Haul Sayyid Abdurrahman Desa Pagerwojo 2022

Haul Sayyid Abdurrahman desa pagerwojo dilaksanakan pada 18 Sofar. Pada 2022 diselenggarakan mulai 13 hingga 16 september 2022. Dimana 13 September merupakan Pra Acara berupa Lailatus Sholawat.  Peringatan Haul Sayyid Abdurrahman ini sudah dilaksanakan sejak tahun 60-70 an dan terus dilaksanakan hingga sekarang.

Daftar Isi

Tradisi Haul

Salah satu tradisi sosio-cultural di Indonesia adalah peringatan Haul. Peringatan haul adalah rangkaian acara peringatan tahun meninggalnya seseorang. Tradisi ini merupakan bentuk akulturasi tradisi lokal dan agama.

Pada umumnya substansi acara haul adalah doa bersama dan mengenang sejarah, perjuangan, ajaran maupun kontribusi dan jasa almarhum yang diperingati. Secara sosiologis, peringatan haul merupakan bentuk konstruksi sosial termasuk didalamnya eksternalisasi, objektivasi dan internaslisasi sekaligus sosialisasi kepada generasi muda agar nilai perjuangan dan kebaikan seseorang tetap terjaga dan dapat diteladani.

Secara Sosiologis, Peringatan Haul  merupakan Refleksi Sosial Religius. Masyarakat “Menghadirkan” kembali sejarah, tauladan dan perjuangan tokoh yang diperingati. Sebagai sebuah fakta sosiologis, haul menyediakan realitas lintas dunia, karena Sosok yang diperingati, dihadirkan secara sosial melalui sejarah kehidupannya yang dituturkan dalam acara Haul.

Haul juga menampilkan sebuah motif yang unik dari masyarakat, yaitu motif agama yang diaplikasikan melalui cara yang tidak murni agama, yaitu refleksi sejarah. Meskipun secara keseluruhan, haul lebih banyak bernuansa agama, Misalnya Doa Bersama, Khotmil Qur’an, istighotsah.

Di samping sebagai tindakan sosial, haul juga merupakan tindakan agama, artinya sebuah ritual keagaman yang dilakukan secara sosial, mengandung motif agama namun tujuannya tampak sosial tidak murni agama, akan tetapi merepresentasikan makna-makna agama yang dapat diambil untuk memperbaiki kualitas keagamaan. Faktanya, haul adalah realitas sosial, karena masyarakat menerimanya sebagaimana adanya meskipun hal ini melalui proses panjang dalam Eksternalisasi, Objectivasi dan Internalisasi.

BACA JUGA  Kemeriahan Pra Acara Menyambut Satu Abad NU di Surabaya

Baca Juga: Mitos Gunung Pegat : Sudut pandang sosiologi

Peringatan Haul Sayyid Abdurrahman Pagerwojo Perak Jombang tahun 2022

Haul Sayyid Abdurrahman

Sayyid Abdurrahman adalah salah satu tokoh di desa Pagerwojo yang diyakini sebagai Wali yang membuka desa Pagerwojo dan menyebarkan Ajaran Agama Islam. Makam Sayyid Abdurrahman berada di Belakang Masjid Baiturrahman Pagerwojo Perak Jombang. Terdapat banyak keyakinan, forklore atau cerita rakyat yang dikaitkan dengan sayyid Abdurrahman. Misalnya keyakinan bahwa beliau adalah saudara dari Sayyid Sulaiman Mojoagung cucu Sunan Gunungjati, mitos Macan Kopek, Larangan Jualan Nasi bagi warga Pagerwojo, Masjid Tiban dan lain lain.

Peringatan Haul Sayyid Abdrurahman di desa Pagerwojo dilaksanakan pada 13 – 16 September 2022. Peringatan haul ini by default adalah pada 18 Shofar. Penentuan tanggal 18 Shofar ini atas petunjuk alhamrhum Gus Ud dari Pagerwojo Sidoarjo. Gus Ud dikenal sebagai Waliyullah yang nyentrik, bertingkah aneh (khoriqul Adat) pada masanya. Berdasarkan penuturan masyarakat bahwa Dulu Gus Ud sering datang ke Desa pagerwojo, ke Masjid dan makam Sayyid Abdurrahman.

Peringatan Haul Sayyid Abdurrahman pada tahun 2022 ini dilaksanakan di Masjid desa pagerwojo selama 3 hari berturut turut. Menurut panitia haul, Puncak acara haul tahun 2022 ini berupa pengajian Umum dengan menghadirkan Dai Muda Nahdliyin KH. Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Gus Kautsar) dari pondok pesantren Al Falah Ploso Mojo Kediri.  

Haul Sayyid Abdurrahman 2022

Menurut Gus Tsabit Al Binani, ketua panitia Haul, pada 13 September adalah Pra Acara Haul berupa Gema Sholawat Nabi atau Lailatus Sholawat. Panitia menghadirkan Gus Isyroqi dari mojokerto, Ustadz Nadhif Dari Sidoarjo, Ustadz Muhammad Ghufron dari Mojokerto. Bertempat di Masjid Baiturrahman Desa Pagerwojo. “Substansi dari peringatan ini, kita melestarikan dan menjaga kisah perjuangan Mbah Sayyid Abdurrahman kepada generasi Muda” demikian ungkap Gus Tsabit Al Binani, pengasuh Ponpes Subulussalam yang dipercaya sebagai ketua panitia haul.

BACA JUGA  Membeludak: Begini Nasib Penumpang Kereta Api Tanpa Kursi

Berikut detail Acara Haul sayyid Abdurrahman desa Pagerwojo 13, 14 – 16 September

13 September 202214 September 202215 September 202216 September 2022
Lailatus SholawatKhotmil Qur’an Bil ghoibKhotmil Qur’an Bin NadhorKhotmil Qur’an Bin Nadhor
Dzikrul GhofilinManaqibFida’ Kubro
Istighotsah dan Tahlil AkbarHadrah IshariPengajian Umum

Menurut panitia, Haul tahun ini, merupakan Haul pasca Pandemi Covid-19 pertama kali. Semoga tahun ini berjalan dengan lancar dan ramai. Tahun sebelumnya, haul Sayyid Abdurrahman dilaksanakan secara terbatas sesuai protokol kesehatan.

Bagi anda yang kebetulan dekat dengan Desa pagerwojo Silahkan hadir pada acara haul Sayyid Abdurrahman Besok pada 13 – 16 September 2022.

Leave a Reply