Dunia lierasi : dialektika peradaban manusia masa lalu menuju modern

Daftar Isi

Apa literasi?

peradaban manusia -

Dunialiterasi.com – Literasi merupakan hal substansial terkait dengan kemampuan seseorang dalam mendapatkan informasi. Mencakup apa sajakah kemampuan tersebut? Dalam literasi, informasi merupakan hal penting sebagai “objek” yang “ditransaksikan” dalam literasi. Dalam literasi seseorang harus mampu mengolah, memahami dan menginterpretasi informasi yang didapatkan.

Meskipun literasi pada awalnya dipahami dan dikaitkan dengan kegiatan membaca dan menulis saja. Seiring perkembangan zaman, literasi dimaknai lebih luas dan komprehensif termasuk dalam praktik politik, sosial, ekonomi dan politik. salah satu cara menanamkan dan memperkuat literasi adalah melalui pendidikan

fleksibilitas makna literasi

Fleksibilitas makna literasi menunjukkan bahwa domain literasi dibutuhkan dan betapa pentingnya dalam kehidupan ini. Literasi dikaitkan dengan banyak hal, terutama terkait dengan kepentingan analisis, dan memudahkan memahaminya berdasarkan konteks kehidupan.

Literasi digital misalnya, hal ini menunjukkan proses mendapatkan, mengolah dan memahami informasi yang bersumber dari platform digital. literasi politik misalnya, dipahami sebagai informasi yang didapatkan, diolah, dipahami dan diinterpretasi terkait dengan informasi tentang politik.

literasi dan peradaban

Literasi Membangun Peradaban Gemilang - Pasundan Ekspres
https://www.pasundanekspres.co/

Literasi sebagai bagian dari cara manusia untuk membangun peradaban. Dinamika masyarakat lintas daerah, negara, bahkan benua dapat terkoneksi berkat adanya proses literasi. Diseminasi teknologi, ilmu pengetahuan dan lainnya dapat terserap informasinya oleh masyarakat secara luas juga melalui proses literasi.

Upaya pembangunan peradaban manusia. Sejarah peradaban manusia dapat ditemui dalam berbagai definisi dan pengertian. Dikutip dari wikipedia Peradaban seringkali dikaitkan  dengan perkembangan manusia. Istilah ini juga merujuk pada suatu masyarakat yang “kompleks”: dicirikan oleh praktik dalam pertanian, hasil karya dan pemukiman. Dibandingkan dengan budaya lain, anggota-anggota sebuah peradaban tersusun atas beragam pembagian kerja yang rumit dalam struktur hierarki sosial.

BACA JUGA  Ingin Beasiswa Ke Luar Negeri? Ini yang perlu dipersiapkan!

Terlepas dari itu, peradaban berkembang menuju kompeksitas dan modernitas melalui literasi. peradaban masyarakat Kuno dapat ditemukan di era modern ini melalui literasi. mereka juga meninggalkan jejak jejak literasi yang memberikan petunjuk bagi ilmuwan untuk mengidentifikasi masa lampau.

kesimpulan

Era peradaban modern saat ini, Literasi berkembang pesat memanfaatkan kecanggihan teknologi. Literasi digital misalnya, dalam hitungan detik masyarakat lintas benua dapat mengakses informasi dengan bantuan kecanggihan teknologi literasi.

dengan kecanggihan media literasi kiranya tidak berlebihan ketika Piliang memakai diksi dunia yang dilipat sebagai nama karyanya. Saat ini dengan literasi waktu pun dapat “dilipat”. Jadi kesimpulannya, dengan literasi peraban manusia berkembang. Dengan literasi juga kita dapat mengidentifikasi dan mengenali berbagai peradaban masa lalu.

Leave a Reply