9 Faktor Yang Mempengaruhi Premi Asuransi Kesehatan

Harga Premi asuransi kesehatan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini akan diuraikan 9 faktor yang mempengaruhi premi asuransi kesehatan. Faktor faktor inilah yang menentukan besaran premi yang harus dibayar oleh nasabah setiap bulannya. Apa saja faktor tersebut? Simak terus artikel ini.

Urgensi asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah hal yang wajib untuk dimiliki oleh setiap orang saat ini. Hidup penuh dengan resiko, misalnya saja resiko terkena penyakit. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita memindahkan resiko tersebut ke perusahaan asuransi. Jadi apabila kita didiagnosa penyakit dan membutuhkan perawatan, perusahaan asuransi itulah yang menanggung biaya perawatan kita sesuai dengan plafon kesehatan yang kita pilih.

Bayangkan bila kita tidak memiliki asuransi kesehatan, maka biaya berobat harus kita keluarkan dari tabungan kita sendiri. Bagaimana bila tabungan tidak ada? Kita harus menjual aset yang kita miliki atau berhutang untuk membayar biaya perawatan.

Apakah premi asuransi kesehatan itu mahal? Belum tentu. Semua tergantung dari program apa saja yang dipilih. Mahal atau murah juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yuk kita bahas beberapa faktor yang mempengaruhi premi asuransi kesehatan.

9 Faktor Yang Mempengaruhi Premi Asuransi Kesehatan

Premi asuransi kesehatan adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh pemegang polis asuransi keseahatan sebagai kewajiban untuk mendapatkan manfaat asuransi yang diikuti. Dengan membayar premi asuransi kesehatan maka nasabah akan mendapatkan jaminan manfaat asuransi kesehatan yang dapat diklaim sewaktu dibutuhkan.

faktor yang mempengaruhi premi asuransi kesehatan

Besaran premi asuransi dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya jenis asuransi kesehatan yang diikuti, cakupan cover atau manfaat asuransi yang ditawarkan, manfaat tambahan asuransi. Selain faktor tersebut, ternyata besaran premi asuransi kesehatan juga dipengaruhi oleh faktor diluar produk asuransi itu sendiri. selain tips membeli asuransi kesehatan, anda juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor yang mempengaruhi preminya.

BACA JUGA  8 Tips membeli asuransi kesehatan terbaik

Apa saja faktor eksternal tersebut? Berikut ini daftar faktor yang mempengaruhi premi asuransi kesehatan:

Usia Masuk

Semakin muda usia kita masuk ke asuransi kesehatan tentunya semakin kecil premi yang akan kita bayarkan ke perusahaan asuransi. Semakin tua bergabung dan memiliki polis asuransi tentunya harga preminya semakin mahal. Hal ini disebabkan semakin tua usia semakin besar resiko kesehatan yang dimiliki. 

Setiap tahunnya premi asuransi mengalami penyesuaian dengan pertambahan usia. Jadi jangan kaget ya bila premi kamu naik setiap tahunnya.

Berat Badan

Berat badan menjadi salah satu pertimbangan pihak underwritting menaikkan biaya premi. Hal ini disebabkan orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki resiko lebih rentan terkena penyakit kritis seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan lain-lain. 

Jenis Kelamin

Premi asuransi bagi pria dan wanita memiliki nominal yang berbeda walaupun usianya sama. Kamu bisa membandingkannya dengan bertanya kepada agen asuransi.

Riwayat Penyakit

Riwayat penyakit sebelumnya yang dapat mempengaruhi dari nominal premi yang akan dibayarkan oleh nasabah.Bila nasabah sudah memiliki penyakit sebelumnya maka nasabah harus melaporkannya kepada perusahaan asuransi dan dijadikan bahan pertimbangan dalam perhitungan premi. 

Jumlah Anggota Keluarga Yang Membeli Asuransi

Di beberapa perusahaan asuransi, bila membeli asuransi kesehatan lebih dari satu dalam satu keluarga ditawarkan harga spesial dengan pemberian diskon khusus. Jangan lupa tanyakan promo ini kepada agen asuransi ketika membeli asuransi kesehatan.

