) adalah aplikasi daring yang mengubah URL (alamat situs) panjang menjadi lebih ringkas. URL harus dipersingkat karena berbagai alasan, seperti batasan karakter pada tiap postingan (contoh: Twitter), hingga unsur daya tarik estetika. Beberapa aplikasi pemendek URL dilengkapi dengan pemantau traffic, sehingga dapat dipantau berapa banyak jumlah klik yang dicapai oleh URL tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Analitik web

Pengukuran atau analisa situs merupakan langkah pertama untuk mengontrol dan melakukan perbaikan. Merancang sturtuk analisis situs akan membantu pelaku bisnis untuk fokus pada tujuan mereka. Analisa situs dapat mengukur jumlah arus traffic suatu situs, baik yang bersifat sederhana hingga banyak data. Hal tersebut dilakukan agar situs selalu terpantau baik dan SEM yang dilakukan dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Kualitas Konten

content is king konten adalah raja, unngkapan yang menunjukkan pentingnya sebuah konten dalam menentukan posisi SERP. Konten merupakan bagian penting yang akan disajikan kepada konsumen digital. optimasi Search engine tujuan utamanya adalah agar konten yang kita sediakan sampai pada konsumen. Untuk bisa sampai kepada pembaca, maka konten harus mendapatkan posisi yang baik di mesin telusur atau search engine.

optimasi konten dapat dilakukan dengan bantuan plugin atau tools lain. point penting optimasi konten ini diawali dari pemilihan judul yang setidaknya mengandung sentimen positif, sentimen negatif, power word dan dalam kondisi tertentu akan lebih bagus dengan mencantumkan angka.

selain optimasi judul, juga penempatan dan proporsi keyword. pada umumnya prosentase keyword yang bagus pada range 1 -2% dan salah satunya berada di bagian depan (10%) pertama dari konten. berikutnya adalah substansi konten, menggambarkan dari judul konten, akurasi dan sistematika penyajiannya dilengkapi dengan struktur H2, H3, H4 (proporsional / menyesuaikan), listing.

BACA JUGA  Strategi pemasaran Adaptif terbaik di era digital

dalam konteks ini setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan. pertama konten anda harus “manusiawi” enak dibaca dan mudah dipahami manusia. kedua mengikuti algoritma SE, artinya selain manusiawi juga memperhatikan kaidah “bot” search engine. jangan lupa panjang pendeknya paragraf juga dioptimasi.

Apabila stratetegi di atas dilakukan secara maksimal, pemasaran yang dilakukan secara melalui SEM akan dapat segera dirasakan manfaatnya. Pemilik bisnis juga bisa mendapatkan data demografi konsumen mereka, seperti jenis kelamin, daerah domisili, hingga bahkan kepentingan konsumen. Keberadaan data ini tentu dapat membantu dalam melakukan analisis guna menentukan penargetan pasar yang lebih baik kedepannya.

Untuk mendapatkan update dan memudahkan membaca artikel dari web ini tanpa membuka browser internet, anda dapat mengunduh Aplikasi dunialiterasi.com di Play Store.

Leave a Reply