Tourism, Planning, and Community Development

[featured_image]
Download
Download is available until [expire_date]
  • Version
  • Download 4
  • File Size 2.57 MB
  • File Count 1
  • Create Date November 2, 2021
  • Last Updated July 5, 2022

Tourism, Planning, and Community Development

Tourism, Planning, and Community Development adalah paradigma dalam pengembangan pariwisata, bagaimana idealitas dalam pengembangan pariwisata. uraian dalam artikel diawali dari penjelasan substantif tentang apa hakekat pariwisata. untuk mengembangkan pariwisata dibutuhkan perencanaan dan tentunya aktor pelaksana. dalam konsep CBT (community based tourism) dan pendekatan TCA (The Community Approach) salah aktor penting adalah masyarakat

untuk mensukseskan, maka dibutuhkan langkah community development yang relevan dan kontekstual dalam kerangka Asset Based Communty Development (ABCD).

Tourism, Planning, and Community Development

Persimpangan antara pengembangan masyarakat, pariwisata dan perencanaan adalah hal yang menarik yang telah menyita perhatian para pembuat kebijakan baik di negara maju maupun negara berkembang. Pendekatan untuk pengembangan dan perencanaan pariwisata berbasis masyarakat pada umumnya berfokus pada dimensi ekonomi dengan keputusan tentang investasi pariwisata, kebijakan dan tempat yang didorong oleh pertimbangan ekonomi ini. Baru-baru ini, diskusinya telah bergeser untuk memasukkan aspek lain – sosial dan lingkungan – menjadi lebih baik mewakili konsep pembangunan berkelanjutan. Mungkin yang paling penting adalah yang lebih kaya fokus pada keterlibatan pemangku kepentingan.

Pendekatan inklusif dan partisipatif adalah unsur penting dari pembangunan berbasis komunitas dan ini membawa kedua bidang  tersebut lebih dekat secara bersamaan. Hal Ini mencerminkan sebuah pendekatan yang bertujuan untuk membangun kekuatan di masyarakat, dan mendorong kapasitas dan modal sosial. Dalam buku ini, dimensi peran pariwisata dalam pengembangan masyarakat dieksplorasi. Berbagai perspektif disajikan, menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti, dapatkah pariwisata pulih ? Bagaimana pengembangan pariwisata dapat berfungsi sebagai katalisator untuk mengatasi masalah sosial? ketidakadilan dan perbedaan budaya?

Buku ini awalnya diterbitkan sebagai edisi khusus Community Development.

 

Leave a Reply