Kuliah luar negeri? Berikut Alasan dan tips persiapannya!

Kuliah luar negeri membutuhkan persiapan sejak dini. Persiapan kuliah keluar negeri bisa anda mulai sejak dini misalnya sejak SMP dan atau SMA. Jika anda berencana kuliah ke luar negeri, berikut ini tips mempersiapkannya sejak dini termasuk memilih sekolah internasional yang siap mengantarkan anda meraih mimpi untuk kuliah di luar negeri.

Kuliah di luar negeri saat ini menjadi impian banyak orang. Setiap tahun terdapat ribuan orang yang meninggalkan negaranya untuk melanjutkan Pendidikan di luar negeri. Bagaimana dengan anda? Apakah kuliah di luar negeri berarti meragukan dan tidak yakin dengan Pendidikan dalam negeri?

Kuliah di luar negeri bukan untuk dipertentangkan dan diperdebatkan untuk membandingkan dengan kuliah dalam negeri. Ibaratnya apakah kuliah diluar daerah berarti meragukan Pendidikan di daerahnya. Tentu saja bukan berarti demikian. Dalam Pendidikan tidak hanya hardskill kompetensi yang ditawarkan oleh Lembaga saja yang mewarnai kompetensi akhir mahasiswa. Namun, pengalaman baru, interaksi dengan budaya baru, interaksi dengan orang orang baru dari berbagai negara akan turut berkontribusi dalam pembentukan kompetensi dan peningkatan kapasitas kita.

Kenapa kuliah Luar negeri?

Ada banyak hal yang menjadi alasan untuk kuliah di luar negeri. Sebagian didasarkan pada alasan subyektif seseorang dan Sebagian adalah alasan objektif yang sesuai dengan dinamika dunia kerja, dan perubahan sosial dalam masyarakat.

Berikut ini alasan obyektif kuliah di luar negeri yang perlu anda ketahui

Orientasi dunia kerja dan prospek karir

Link and match dunia kerja dan Pendidikan saat ini menjadi isu utama dalam pengembangan dan peningkatan kualitas Pendidikan. Tidak heran jika banyak orang mengejar Pendidikan hingga ke luar negeri untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Prospek karir dalam dunia kerja salah satunya dipengaruhi oleh latar belakang Pendidikan seseorang. Lulusan luar negeri peluang berkarir di perusahaan multinasional lebih tinggi dibandingkan lulusan dalam negeri. Dirilis dari suara.com pengamat sosial, Rahmawati, D menyatakan bahwa saat ini perusahaan cenderung memilih pekerja dari lulusan luar negeri.

Mengapa demikian? Requirements dunia kerja mengacu pada kompetensi professional need, social need, dan scientific vision aspecs. Dengan kuliah di luar negeri tentunya peluang mendapatkan kompetensi sesuai dengan industrial needs semakin besar. Kapasitas link and match diluar negeri lebih luas,sehingga semakin mudah meningkatkan kompetensi sesuai professional needs yang sesuai industrial needs.  jangkauan interaksi dengan budaya yang variatif juga lebih luas (untuk mendapatkan kompetensi social needs).

Ranking Pendidikan Internasional

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan Pendidikan berkualitas dan lebih baik. Tentu saja ini merupakan salah satu alasan kuat bagi kita dalam memilih tempat kuliah. Bicara kuliah di luar negeri salah satu alasan penting adalah ranking Pendidikan negara secara internasional. Jika anda salah satu dari sekian juta orang yang ingin kuliah di negara dengan ranking Pendidikan terbaik, tentu saja ranking Pendidikan internasional ini patut dipertimbangkan.

Berikut ini rangkin Pendidikan internasional berdsarkan negara.

Berdasarkan informasi dari egscholars dan UsNews berikut ini 10 negara dengan sistem Pendidikan terbaik:

  • United States
  • United Kingdom
  • Germany
  • Canada
  • France
  • Australia
  • Switzerland
  • Japan
  • Sweden
  • Netherlands

Anda bisa mencari informasi tambahan terkait ranking Pendidikan internasional. Termasuk mencari informasi kampus di negara negara tersebut.

Pengalaman lebih luas

Pengalaman adalah guru terbaik, pengalaman didapatkan dari perjalanan hidup. Ketika anda berinteraksi dengan orang orang disekitar anda maka anda akan mendapatkan pengalaman. Begitu juga dengan kuliah di luar negeri, anda akan berinteraksi dengan mahasiswa dari negara lain yang beragam, anda juga akan menemui kompleksitas persoalan Ketika hidup di negara orang. Tentu saja hal ini dapat menambah list pengalaman anda.

Pengalaman akan terbentuk dari beragam persoalan yang dihadapi dan interaksi dengan budaya baru. Setidaknya anda akan memiliki pengalaman bagaimana mengatasi persoalan sock culture dan Cultural lag sekaligus pengalaman adaptif dalam budaya dan “dunia” baru anda di luar negeri.

Kemampuan problem solving berbasis pengalaman

Kurikulum Pendidikan saat ini banyak mengadopsi kurikulum Pendidikan internasional. Dari KKNI ber-transformsi ke OBE (Outcome based Education) dengan model belajar Problem based learning (PBL). OBE meskipun berbasis internasional, namun diadaptasikan dengan KKNI. Dan Kemendibud-pun menjadikan kurikulum OBE sebagai Langkah awal menuju akreditasi internasional

Nah Ketika anda kuliah di luar negeri, tentunya kurikulum Pendidikan mereka lebih dulu menyesuiakan dengan Industrial needs dan ini membantu peluang karir anda. Salah satu alasan perusahaan memilih lulusan luar negeri adalah kemampuan problem solving.

