Memahami Fintech Modern Vs Konvensional

  • January 20, 2022
  • 161 Views
fintech modern vs konvensional

Financial technology atau fintech menjadi fenomena yang menunjukkan perkembangan pesat dalam bidang jasa keuangan. Ada perbedaan yang sangat mendasar di bidang fintech modern vs konvensional yang harus diketahui. Perbedaan ini jadi pertimbangan jika Anda ingin bertransaksi keuangan digital yang prosesnya lebih efektif dan efisien. selain itu, anda juga perlu tahu berbagai fintech legal yang terdaftar di OJK indonesia

Dalam praktiknya antara model fintech modern lebih menarik perhatian. Di era digital saat ini sudah banyak yang melakukan praktik secara langsung fintech dalam sistem pembayaran upah hingga memesan ojek online. Keuntungan penerapan fintech bisa dirasakan secara langsung dalam kehidupan. uraian detail tentang fintech dari sejarah, jenis dan macam fintech di indonesia dapat anda baca pada artikel sebelumnya

Berbagai kemudahan dalam sistem pembayaran atau transaksi dengan fasilitas Fintech ini merupakan salah satu wujud nyata manfaat fintech dalam kehidupan ini. kita dapat dengan mudah dan cepat melakukan transaksi di berbagai platform marketplace online melalui fintech. selain itu, beberapa jenis fintech pun mampu mempertemukan pelaku usaha khususnya UMKM dengan para investor.

Seiring perkembangan dan inovasi teknologi, fintech pun mengalami transformasi. dari konvensional menjadi modern. jika tiba saatnya nanti fintech akan bertransformasi menjadi fintech postmodern. setidaknya dinamika saat ini menyebabkan adanya dua substansi perbedaan fintech. pertama dari sisi substansi pengelolaan melahirkan fintech syariah dan konvensional. kemajuan inovasi teknologi melahirkan dikotomi fintech konvensional dan fintech modern.

Artikel singkat ini menjelaskan fokus pada perbedaan dan persamaan fintech modern vs fintech konvensional. yuk simak uraiannya berikut ini:

Persamaan Fintech Modern Vs Konvensional

fintech modern vs konvensional

Dalam pelaksanaannya fintech konvensional akan lebih menekankan sebagai pemberi modal, sehingga kredit yang didapatkan oleh konsumen disebut juga sebagai pinjaman. Nantinya konsumen diwajibkan melakukan pengembalian pinjaman berikut dengan bunga yang ditentukan oleh si peminjam.

Fintech modern juga memberikan skema serupa yakni dana yang diberikan sebagai pinjaman namun bisa lebih luas lagi fungsinya. Perannya hadir dengan kemampuan mengganti peran lembaga keuangan sebagai contohnya bank, dimana bisa dijadikan sebagai alat pembayaran.

Persamaan keduanya ada dalam fungsi yakni bisa dijadikan sebagai tabungan, pinjaman, investasi dan juga pembayaran. Praktik fintech modern vs konvensional sudah terjadi meluas di masyarakat dan sulit untuk ditemukan perbedaan antara keduanya.

Adapun yang jelas perbedaan dalam dunia fintech adalah fintech syariah dan konvensional. Salah satu perbedaan yang ada diantara keduanya adalah akad yang terjadi serta bunga yang diberikan.

Untuk fungsinya, fintech syariah sekalipun sama dengan fintech modern bahkan konvensional. Anda bisa membaca penjelasan lebih detail terkait dengan fintech di https://sikapiuangmu.ojk.go.id disana ada penjelasan lengkap bahkan legalitas fintech yang ada di Indonesia.

Perbedaan Fintech Modern Vs Konvensional

Untuk lebih mudah dalam melihat perbedaan antara keduanya Anda bisa melihat salah satu contoh fintech konvensional seperti mbanking yang menjadi layanan bank konvensional. Sedangkan untuk fintech modern sendiri memberikan tawaran yang jauh lebih luas, seperti layaknya kebutuhan meluas dari perusahaan teknologi contoh pembayaran ojek online.

fintech modern vs konvensional
www.quirkins.com/

Dua perbedaan yang tipis ini menunjukkan jika baik fintech modern dan konvensional keduanya masih sama-sama dibutuhkan. Ada peran unik dari masing-masing fintech yang harus diketahui.

Salah satu keunggulan fintech ini bisa berjalan lurus dengan sektor keuangan seperti Bank. Kolaborasi perusahaan yang menyediakan alat pembayaran serta bank konvensional bisa tumbuh secara signifikan dalam jangka waktu yang cukup lama. Perusahaan teknologi hadir memberikan solusi layanan keuangan dengan teknologi tinggi.

BACA JUGA  Penting! Literasi Teknologi Bagi Guru di Era Society 5.0

Kolaborasi bank konvensional dan penyedia layanan ini memberikan keuntungan satu sama lain. Skala konsumen dunia perbankan yang jauh lebih besar dan rasa percaya masyarakat terhadap bank konvensional memang kuat. Di sisi ini fintech masih kalah namun tetap sudah bisa mendapat banyak keuntungan.

Tantangan yang dimiliki Indonesia saat ini adalah membuat kemajuan dalam lingkungan finansial yang bisa memberi kerjasama diantara dua pihak. Baik fintech konvensional dan modern harus terus bekerja keras supaya bisa memberikan layanan keuangan digital yang maksimal.

Meski dalam praktiknya masih banyak fintech ilegal dan merugikan masyarakat, ini sebagai dampak yang harus diterima saat kemajuan teknologi berlangsung dalam sektor keuangan. Bank digital sudah mulai mengikuti perkembangan dengan memberi keluasan pelayanan selayaknya yang dimiliki fintech.

Dari sini Anda bisa melihat persamaan dan perbedaan fintech modern vs konvensional. Pertimbangan harus dilakukan dengan benar sebelum terjerumus dalam dunia fintech baik sebagai konsumen atau pendiri perusahaan. detail aturan fintech bisa anda baca di website OJK

Leave a Reply

x