Literasi Teknologi, Masa Depan Dunia Virtual Abad 21

  • December 30, 2021
  • 157 Views
61b46bb58f8aa

Salah satu hal yang menjadi perbincangan banyak orang adalah masa depan dunia virtual. Sebab dengan kecepatan teknologi di masa sekarang, kehadiran dunia virtual sudah di depan mata.

Perkembangan teknologi memang selalu membawa hal baru. Contoh saja seperti kehadiran internet yang telah membawa banyak perubahan pada aspek informasi, bisnis, dan beragam aspek lainnya.

Oleh karena itulah literasi teknologi merupakan hal penting bagi setiap orang agar selalu bisa mengikuti perkembangan zaman. Tanpa adanya literasi teknologi, maka Anda akan mudah tertinggal oleh zaman.

Salah satu perkembangan teknologi yang paling dinanti dan sudah ada di depan mata adalah dunia virtual. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tentang dunia virtual serta manfaatnya bagi kehidupan.

5. Masa Depan Dunia Virtual serta Manfaatnya Bagi Manusia

Masa Depan Dunia Virtual Sudah di Depan Mata

Konsep dunia virtual sebenarnya telah dikenal dalam waktu yang cukup lama. Hanya saja memang teknologi yang dimiliki oleh manusia belum mampu untuk mewujudkan kehadiran dunia virtual secara nyata.

Meski memang beberapa teknologi turunan dari dunia virtual sudah berkembang dan bisa dimanfaatkan dalam beberapa tahun belakangan. Sebut saja seperti kehadiran teknologi virtual reality dan augmented reality.

Namun tetap saja virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) berbeda dari konsep dunia virtual. VR dan AR hanyalah penggabungan dunia nyata dan virtual namun tidak benar-benar menjadi dunia virtual.

Sehingga teknologi untuk mewujudkan dunia virtual terus dilakukan oleh para pengembang teknologi. Hingga akhirnya, dunia virtual sepertinya akan benar-benar hadir dalam waktu yang sangat dekat.

realita ini bisa dibilang sudah berada di depan mata karena didukung pengembangan teknologi terkini. Contoh saja seperti hadirnya Metaverse yang tengah dikembangkan oleh perusahaan Meta.

BACA JUGA  Langkah Tepat Menggunakan media sosial bisnis

Bahkan Meta telah melakukan beberapa percobaan kehidupan di dalam dunia virtual. Salah satu contohnya adalah pengadaan konser Justin Bieber di dalam dunia Metaverse yang menghebohkan banyak orang.

Selain itu, perkembangan Metaverse juga didukung oleh majunya teknologi NFT. Bahkan saat ini Anda sudah bisa membeli tanah di Metaverse dengan menggunakan teknologi NFT tersebut.

Maka tidak salah jika menyebut dunia virtual hanya menunggu waktu saja. Meski memang sebenarnya masih banyak aspek yang perlu dikembangkan oleh para pengembang teknologi termasuk Meta.

Manfaat Dunia Virtual Bagi Kehidupan

Kehadiran masa depan di dunia virtualtelah dinanti oleh banyak orang. Sebab memang terdapat banyak manfaat yang dijanjikan dari dunia virtual bagi seluruh orang di dunia.

Manfaat tersebut tentu meliputi berbagai aspek yang ada di kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat yang bisa dihadirkan oleh dunia virtual kepada manusia.

  1. Aspek Pendidikan

Manfaat pertama dari dunia virtual bisa dilihat dalam aspek pendidikan. Sebab dengan dunia virtual, proses belajar mengajar bisa menjadi lebih menyenangkan dan memudahkan untuk para guru dan murid.

Dengan dunia virtual, murid dan guru bisa melaksanakan proses belajar seperti tatap muka walau sebenarnya berada di tempat jauh. Sehingga proses ini akan berbeda dari belajar melalui video conference.

  • Aspek Produktivitas

dunia virtual juga sangat dinantikan oleh perusahaan. Sebab kehadiran dunia virtual diyakini mampu meningkatkan produktivitas para karyawan. Sebab karyawan bisa bekerja secara optimal walau memiliki jarak jauh.

Salah satu contohnya adalah melakukan meeting atau rapat di dalam dunia virtual. Hal ini sebenarnya sudah dicoba oleh perusahaan Meta melalui sebuah aplikasi bernama Horizon Workrooms.

  •  Entertainment

Kehadiran dunia virtual juga sangat bermanfaat dalam dunia entertainment. Dengan dunia virtual, Anda bisa merasakan sensasi menonton konser secara langsung padahal masih berada di rumah.