Selain hal yang bersifat kelembagaan (kurikulum) diatas, kuliah luar negeri juga akan membantu anda untuk meningkatkan kemampuan problem solving dalam realita kehidupan. Ketika anda berada di tempat baru anda perlu beradaptasi, Ketika anda mendapatkan masalah, anda harus mandiri dalam menyelesaikan masalah tersebut. Tentu saja hal ini akan berbeda Ketika ada berada di rumah atau di daerah anda.

Dengan demikian, kuliah diluar negeri akan membentuk kemampuan anda dalam menyelesaikan masalah berdasarkan pengalaman real hidup di negara orang.

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Persiapan sejak awal adalah kuncinya.

Tips persiapan kuliah luar negeri

tips persiapan kuliah luar negeri, menlo park school

Untuk kuliah diluar negeri membutuhkan persiapan yang Panjang agar target Pendidikan anda dapat tercapai dengan maksimal. Waah saya telat mendapatkan informasi ini, setidaknya informasi ini bisa anda manfaatkan untuk adik, saudara, ataupun anak anak anda kelak.

Persiapan finansial

Ada banyak hal yang perlu kita perhatikan sebagai Persiapan kuliah luar negeri. Mulai dari finansial hingga kapasitas professional kita. Secara finansial, Pendidikan di luar negeri lebih mahal daripada di dalam negeri. Silahkan anda mencari informasi mengenai biaya Pendidikan luar negeri sebagai informasi awal untuk persiapan finansial dan finansial planning anda.

Namun anda tidak perlu terlalu khawatir dengan mahalnya biaya Pendidikan di luar negeri ini, karena saat ini sangat banyak beasiswa yang siap anda dapatkan untuk membiayai kuliah anda. Anda tinggal fokus pada persiapan peningkatan kapasitas anda untuk bersaing dalam mendapatkan beasiswa tersebut. salah satunya mengikuti sekolah internasional yang kurikulumnya menghasilkan lulusan kompetitif dalam seleksi penerimaan baeasiswa luar negeri.

Mempersiapkan diri sejak SMP dan SMA

Kemampuan yang perlu anda persiapkan adalah penguasaan Bahasa asing, komunikasi dengan Bahasa asing, pengetahuan budaya luar, dan memperluas wawasan internasional. Selain itu, hardskill sesuai kepeminatan anda juga sangat penting anda persiapkan. Semua kompetensi ini idealnya anda persiapkan minimal sejak SMP atau SMA.

Nah untuk memudahkan anda dalam mempersiapkan diri jalan terbaik adalah melalui Sekolah Internasional. Yah internasional boarding school ini didesain dengan kurikulum yang spesifik mencetak profil lulusan yang siap kuliah di luar negeri. Waduh sekolah internasional mahal biayanya! Tentu saja ini relative dan pastinya sebanding dengan kompetensi yang akan anda dapatkan.

Tenang saja, saat ini terdapat sekolah internasional yang dapat anda jadikan pilihan dalam mempersiapkan diri untuk kuliah di luar negeri mulai dari tingkat Sekolah menengah (SMP). Anda bisa mulai mempersiapkan diri sejak SMP Bersama sekolah internasional Menlo Park School. Salah satu kelebihannya, selain sistem pendidikannya yang dinamis adalah biayanya yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan sekolah sejenis.

Menlo Park School ini didesain dengan kurikulum berstandard internasional dan selalu diupdate secara berkala sesuai dengan dinamika global.

Sekolah ini memiliki visi misi dalam mencetak lulusan yang outstanding dan berbeda dari yang lain. Kenapa berbeda? Kurikulum Menlo park School didesain berdasarkan standard CIE A Level, dengan kurikulum ini lulusan akan memiliki komptensi untuk mengikuti admission Test kampus kampus top luar negeri. Selain itu, tak kalah pentingnya adalah kemampuan untuk bersaing dalam Ujian seleksi beasiswa MEXT kuliah luar negeri. Oiya, ini kurikulum tingkat SMP nya lho. Bagaimana dengan tingkat SMA nya? Penasaran! Silahkan mencari informasi lengkapnya di website resmi Menlo Park school secara langsung.

Meskipun biayanya sangat terjangkau, Menlo Park School menawarkan beberapa kelebihan kompetensi lulusannya. Berikut ini informasinya

Kemampuan berbahasa Inggris setara dengan minimal IELTS 7, Straight A-Star yaitu Siswa akan didampingi dan diarahkan agar mendapatkan A star (nilai paling tinggi di kurikulum A Level). Outstanding Portofolio selain kemampuan akademik, siswa akan mendapatkan kemampuan plus impactful activities lain di luar akademik, seperti kegiatan riset, wirausaha, specialized skills (art, coding, dll). Study Abroad Preparation yaitu kemampuan pembuatan cv, essay, mock up interview, serta standardized test lain yang diperlukan.

Lulusan sekolah internasional ini juga didesain memiliki kompetensi dan wawasan global tanpa mengesampingkan wawasan nasional. Dengan demikian, anda atau putra putri anda akan tetap memiliki kecerdasan dalam ke-indonesiaan (Indonesia Quotient – IndQ) sebagai identitas diri.

Demikian ulasan tentang kuliah di luar negeri, alasan dan tips persiapan sejak SMP dan SMA. Semoga bermanfaat, salam literasi.

Leave a Reply