Lenovo Merajai Pasar PC Global, Ini Datanya!

  • April 14, 2022
  • 72 Views
lenovo merajai pasar PC global

Lenovo merajai pangsa pasar PC global – Di kuartal I tahun 2022 ini, Lenovo merajai pangsa pasar PC secara global. Fakta ini mempertegas posisi Lenovo yang menguasai pasar PC (desktop, notebook, dan laptop) global juga di tahun 2021 lalu.

Lenovo Merajai Pasar PC Global, Cek Datanya

Dalam data yang dirilis oleh Canalys, Lenovo merupakan vendor penyumbang pengiriman PC yang paling besar di dunia di kuartal I tahun 2022. Untuk total pengirimannya mencapai 18,2 juta unit lebih.

Dengan angka tersebut, maka Lenovo menjadi penguasa market share PC global dengan persentase 22,8 persen, hampir menyentuh seperempat pangsa pasar. Kemudian, menyusul beberapa vendor lainnya seperti :

·         Hewlett Packard (HP) dengan shipment 15,8 juta unit dengan persentase 19,8 persen.

·         Dell dengan shipment 13,7 juta unit dengan persentase 17,2 persen.

·         Apple dengan shipment 7,4 juta unit dengan persentase 9,3 persen.

·         Asus dengan shipment 5,5  juta unit dengan shipment 6,9 persen.

Pertumbuhan Shipment PC dari Tahun Lalu

Lenovo Merajai Pasar PC Global

Meski masih merajai pasar PC global, ternyata terdapat penurunan pengiriman pada vendor Lenovo sebanyak 9,9 persen. Begitu juga yang terjadi pada vendor HP sebanyak 17,8 persen.

Sedangkan pada Dell, terdapat kenaikan pengiriman sebanyak 6,2 persen. Lain halnya dengan Apple yang mengalami kenaikan 8 persen. Terakhir, kenaikan paling tinggi ada pada brand Asus yakni sebesar 24 persen.

BACA JUGA  Memahami Fintech Modern Vs Konvensional

Berdasarkan data dari Business Wire, di tahun 2021, Lenovo mengirimkan 63,42 unit PC. Angka ini justru naik 16 persen dari tahun sebelumnya.

baca juga: New 2022 Cara Merekam Layar Laptop dengan Mudah

Fakta Uniknya

Meski Shipment Menurun, Pendapatan Meningkat

Dari data di atas bisa diketahui bahwa Lenovo mengalami penurunan pengiriman yang cukup signifikan. Tak hanya itu saja, bahwa bisnis PC global juga tengah lesu di kuartal pertama tahun ini. Namun, pendapatan justru naik dari keseluruhan penjualan PC di semua penjuru dunia.

Hal ini dikarenakan kinerja Windows 11 maupun maCOS yang mampu memaksimalkan kinerja mesin laptop. Selain itu, pabrikan juga memberi diskon yang besar pada konsumen serta UKM pada akhir tahun 2021 lalu.

Di tahun-tahun pandemi ini, industri PC lebih mengutamakan produksi notebook daripada laptop. Hal ini dikarenakan kebutuhan konsumen akan kerja hybrid. Bahkan, menurut laporan dari Strategy Analytics menyebutkan bahwa pengiriman notebook mengalami kenaikan rekor tertinggi di tahun ini. Bahkan, mampu melampaui pencapaian di tahun 2020 sebanyak 268 juta unit.

Lenovo Belum Mampu Kuasai Pasar PC Indonesia

Meskipun secara global, Lenovo memimpin pengiriman PC. Lain halnya dengan di Indonesia. Saat ini, posisi teratas justru ditempati oleh ASUS dengan pangsa pasar 25 persen. Performa ASUS cukup baik pada segmen konsumen maupun komersial. Pada segmen komersial, ada pertumbuhan sebanyak 1 persen lebih karena adanya pengadaan Chromebook untuk pengadaan laptop di bidang pendidikan.

Disusul dengan Acer yang menduduki posisi kedua. Lalu, ada Lenovo yang ada di peringkat ketiga dengan pertumbuhan mencapai 32 persen. Padahal, vendor ini tidak memasukkan Chromebook sebagai salah satu perangkat di beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA  Pentingnya Teknologi Daring Bagi Capaian Belajar Siswa

Di peringkat keempat, ada HP yang menguasai pangsa pasar sebesar 14 persen dan pertumbuhan mencapai 2 persen. Sama seperti brand ASUS dan Acer, HP juga berpartisipasi pada proyek pengadaan perangkat Chromebook pendidikan.

Selanjutnya, ada Dell yang memiliki pangsa pasar 9 persen dan justru mengalami penurunan sebanyak 4 persen karena adanya kekurangan pasokan. Nah, di Indonesia sendiri, peluang pasar PC sangat terbuka lebar. Sehingga, permasalahan yang harus dihadapi oleh vendor adalah ketersediaan barang di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x