Manfaat Lingkungan hidup dalam kehidupan Manusia

  • December 13, 2021
  • 117 Views
Education 008

Overview

Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda yaitu makhluk hidup Dan makhluk tak hidup yang saling mempengaruhi. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakatTidak dapat melepaskan diri dari keterikatan pada udara, tanah dan air. Air, tanah, udara, Hewan, tumbuhan dan manusia merupakan sebuah ekosistem hidup.

Di samping itu masih Banyak lagi hal-hal lain yang tidak dapat kesemuanya itu merupakan bagian dari lingkungan Hidup. lingkungan Hidup dapat dimanfaatkan dalam Pembangunan, khususnya pembangunan berkelanjutan.

Dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang ketentuanperlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dinyatakan bahwa lingkungan hidup adalah Kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di Dalamnya manusia, dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan Kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Unsur Lingkungan hidup

Terdapat tiga unsur lingkungan, yaitu Pertama, biotik, unsur-unsur lingkungan hidup Yang terdiri dari segala jenis makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, maupun Organisme atau jasad renik lainnya.

Kedua, Abiotik yaitu segala unsur lingkungan yang Terdiri dari benda-benda mati seperti air, udara, dan lain sebagainya. Ketiga, Sosial Budaya,Unsur lingkungan yang diciptakan manusia yang di dalamnya terdapat nilai, gagasan, norma, Keyakinan, serta perilaku manusia sebagai makhluk sosial atau makhluk yang tidak dapat Hidup sendiri.

Tujuan pemanfaatan Lingkungan Hidup.

Image379 2

Lingkungan hidup yang serasi dan seimbangan sangat kita perlukan karena merupakan Unsur penentu kehidupan suatu bangsa. Idealnya pemanfaatan lingkungan hidup harus Memperhatikan pemeliharaan dan kelestarian lingkungan sehingga dapat diwariskan kepada Generasi yang akan datang. Setiap pemanfaatan lingkungan hidup di desa alasrajah harus bertujuan sebagai berikut

  1. Tercapainya keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara manusia dan lingkungan Hidup.
  2. Terwujudnya manusia Indonesia sebagai insan lingkungan hidup yang memiliki sikap dan Tindakan melindungi serta membina lingkungan hidup.
  3. Terjaminnya kepentingan generasi masa kini dan generasi masa depan.
  4. Tercapainya kelestarian fungsi lingkungan hidup.
  5. Terkendalinya pemanfaatan sumber daya secara bijaksana.
  6. Terlindunginya Indonesia terhadap dampak dari luar yang dapat menyebabkanPencemaran/kerusakan lingkungan.
BACA JUGA  Madura Madani : harapan dan strategi mewujudkannya
Manfaat Lingkungan hidup Bagi Kehidupan di desa alasrajah

Masyarakat hidup di permukaan bumi bersama-sama dengan komponen lingkungan Lainnya, berupa komponen biotik, serta komponen abiotik (tidak hidup). Secara langsungMaupun tidak, semua unsur-unsur lingkungan yang ada di sekitar senantiasa memberikan Manfaat bagi hidup dan kehidupan masyarakatumum beberapa manfaat lingkungan hidup bagi masyarakat antara lain Sebagai berikut ;

  1. Ruang muka bumi sebagai tempat berpijak dan beraktivitas sehari-hari.
  2. Tanah dapat dijadikan areal lahan untuk kegiatan ekonomi, seperti lahan pertanian, Perkebunan, dan peternakan, aktivitas sosial lainnya.
  3. Unsur udara (oksigen) sangat bermanfaat untuk bernafas manusia dan hewan.
  4. Komponen hewan dan tumbuhan merupakan sumber bahan makanan bagi manusia.
  5. Sumber daya alam yang terkandung dalam lingkungan hidup dapat dimanfaatkan untuk Memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari.
  6. Mikroorganisme atau jasad renik sangat berperan dalam proses penguraian sisa-sisa jasad Hidup yang telah mati sehingga tidak terjadi penumpukan bangkai makhluk hidup, tetapi Hancur dan kembali menjadi unsur-unsur tanah.
  7. Air merupakan kebutuhan vital dan esensial bagi makhluk hidup. Tanpa adanya air, Mustahil akan terdapat bentuk-bentuk kehidupan di bumi ini.

