All posts in: LIterasi Teknologi

Literasi teknologi adalah gabungan dari dua kata Literasi dan Teknologi. literasi bermakna kemampuan membaca dan menulis, menginterpretasi sumber bacaan hingga membentuk pengetahuan dasar dalam memahami sesuatu.

pada mulanya literasi identik dengan Teks bacaan. namun seiring perkembangan masyarakat, makna teks diperluas hingga  mencakup juga “teks” dalam bentuk visual, audiovisual dan dimensi kompiterisasi, sehingga di dalam “teks” tersebut secara simultan muncul unsur-unsur kognitif, afektif, intuitif dan psikomotorik atau keterampilan.

dengan demikian, Literasi adalah adalah suatu proses Memahami suatu informasi dengan melibatkan dimensi kognitif, afektif, intuitif dan psikomotorik. Dalam pemahaman tersebut literasi memerlukan suatu dukungan sumber informasi yang variatif, sehingga informasi yang didapatkan valid.

Literasi Teknologi (Technology Literacy), yaitu kemampuan memahami teknologi dalam hal piranti (hardware dan software), operasionalisasinya, fungsi dan manfaatnya, dan etika dalam pemanfaatan teknologi.

kenapa literasi teknologi penting? tujuan penemuan, penciptaan dan pengembangan teknologi adalah membantu dan mempermudah pekerjaan manusia. dengan teknologi pekerjaan manusia akan sangat mudah dilakukan, kebutuhan juga mudah terpenuhi. misalnya, kebutuhan berkomunikasi lintas daerah, kebutuhan berkomunikasi lintas negara, dengan bantuan teknologi jarak tidak lagi persoalan dalam berkomunikasi.

teknologi mengubah sistem sosisal, ekonomi dan berbagai aktifitas subsistem lainnya. era tradsional perdagangan dilakukan dengan sistem konvensional, adanya pertemuan tatap muka antara penjual dan pembeli secara langsung. pembayaran dilakukan secara langsung tunai pada saat serah terima barang.

saat ini, dengan teknologi transaksi jual beli tidak lagi harus bertatap muka antara penjual dan pembeli. teknologi menciptakan ecommers, marketplace dengan berbagai variasi model dan macamnya.

sistem transaski perbankan, juga dipermudah dengan kehadiran fintech atau financial teknologi.

teknologi juga menghadirkan sekian ribu posisi pekerjaan baru, meskipun di satu sisi, kehadiran teknologi juga mendisrupsi berbagai bidang kehidupan jika bidang tersebut tidak mampu beradaptasi dengan kehadiran teknologi.

dalam kategori ini akan disajikan berbagai informasi terkait dengan teknologi. Informasi dalam kategori ini meliputi literasi teknologi dalam bisnis, media sosial, edukasi atau teknologi pembelajaran, dan berita teknologi terbaru. salam literasi.

x