Gemetaran, Hari Pertama Mahasiswa Baru FISIB UTM Masuk Kuliah

Mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya , Universitas Trunojoyo Madura (FISIB UTM) telah melangsungkan perkuliahan perdana semester ganjil 2022/2023 pada tanggal 22, Agustus 2022. Hal itu menjadi pengalaman pertama bagi mahasiswa baru, duduk dibangku perkuliahan.

Daftar Isi

Kesan Hari Pertama Kuliah Di FISIB UTM

Transisi keadaan dari sekolah ke lingkup perkuliahan membuat mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya,  Universitas Trunojoyo Madura mengaku gemetaran berhadapan dengan Dosen di ruang kelas. Alvin, mahasiswa baru asal Galis ini merupakan mahasiswa dari Prodi Sosiologi yang masuk pada tahun 2022. Perkuliahan perdana membuat Alvin merasa campur aduk namun juga senang, karena menurutnya tak semua anak dapat merasakan hal yang ia rasakan. Hal itu lantaran menjadi mahasiswa baru merupakan pengalaman pertama baginya.

fisib utm

Pada hari pertamanya masuk kuliah mahasiswa baru Angkatan tahun 2022 diperkenalkan dengan kontrak kuliah. Hal itu juga berlaku untuk Alvin. Ia mengaku diajar mata kuliah Pengantar Sosiologi dan perkenalan. Seperti nama mata kuliahnya, mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa baru untuk mulai mengenal ilmu sosiologi. Sehingga darisana ia akan memahami apa yang akan ia pelajari satu semester kedepan.

“Alhamdulillah senang dan ada sedikit kebingungan sih karena harus beradaptasi dengan orang-orang baru dan Bahasa yang kami gunakan juga berbeda-beda” ujarnya, ditemui pada 22/08/2022.

Menurutnya, menjadi mahasiswa bukan hanya ditugaskan untuk belajar, namun ketika jauh dari lingkungan tempat tinggal aslinya, juga harus mampu beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal baru, yaitu Kos. Di Kos ia harus menyesuaikan diri dengan penghuni kos lain, ia juga dituntut mandiri dari segi apapun.

BACA JUGA  Metode Dalam Filsafat: Kritis, Intuitif – dialektis , Neo Positivis

Alvin merupakan mahasiswa Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Laki-laki yang hobi bermain badminton ini menuturkan bahwa teman satu kelasnya berjumlah 36. Hal itu bukanlah jumlah akhir, pasalnya Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura menerima banyak mahasiswa dari latar belakang berbeda.

Oleh karena itu Prodi Sosiologi membagi kelas mahasiswa baru tahun 2022 menjadi 5 kelas. 5 kelas tersebut terdiri dari kelas A,B,C,D, dan E. Tentu disetiap kelasnya memiliki jumlah lebih dari 30. Jumlah yang fantastis, dibanding perkembangan awal Prodi Sosiologi beberapa tahun silam.

Harapan

Banyaknya mahasiswa Prodi Sosiologi tak menyurutkan semangat Alvin untuk mencari relasi, karena ia merasa harus memiliki banyak relasi sebagai bekal untuk hidup di pulau garam. Laki-laki kelahiran Galis itu mengaku memiliki 10 teman dari prodi berbeda di Univesitas Trunojoyo Madura, hal tersebut tentu tidak termasuk teman yang ia hitung dari kelasnya.

Bagi Alvin, Sosiologi merupakan bidang ilmu yang ia sukai sedari dulu, ia juga memahami arti secara umum ilmu sosiologi, dan memahami tujuan adanya ilmu sosiologi di khasanah keilmuan.

“Sosiologi menurut saya adalah ilmu yang memepelajari tentang interaksi manusia dan sosiologi mengajarkan kita untuk melihat suatu fenomena sosial dari sudut pandang berbeda” ujarnya.

Alvin, mahasiswa Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura ini berharap agar ia bisa lebih disiplin dalam menaati peraturan yang ada, bisa persiapan dengan matang sebelum melaksanakan proses belajar mengajar, serta semakin hari ketajaman analisis mengenai fenomena sosial di sekitarnya dapat lebih terasah lagi.

Leave a Reply