Fungsi Lingkungan Hidup

Berikut adalah beberapa fungsi dari lingkungan hidup yang pastinya berada di dalam suatu kehidupan di desa alasrajahhal-hal tersebut meliputi ;

  1. Sebagai tempat untuk bertahan hidup

Lingkungan hidup merupakan suatu tempat dimana di dalamnya terdapat unsur-unsur Yang saling memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Seperti Ketersediaan udara yang sangat diperlukan untuk sistem pernafasan baik bagi Manusia maupun makhluk hidup yang lainnyaKetersediaan sinar matahari yang bermanfaat sebagai sumber energi cahaya Ketersediaan air yang dipergunakan untuk minum, mandi, irigasi, dll.

Ketersediaan hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dapat dipergunakan untuk Memenuhi kebutuhan sumber nutrisi, yaitu berupa produk hewani dan nabati. Ketersediaan lahan yang merupakan suatu kebutuhan bagi manusia untuk mendirikan Sarana dan prasarana yang dapat membantu menunjang kehidupan manusia seperti Bangunan tempat tinggal.

  • Sebagai tempat untuk bersosialisasi
BACA JUGA  Industri substitusi import, Komoditas apa yang tepat untuk indonesia?

Manusia merupakan makhluk sosial. Mereka tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya Bantuan dari orang yang lain. Lingkungan hidup menjadi tempat yang strategis bagi manusia Untuk menciptakan tempat tinggal yang baik, dimana dalam satu lingkungan tersebut terdiri Dari kumpulan manusia yang hidup saling berdampingan, bekerja sama, dan saling tolong Menolong.

  • Sebagai tempat untuk mencari kekayaan

Banyak sekali kekayaan alam yang terkandung dalam lingkungan hidup, seperti Keberadaan barang-barang tambang seperti emas, perak, batu bara, dan barang tambang Lainnya. Barang-barang tambang tersebut merupakan salah satu sumber utama bagi pendapatan manusia, dimana barang-barang tambang tersebut nantinya dapat diolah menjadi berbagai jenis produk seperti perhiasan, bahan bakar, dan lain sebagainya.

Selain barangbarang tambang tersebut, ketersediaan hewan dan tumbuhan juga ikut mendukung perekonomian manusia, seperti untuk peternakan, perkebunan, pertanian, nelayan maupun sebagai bahan baku serta bahan mentah untuk industri.

  • Tempat untuk mendapatkan hiburan

Dalam hidup, manusia tidak hanya membutuhkan makanan, pakaian, maupun tempat tinggal saja. Akan tetapi mereka juga memerlukan hiburan agar terhindar dari rasa jenuh dan stress. Di lingkungan sekitar kita banyak sekali menyediakan saran maupun prasarana guna mencukupi kebutuhan tersebut, seperti dengan adanya danau, gunung-gunung, taman, peternakan, pantai dan lain sebagainya.

  • Sebagai sarana edukasi

Lingkungan hidup juga menyediakan sarana pembelajaran bagi manusia, dimana kita bisa melakukan hal-hal untuk menambah wawasan kita seperti dengan mengadakan penelitian lingkungan, study, dan lain sebagainya.

  • Sebagai sumber kebudayaan

Lingkungan hidup juga memiliki peran yang penting dalam perkembangan seni budaya, dimana lingkungan sangat berpengaruh terhadap tingkah laku manusia yang menjadi salah satu unsur pembentuk budaya.

kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa Lingkungan hidup merupakan keseluruhan unsur atau Komponen yang berada di sekitar individu yang mempengaruhi kehidupan dan perkembangan Individu yang bersangkutan.Komponen-komponen lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi komponen bendabenda hidup (biotik) dan komponen benda-benda mati (abiotik).

BACA JUGA  Membangun Bangkalan Melalui Optimalisasi wisata religi dalam rangka sustainable development

Termasuk ke dalam Komponen biotik adalah manusia, hewan, dan tumbuhan, sedangkan yang termasuk ke dalam Komponen abiotik adalah udara, tanah, dan air. Baik komponen biotik maupun komponen Abiotik membentuk satu kesatuan atau tatanan yang disebut ekosistem, sehingga lingkungan Hidup sering pula disamakan dengan ekosistem.

Pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan berkelanjutan yang Mengoptimalkan manfaat sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara Menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumber daya alam untuk menopangnya.Aktivitas pembangunan secara umum dapat menimbulkan dampak pada lingkungan. Dampak Ini bisa positif atau pun negatif. Dampak positif akan menguntungkan pembangunanNasional, sementara dampak negatif menimbulkan resiko bagi lingkungan masyarakat tersebut.

UMMIATUL ULFIAH

All Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x