Jurnal Internasional Bereputasi-apa sih manfaatnya?

  • March 29, 2022
  • 157 Views
jurnal internasional bereputasi

Yuk mengenal jurnal internasional bereputasi terhadap ciri dan manfaatnya dengan menyimak artikel di bawah ini

Jurnal internasional sangat penting dibuat untuk para pelajar. Namun sayangnya, tidak semua jurnal dibuat secara berkualitas dan bereputasi. Maksud dari jurnal internasional bereputasi adalah jurnal yang diterbitkan berkala ilmiah serta memenuhi kriteria internasional dan kriteria tambahan.

Yang mana kriteria tambahan dari ciri jurnal internasional ini  bisa Anda temukan di dalam pembahasan kali ini.

Ciri Tambahan Jurnal Internasional Bereputasi

Pada dasarnya Jurnal internasional yang bereputasi merupakan jurnal yang memenuhi kriteria standar internasional yang ditambah dengan kriteria tambahan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Memiliki Impact Factor

Ciri pertama dari jurnal internasional bereputasi yakni memiliki Impact Factor—faktor dampak yang berasal dari Web of Science (Thomson Reuters) ataupun dari web Scimago Journal Rank (SJR). di Scimago ini kamu bisa melihat berapa Quartile (Q) yang seringkali dijadikan Ukuran reputasi Jurnal internasional. semakin kecil Q nya semakin tinggi, misalnya Q1 adalah paling tinggi, kemudian Q2, Q3 dan Q4.

Memiliki Penilaian Paling Tinggi

Selanjutnya, Jurnal Internasional Bereputasi memiliki urutan paling tinggi terkait penilaian karya ilmiah dengan nilai paling tinggi adalah 40 kredit point untuk kenaikan Pangkat di lingkungan kemendikbud Dikti. Penilain ini selain didasarkan pada kualitas dan reputasi Jurnal juga didasarkan pada Substansi isi artikel yang dipublikan. apakah sesuai dengan bidang penelitianya atau tidak. artinya, bisa saja nilainya kurang dari 40 sesuai hasil penilaian tim dari kementrian.

BACA JUGA  Trik Download jurnal internasional Gratis

Memenuhi Kriteria Jurnal Internasional 7 Butir

Jurnal bereputasi dapat memenuhi kriteria jurnal internasional terhadap 7 butir di atas dan database internasional  bereputasi dapat mengindeksnya antaranya (Web of Science, Scopus, atau Microsoft Academic Search).

Akan tetapi tidak memiliki impact factor dari Web of Science (Thomson Reuters) ataupun web Scimago Journal Rank (SJR) terhadap penilaian karya ilmiah dan dengan pemberian nilai yang  tertinggi adalah 30.

Memenuhi Kriteria Jurnal Internasional 7 Poin

Ciri terakhir dari jurnal bereputasi adalah jurnal yang memenuhi kriteria jurnal internasional mengenai 7 poin di atas yang tidak atau belum terindeks pada database internasional bereputasi (Web of Science, Scopus, atau Microsoft Academic Search).

Namun, terindeks pada database internasional lain yakni di antaranya CABI, DOAJ, Copernicus, laman yang sesuai berdasarkan pertimbangan tim pakar Ditjen Dikti serta mendapatkan penilaian karya ilmiah paling tinggi.

Nah itulah keempat poin yang menjadi kriteria dari ciri  jurnal internasional yang bereputasi. Maka dengan ciri-ciri ini Anda bisa menemukan jurnal internasional yang berkualitas tinggi dengan mudah.

Pentingnya Menulis Jurnal Internasional yang Bereputasi

jurnal internasional bereputasi

Adapun manfaat dari menulis jurnal internasional yang bereputasi bisa Anda temukan di bawah ini.

1.     Tanda Kegiatan Penelitian Terus Bergulir 

Di setiap waktu hari bahkan bulan dipastikan ada jurnal internasional yang baru terindeks oleh database bereputasi. 

Dengan menulis laporan penelitian yang diterbitkan dalam bentuk jurnal berstandar internasional dapat memastikan kegiatan penelitian yang bermanfaat secara bergulir dan menunjang peradaban.

2.     Hasil Penelitian yang Kredibel 

Jurnal yang kredibel tentu harus memenuhi ketentuan dalam kriteria yang tidak mudah ditembus oleh peneliti dan  dapat diindeks oleh database yang kredibel sehingga dapat dijadikan patokan bagi mereka yang mencari jurnal berkualitas..

BACA JUGA  Pentingnya Kesehatan Mental Dan Tips Menjaganya

Selain itu, dengan menulis jurnal bereputasi memiliki referensi yang kuat sehingga dapat digunakan kembali referensi tersebut untuk penelitian selanjutnya.

3.     Menyajikan Solusi Terhadap Berbagai Masalah 

Manfaat lain dari jurnal internasional ialah dapat digunakan sebagai solusi untuk menghadapi masalah mendatang.

Jurnal internasional yang  berkualitas tentunya disusun dengan standar tinggi dan hasil penelitian yang terjamin terpercaya dan akurat, sehingga dapat diterapkan oleh siapa saja yang mengakses jurnal tersebut.

Selain ketiga manfaat di atas, dalam menulis jurnal masih banyak manfaat yang dapat diraih mulai dari dijadikan bahan ajar, kemudahan akses ilmu pengetahuan serta meningkatkan keterampilan peneliti.

Jurnal internasional seringkali menjadi syarat kelulusan Magister dan Doktor. jadi selama studi magister (S2) atau Doktor (S3) mahasiswa harus minimal memiliki artikel yang dipublikasikan di Jurnal internasional bereputasi. dan ini akan dijadikan syarat kelulusannya nanti. Anda bisa mencari tahu cara download internasional secara gratis untuk menjadi sumber referensi karya tulis anda.

Selain jurnal internasional bereputasi, juga ada kebalikannya, jurnal internasional predator atau jurnal abal abal. ini biasanya hanya dibikin untuk “menipu” dengan tarif publikasi yang tinggi, dan reviewnya tidak memenuhi standar ilmiah internasional. Karena itu, anda harus memahami ciri jurnal internasional Predator, agar tidak tertipu jika anda ingin mempublikasikan karya tulis anda dijurnal internasional.

Maka dengan pembahasan terkait ciri dan manfaat dari jurnal internasional bereputasi ini, Anda bisa membuat jurnal yang berkualitas lebih jelasnya Anda bisa melihat contoh jurnal internasional di Indonesia.

All Comments

Leave a Reply

x