Manfaat Strategi Pemasaran 4P dalam Mengembangkan Bisnis

  • April 15, 2022
  • 70 Views
manfaat strategi pemasaran 4p

Manfaat Strategi Pemasaran 4P – Setiap strategi pemasaran memiliki manfaat yang berbeda. berikut ini adalah manfaat strategi pemasaran 4P dalam pengembangan bisnis yang perlu anda ketahui

Seorang pebisnis harus mampu menggunakan strategi pemasaran 4P dan menerapkannya dalam bisnis apa pun yang sedang dikembangkan. Pemasaran adalah kegiatan paling penting dalam menjalan bisnis. dengan kata lain, pemasaran adalah kunci sukses bisnis anda.

Memasarkan artinya membuat produk yang diproduksi untuk dikenalkan dan ditawarkan pada konsumen. Tujuannya untuk mendapatkan hasil keuntungan dari produk tersebut untuk mencapai target penjualan.

Bisnis yang berhasil akan tergantung dari jumlah transaksi yang terjadi baik itu produksi ataupun penjualan. Oleh sebab itu jika pebisnis ingin usahanya berjalan maka semua harus bersinergi dengan baik.

Pengertian dari strategi pemasaran 4P itu sendiri adalah strategi yang mencakup beberapa variabel penting dalam unsur pemasaran. Elemen penting dalam strategi ini adalah Product, Price, Promotion, dan Place.

Pentingnya Menerapkan Strategi Pemasaran 4P dalam Bisnis

Setiap bisnis harus memiliki produk yang berkualitas, harga kompetitif, promosi efektif dan juga tempat distribusi sebanyaknya. Semua hal tersebut memiliki peran penting untuk menjalankan bisnis agar mampu bertahan di pasar.

Demi menjadi pebisnis yang layak Anda harus mampu mengkombinasikan semua elemen tersebut untuk mengembangkan bisnis. Strategi tidak hanya dimiliki oleh perusahaan besar saja namun usaha kecil juga harus menerapkannya.

Penerapan strategi pemasaran 4P menentukan jalannya bisnis dalam hal penjualan baik mendapatkan pelanggan ataupun keuntungan. Setiap membuat strategi pemasaran sangatlah penting memikirkan kebutuhan konsumen.

BACA JUGA  New: penjelasan Fintech dan Blockchain yang harus kamu pahami

Jika diterapkan dengan baik dan benar strategi pemasaran ini pasti memiliki banyak manfaat dalam bisnis.

Manfaat Strategi Pemasaran 4P dalam Mengembangkan Bisnis

Manfaat Strategi Pemasaran 4P

Menciptkan Sinergi yang Baik

Manfaat pertama adalah menciptakan sinergi yang baik antara jalannya bisnis, media promosi dan loyalitas konsumen. Hal ini berkat adanya 4 elemen penting diterapkan dalam bisnis berupa produk, harga, tempat distribusi dan juga promosi.

Dengan kata lain untuk mendapatkan pelanggan seorang pebisnis harus melakukan pendekatan dengan media promosi. Menawarkan produk dapat dilakukan secara online ataupun offline.

Anda bisa memanfaatkan semua platform jual beli yang ada atau memanfaatkan sosial media untuk mengenalkan produk secara luas. Selain itu Anda juga bisa menggunakan media cetak untuk promosi.

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Manfaat menerapkan strategi pemasaran 4P selanjutnya adalah menjalin hubungan yang baik dengan calon konsumen, konsumen baru ataupun pelanggan. Strategi ini memungkinkan pebisnis bisa mengetahui kebutuhan dan harapan para konsumen.

Tujuannya agar pebisnis dapat membuat pembaharuan produk dengan memperhatikan hal tersebut. Strategi ini dapat membangun hubungan yang baik agar bisnis dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Menjadi Patokan Saat Mengambil Keputusan

Keterkaitan antara produk, harga, promosi dan tempat ini membuat pebisnis selalu menjadikannya patokan dalam mengambil keputusan. Sebagai contoh dalam membuat produk pasti harus ada desain yang diputuskan.

Nantinya hasil produksi tersebut akan menentukan pemberian harga. Setelah memiliki produk dan harga maka harus memikirkan promosi untuk menawarkan produk tersebut agar disukai konsumen.

Setelahnya produk akan ditempatkan di outlet, franchise, atau pun reseller untuk didistribusikan. Penerapan strategi pemasaran 4P selalu menjadi patokan dalam mengambil keputusan dalam bisnis.

Menghadirkan Loyalitas dan Nilai Merek

Selain itu strategi pemasaran yang mementingkan 4 elemen ini juga bisa menghadirkan loyalitas dari para konsumen. Selain itu produk atau bisnis juga akan mendapatkan nilai merek dari pelanggan setia.

BACA JUGA  Strategi Pemasaran 4P, kunci sukses bisnis 2022

Hal ini tentu berkat adanya teknik pendekatan dalam hal promosi yang berfokus pada kebutuhan dan harapan pelanggan. Produk yang Anda pasarkan pasti melekat dihati para pelanggan tersebut.

Meningkatkan Penjualan

Manfaat strategi pemasaran 4P berikutnya adalah meningkatkan volume penjualan produk yang dipasarkan. Hal ini terjadi tentu karena meningkatnya kepuasan konsumen terhadap produuk-produk dari bisnis Anda.

Pelanggan yang puas akan meningkatkan penjualan produk secara kontinu. Peningkatan penjualan ini sudah pasti mempengaruhi meningkatnya pangsa pasar bisnis Anda menjadi tinggi.

Penjualan yang tinggi menghasilkan keuntungan yang tinggi pula selama transaksi masih terus berjalan. Lakukan pembaharuan pada produk dengan keuntungan tersebut untuk mengembangkan bisnis jadi lebih besar.

Anda bisa mendapatkan manfaat yang baik demi jalannya bisnis dengan menerapkan strategi pemasaran 4P secara baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x