Jenis Asuransi Yang Dipilih

Jika memilih asuransi unitlink tentunya ada beberapa komponen yang diperhitungkan. Misalnya uang pertanggungan jika pemegang polis meninggal dunia. Semakin besar uang pertanggungan, maka semakin besar jumlah premi. Uang pertanggungan ini harus dihitung dengan baik agar keluarga yang ditinggalkan tetap dapat menjalani kehidupan bila terjadi resiko tutup usia.

BACA JUGA  Inilah 7 Manfaat Perlindungan Asuransi Jiwa!

Rider dari asuransi unitlink juga sangat menentukan jumlah premi yang nantinya akan dibayarkan oleh pemegang polis. Semakin banyak rider yang dipilih, semakin besar juga tambahan premi yang harus dibayarkan. Di sini lah sebagai nasabah kita harus mempelajari rider apa saja yang memang dibutuhkan. Jenis rider pun ada banyak, misalnya tambahan asuransi untuk kecelakaan, penyakit kritis, kesehatan, dan lain-lain.

Asuransi kesehatan pun terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan manfaat yang ditawarkan. Tiap perusahaan asuransi memberikan penawaran yang berbeda-beda. Namun pada umumnya, semakin besar plafon yang ditawarkan semakin besar premi yang harus dibayarkan nasabah. Semua kembali lagi ke kebutuhan dan kemampuan finansial dari nasabah.

Memiliki Pekerjaan Beresiko Tinggi

Jika kamu bekerja di pekerjaan yang memiliki resiko tinggi, kamu bisa membayar premi asuransi kesehatan lebih besar. Hal ini disebabkan karena resiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi juga lebih tinggi. Pekerjaan yang memiliki resiko kecelakaan dan kematian lebih tinggi antara lain petugas tambang minyak dan gas bumi, pilot, pekerja konstruksi, dan pekerjaan lapangan lainnya. 

Memiliki Hobi Beresiko Tinggi

Jika kamu memiliki hobi ekstrim yang memiliki tingkat resiko kecelakaan yang tinggi maka premi asuransi kesehatan dan jiwa bisa lebih besar daripada orang yang tidak memiliki hobi ekstrim. Premi yang dibayarkan berbanding lurus dengan resiko yang harus ditanggung oleh pihak asuransi. Semakin beresiko, semakin besar pula premi yang dibayarkan. Hobi olahraga ekstrim misalnya panjat tebing, sky diving, terjun payung, scuba diving, balap motor, dan lain-lain. 

Perokok Aktif

Jika kamu perokok aktif, hal ini bisa dijadikan pertimbangan untuk dikenakan biaya premi yang lebih mahal daripada orang yang tidak merokok. Hal ini disebabkan perokok aktif memiliki resiko terkena penyakit kritis akibat merokok dalam jangka waktu yang lama. 

BACA JUGA  New 2022: Cara Daftar BPJS Online!

Perusahaan asuransi pada dasarnya menetapkan biaya premi berdasarkan resiko yang ditanggung. Semakin besar resiko yang ditanggung oleh pihak asuransi, premi yang dibayarkan oleh nasabah tentunya akan semakin mahal. Untuk mengurangi biaya premi yang mahal sebaiknya memiliki asuransi di usia yang muda dan dalam keadaan sehat. Jaga berat badan di berat badan ideal. Miliki gaya hidup yang sehat dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi. 

Jangan lupa untuk bertanya kepada agen asuransi mengenai promo yang sedang ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi. Biasanya di waktu-waktu tertentu ada penawaran menarik berupa potongan premi bagi calon nasabah. 

Jangan menunggu hingga sakit dahulu baru memiliki asuransi kesehatan. Belilah asuransi kesehatan pada saat kondisi kita sehat, karena bila kita sakit tentunya akan sulit diterima oleh perusahaan asuransi atau bisa diterima dengan persyaratan tertentu dan premi yang lebih mahal. Lebih baik membayar 500 ribu setiap bulannya daripada harus tiba-tiba mengeluarkan uang 100 juta dari tabungan karena terkena sakit kritis. 

Leave a Reply