Manfaat Teknologi pada Pembelajaran Bagi Siswa dan Guru

Terdapat begitu banyak manfaat teknologi pada pembelajaran yang dapat dirasakan oleh siswa dan guru. Sehingga dengan begitu kualitas pendidikan khususnya di Indonesia bisa menjadi lebih baik.

Tentu Anda sudah memahami bahwa literasi digital atau teknologi merupakan hal yang sangat penting. Begitu pentingnya literasi digital membuatnya dapat diterapkan dalam berbagai aspek dalam kehidupan.

manfaat teknologi pada pembelajaran -

Bukan hanya pada bidang teknologi itu sendiri, literasi digital bermanfaat pada bidang lain seperti bisnis, keuangan hingga pembelajaran. Karena itulah seluruh lapisan masyarakat perlu memiliki dan menguasai literasi digital.

Melalui artikel ini, kami ingin membagikan contoh pemanfaatan teknologi atau dunia digital pada bidang pembelajaran. Silakan simak penjelasan berikut agar manfaat literasi digital di bidang pembelajaran dapat lebih Anda pahami.

Manfaat Teknologi Pada Pembelajaran Secara Umum

manfaat teknologi pada pembelajaran
ruangguru.com

Pemanfaatan teknologi bisa dirasakan pada bidang pembelajaran secara umum. Berikut adalah beberapa contoh manfaat dari teknologi pada bidang pembelajaran yang dapat dirasakan baik oleh guru dan murid.

Peningkatan Infrastruktur Belajar

Infrastruktur memiliki peranan penting dalam meningkatkan aktivitas belajar. Semakin baik kualitas infrastruktur, maka pengalaman belajar yang dirasakan oleh para siswa dan guru juga akan meningkat.

Kehadiran teknologi telah membuat infrastruktur belajar menjadi semakin canggih. Contoh sederhana saja seperti penggunaan proyektor di dalam kelas sehingga semakin memudahkan proses kegiatan belajar mengajar.

Bisa Anda bayangkan sebelumnya hadirnya teknologi proyektor, kegiatan belajar mengajar hanya mengandalkan papan tulis kapur. Tentunya kenyamanan dan kualitas kegiatan belajar mengajar di antara keduanya berbeda.

Pengembangan Kurikulum

Manfaat teknologi pada pembelajaran yang selanjutnya adalah pada pengembangan kurikulum. Di Indonesia sendiri, kurikulum telah mengalami begitu banyak perkembangan mulai dari CBSA, KTSP hingga K-13.

BACA JUGA  5 Aplikasi Akuntansi Terbaik Untuk Pelajar

Tentunya dengan pengembangan kurikulum tersebut, akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu hal yang menjadi pemicu dari perkembangan kurikulum adalah pesatnya kemajuan teknologi.

Standarisasi Sistem Pembelajaran

Salah satu isu yang paling banyak dibicarakan dalam dunia pembelajaran adalah standar. Sebab banyak pihak yang menganggap bahwa pembelajaran di suatu daerah lebih tertinggal dari daerah lain.

Keberadaan teknologi merupakan salah satu kunci untuk mengatasi masalah ini. Sebab dengan adanya teknologi, pihak-pihak terkait dapat mengupayakan terjadinya pemerataan kualitas pendidikan sehingga sistem pembelajaran di seluruh daerah menjadi setara.

Manfaat Teknologi Pada Pembelajaran Bagi Siswa

Selain memberikan manfaat secara umum, teknologi juga banyak menghadirkan manfaat bagi para siswa. Dengan adanya manfaat tersebut tentu akan semakin meningkatkan kualitas individu di masa mendatang.

Manfaat teknologi yang bisa dirasakan oleh para siswa bisa ditemui pada berbagai hal. Berikut adalah beberapa contoh manfaat hadirnya teknologi di bidang pembelajaran untuk para siswa.

Memperluas Sumber Pembelajaran

Hadirnya teknologi membuat para siswa dapat mengakses berbagai informasi secara cepat. Sehingga sumber pembelajaran yang dimiliki oleh para siswa di masa sekarang menjadi semakin luas.

Sehingga siswa tidak lagi hanya bergantung pada informasi yang ada di buku sekolah saja. Mereka dapat membandingkan informasi dari berbagai sumber sehingga pemahaman yang dimiliki lebih holistik.

Menjalin Hubungan Dengan Teman Belajar Jarak Jauh

Hampir semua orang sepakat bahwa belajar secara berkelompok lebih menyenangkan dibanding belajar seorang diri. Salah satu manfaat teknologi pada pembelajaran adalah memungkinkan berbagai siswa untuk saling terhubung.

Bukan hanya siswa dari satu sekolah yang sama, namun siswa dari berbagai daerah dapat belajar bersama dengan hadirnya teknologi. Bahkan tidak menutup kemungkinan terjadinya hubungan antara siswa lintas negara.