BACA JUGA  Pentingnya Literasi Digital pada kehidupan saat ini

Selain itu dunia virtual juga akan memberikan pengalaman baru dalam bermain game. Sehingga pemain akan benar-benar menjadi karakter di dalam game dan menyelesaikan semua tantangan yang ada.

Kekhawatiran Banyak Orang dari Dunia Virtual

Masa depan dunia virtual bukan hanya dinantikan oleh banyak orang. Sebaliknya, justru banyak juga yang khawatir dengan hadirnya dunia virtual. Berikut adalah beberapa kekhawatiran banyak orang dari dunia virtual.

  1. Membuat Lupa Kehidupan Nyata

Banyak orang yang khawatir bahwa hadirnya dunia virtual akan membuat orang-orang lupa dengan dunia nyata. Sehingga orang-orang akan lebih peduli terhadap kehidupan di dunia virtual namun abai terhadap kondisi nyata.

Persoalan ini sebenarnya sudah tergambarkan dari kehidupan saat ini. Yaitu ketika lebih banyak orang yang peduli pada kasus di media sosial namun mengabaikan kondisi serupa di lingkungan sekitar mereka.

Maka dengan hadirnya dunia virtual, masalah tersebut akan menjadi semakin besar. Sebab seluruh kehidupan seseorang akan dibawa ke dalam dunia virtual sehingga tidak meninggalkan perhatian untuk dunia nyata.

  • Potensi Masalah Kesehatan

Persoalan kesehatan juga menjadi banyak perhatian dalam menghadapi masa depan dunia virtual. Sebab untuk masuk ke dalam dunia virtual, maka seseorang hanya akan berdiam diri dalam waktu lama.

Tentu hal ini akan memberikan pengaruh terhadap kondisi manusia. Seperti penurunan fungsi penglihatan, pendengaran hingga masalah kesehatan akibat kurang olahraga karena terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam dunia virtual.

  • Kriminalitas

Kehadiran dunia virtual juga dikhawatirkan akan meningkatkan dan memunculkan kriminalitas baru. Apalagi karakter di dalam dunia virtual dapat dibuat berbeda dari penampilan di dalam kehidupan nyata.

Sehingga jika seseorang dapat menyembunyikan identitasnya di dalam dunia virtual, ia bisa melakukan berbagai tindakan kriminal. Mulai dari melakukan pelecehan seksual, pencurian data hingga tindakan kriminal lainnya.

BACA JUGA  New: cara mengetahui WhatsApp disadap dan tips mengatasinya

Persiapan Menghadapi Masa Depan Dunia Virtual

masa depan dunia virtual
mediaindonesia.com

Terlepas dari kekhawatiran yang dimiliki, perkembangan teknologi dan internet adalah hal pasti. Oleh karena itu Anda harus menyiapkan diri dalam menyambut kedatangan masa depan tersebut.

Setidaknya terdapat beberapa hal penting yang harus disiapkan dalam menghadapi dunia virtual. Berikut adalah beberapa persiapan penting dalam menyambut dunia virtual yang perlu Anda lakukan.

  • Pemahaman Teknologi

Persiapan pertama dalam menyambut dunia virtual tentu saja adalah meningkatkan pemahaman Anda. Salah satunya dengan meningkatkan tingkat literasi teknologi dan literasi digital yang saat ini Anda miliki.

Semakin dalam pemahaman Anda, maka akan semakin mudah ketika menerima kehadiran dunia virtual. Sebaliknya, orang-orang dengan literasi teknologi rendah pasti akan tertinggal dengan hadirnya dunia virtual.

  • Kesadaran

Hal yang juga perlu disiapkan dalam menghadapi masa depan dunia virtual adalah kesadaran. Kesadaran yang dimaksud adalah sadar mengenai kehidupan nyata, sadar terhadap dampak dunia virtual serta sadar mengenai aturan.

Dengan kesadaran tersebutlah Anda bisa mengontrol setiap perilaku agar dampak buruk dunia virtual dapat diminimalisir. Selain itu, kesadaran juga akan membuat Anda menggunakan dunia virtual secara tepat.

  • Kesiapan untuk Berubah

Kehadiran dunia virtual pasti akan membawa banyak perubahan di masyarakat. Maka untuk menyambut kedatangan dunia virtual yang datang dalam waktu dekat, Anda harus memiliki kemauan untuk berubah.

Dengan kecepatan perkembangan teknologi yang ada saat ini, bukan tidak mungkin dunia virtual berhasil diwujudkan. Tentu saja kehadiran dunia virtual membawa banyak manfaat pada kehidupan.

Namun di samping itu, dunia virtual juga memiliki dampak yang harus diwaspadai. Maka menjadi sangat wajib bagi semua orang untuk memiliki persiapan dalam menghadapi masa depan dunia virtual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x