BACA JUGA  Penting! Literasi Teknologi Bagi Guru di Era Society 5.0

Membuka Sekat Ruang Belajar

Pada zaman dulu, belajar harus dilakukan di dalam satu ruangan secara tatap muka. Namun dengan hadirnya teknologi, seorang siswa tidak harus belajar di dalam ruangan.

Hal ini dibantu salah satunya dengan adanya teknologi video conference. Bahkan dengan hadirnya teknologi ini, seorang siswa dapat mengambil kelas di luar negeri secara mudah.

Manfaat Teknologi pada Pembelajaran Bagi Guru

Tentunya kehadiran teknologi juga memberikan manfaat bagi para guru. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat yang diberikan oleh hadirnya teknologi di bidang pembelajaran untuk para guru.

Pengembangan Metode Mengajar

Seorang guru dituntut untuk menemukan metode mengajar terbaik untuk para siswa. Satu hal yang perlu dipahami oleh para guru adalah setiap siswa memiliki keunikan tersendiri.

Sehingga metode mengajar satu kelas dengan kelas lainnya dapat berbeda. Dengan menggunakan teknologi, guru dapat mencari referensi untuk mengembangkan metode mengajar yang dimiliki. Sehingga metode yang digunakan lebih tepat sasaran.

Selain menjadi referensi, kehadiran teknologi juga memberikan ruang baru bagi guru dalam mengembangkan metode mengajar. Contohnya adalah belajar dari film yang mungkin tidak ada pada pembelajaran di zaman dulu.

Pengumpulan Bahan Ajar

Manfaat teknologi pada pembelajaran bagi seorang guru juga sangat besar dalam membantu mengumpulkan bahan ajar. Sehingga materi yang akan diajarkan oleh guru tidak terbatas pada buku sekolah saja.

Seorang guru dapat mempelajari berbagai jurnal dan penelitian yang membuat materi pelajaran menjadi lebih kaya. Sehingga guru tersebut dapat menjelaskan suatu materi dengan lebih jelas.

Kehadiran teknologi juga membuat guru mampu mengajarkan ilmu yang lebih up to date. Sebab sudah bukan rahasia lagi bahwa selalu ada ilmu baru yang lebih aktual dan relevan.

Dengan begitu, ilmu yang akan diajarkan di sekolah tidak akan ketinggalan zaman. Hal ini juga tentu bermanfaat bagi para murid karena mereka bisa mendapatkan materi yang lebih terkini.

BACA JUGA  Mengenal Strategi Pembelajaran dan Cara memilihnya

Menjaga Pemanfaatan Teknologi Pada Dunia Pendidikan

Secara umum Anda telah memahami manfaat teknologi pada pembelajaran, baik untuk siswa maupun guru. Tentunya hal ini harus dijaga agar kualitas pendidikan tidak mengalami penurunan.

Bahkan penggunaan teknologi perlu semakin ditingkatkan agar sistem pembelajaran juga menjadi semakin maju. Namun memang meningkatkan penggunaan teknologi pada dunia pembelajaran bukanlah suatu hal mudah.

Hal ini dapat terlihat dari banyaknya sekolah yang belum memiliki teknologi secara memadai. Selain itu literasi digital dan teknologi dari para guru dan siswa di Indonesia juga belum merata.

Maka menjadi tugas bersama untuk bisa meningkatkan penggunaan teknologi di dunia pendidikan. Hal ini bisa dimulai dari menumbuhkan kesadaran terhadap literasi digital dan teknologi pada diri sendiri.

Jika setiap orang telah memiliki kesadaran terhadap literasi digital dan teknologi, maka manfaat teknologi untuk pembelajaranakan dapat terasa. Tentunya hal ini juga harus dibarengi dengan kemauan untuk menerapkan pemahaman.

Sebab memiliki kecakapan terhadap teknologi akan berakhir sia-sia jika tidak diterapkan. Penerapan literasi digital sebenarnya bukanlah suatu hal sulit. Hal ini bisa dimulai dari hal sederhana seperti penggunaan smartphone.

Di zaman seperti sekarang, siswa memiliki smartphone adalah hal wajar. Maka kepemilikan tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin contohnya dengan menjadikan smartphone sebagai sumber dalam mencari ilmu.

Tentu masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga pemanfaatan teknologi pada dunia pendidikan. Hal ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak mulai dari tingkat bawah hingga atas.

Dengan adanya keseriusan dari setiap pihak tersebut, maka kualitas pembelajaran di Indonesia dapat semakin meningkat. Sehingga manfaat teknologi pada pembelajaran dapat benar-benar terwujud dan membawa kebaikan pada berbagai pihak. semoga bermanfaat, silahkan Share agar lebih luas manfaatnya. terimakasih, salam literasi

Leave a Reply